-->

Faktor Penting Klaim Asuransi Kesehatan Sinarmas Agar Cepat Disetujui Cair

Faktor Penting Klaim Asuansi Kesehatan Sinarmas agar cepat disetujui cair

Klaim Asuransi Kesehatan Sinarmas -- Pada post sebelumnya, saya sudah membahas secara rinci mengenai dasar dari Asuransi Kesehatan Sinarmas, mulai dari premi, cara klaimnya, informasi dasar sampai pengecualian kondisi. Review kedua ini melanjutkan artikel review sebelumnya dengan mengangkat pembahasan mengenai proses mengajukan klaim di Sinarmas agar jaminan biaya kesehatan bisa diganti atau disetujui cair dengan proses yang cepat.

Klaim Asuransi menjadi momok menakutkan bagi semua pemegang polis asuransi. Bagaimana tidak, karena proses ini yang menentukan anda masih harus mengeluarkan uang atau tidak. Sebenarnya permasalahan yang cukup pelik ini dikarenakan ketidaktahuan pemegang polis mengenai manfaat asuransi kesehatannya dan daftar pengecualian kondisi yang tidak dapat ditanggung oleh penyedia jaminan kesehatan.

Lalu bagaimana dengan Sinarmas, apakah ada pengecualian kondisi?

Tentu ada, terdapat rentetan kondisi penyakit, dan keadaan yang tidak ditanggung oleh Sinarmas, dengan kata lain tidak bisa mengajukan klaim penggantian biaya berobat. Caraable.com beri contoh, misalnya pengecualian pemegang polis b*nuh dir(i), maka keluarga tidak akan mendapat santunan. Lihat daftar lengkap pengecualian Sinarmas disini Asuransi Kesehatan Sinarmas.

Untuk lebih jelasnya mengenai tips agar klaim asuransi dapat cepat disetujui, saya bagi menjadi beberapa sub agar mudah dipahami. Berikut ini poin penting pembahasannya:


Pastikan Kondisi/ Penyakit Masuk Dalam Tabel Manfaat


Hal ini sangat krusial, karena jika anda membeli sebuah polis karena ikut-ikutan orang lain karena mendengarkan ulasan baiknya, maka ada kemungkinan barang yang anda beli tidak sesuai dengan kebutuhan anda. Misalnya saya memiliki Asuransi Kesehatan Manulife atau Asuransi Kesehatan Prudential untuk rawat inap, tapi saya datang ke Rumah Sakit hanya untuk check up maka Prudential tidak akan menanggung biaya check up medis saya tersebut, kecuali kalian memiliki Asuransi Kesehatan tambahan untuk melengkapi asuransi utama.

Sehingga sebelum membeli, rencanakan dengan matang, lihat dari segala sisi,  keuangan, kebutuhan dan aspek-aspek lainnya juga perlu diperhatikan. Jika kalian mengabaikan tabel manfaat asuransi yang anda beli maka akan sangat merugikan anda kedepannya. Jika kalian bingung apa saja manfaat dan sekaligus ingin membandingkannya, silahkan lihat disini:

  1. Asuransi kesehatan Prudential
  2. Asuransi kesehatan Allianz
  3. Asuransi kesehatan Sinarmas
  4. Asuransi Kesehatan Manulife

***Lihat pada sub bagian jenis/ daftar produk asuransi. Sudah saya jelaskan secara detail versi pemahaman saya.

Poin pertama ini saya tujukan bagi anda yang belum tahu penyakit apa yang dapat ditanggung oleh asuransi yang anda beli. Tapi jika anda sudah tahu, maka bisa lanjut ke poin kedua.

Back to Content


Pembayaran Premi Tepat Waktu


Premi kesehatan pada umumnya ada yang mewajibkan membayar perbulan, pertriwulan, per-semester atau bahkan  pertahun, tergantung kebijakan penyedia asuransi kalian. Sinarmas adalah salah satu asuransi yang pembayaran premi nya dibayar pertahun. Tentu akan lebih mudah dan meringankan, karena anda bisa menabung dahulu atau menggunakan uang nya untuk keperluan yang darurat. Tapi itu semua kembali kepada kalian, tentunya kemampuan finansial setiap orang berbeda-beda.

Dari berbagai macam hal tersebut, yang lebih penting lagi adalah membayar preminya. Jika anda telat atau sudah tidak membayar, maka sahabat tidak akan bisa menikmati manfaat yang seharusnya diperoleh jika sakit nantinya.
Baca Juga: Asuransi Kesehatan Prudential : Produk & Tabel Premi Asuransi Kesehatan Prudential
Pembayaran premi tepat waktu akan menolong anda jika ada kondisi yang tiba-tiba terjadi. Tapi jika anda telat dan tepat pada saat itu, pemegang polis jatuh sakit, maka akan ada kendala nantinya, terlebih jika anda mau menggunakan sistem klaim asuransi cashless. Membayar tepat waktu juga membuat anda tergolong polis yang aktif di mata perusahaan asuransi. Polis aktif bisa menjadi salah satu cara agar klaim asuransi kesehatan kalian bisa diproses dengan cepat.

Note:
Jika anda masih belum paham dasar mengenai Asuransi dibidang kesehatan, baik dari pengertian premi, klaim cashless, klaim reimbursement dan berbagai macam lainnya, silahkan lihat disini : Asuransi Kesehatan

Back to Content


Masa Aktif Polis Asuransi Kesehatan


Sedikit orang yang tahu mengenai hal ini, bahkan sangat jarang orang yang mau membeli polis asuransi menanyakan soal "masa aktif" jaminan kesehatannya. Kebanyakan Masyarakat Indonesia akan menyerahkan semuanya kepada agen asuransi untuk mengatur, bahkan disuruh memilihkan polis asuransi yang sesuai. Bukan hal yang salah, jika agen tersebut masih keluarga/ orang yang tidak mungkin mau menjerumuskan atau menipu kalian. Hal tersebutlah yang harus dibenahi, mulai mencari info sendiri, bandingkan sendiri dan pilih sendiri, agar tidak tertipu agen asuransi yang main curang.
Baca Juga: Perbandingan Tabel Manfaat 4 Produk Asuransi Kesehatan Allianz
Masa aktif asuransi dikenal sebagai masa berlaku nya jaminan kesehatan dimulai. Masa aktif berbeda dengan tanggal saat kita mendaftar. Biasanya masa aktif asuransi kesehatan bisa 30 hari atau lebih setelah kita mendaftar. Artinya sebelum 30 hari, jika anda mengajukan klaim, kemungkinan besar akan ditolak klaimnya.

Sehingga kalian harus perhatikan betul Kapan masa aktif asuransi kesehatan kalian. Lalu bagaimana dengan Asuransi Kesehatan Sinarmas:

Tentu ada juga masa aktif, baik di Prudential, Allianz dan Sinarmas semua memiliki kebijakan yang serupa. Untuk Sinarmas, batas masa aktif telampau ketat, sudah saya jelaskan disini, Pengecualian Asuransi Kesehatan Sinarmas. Jika masih bingung, silahkan tanya dikomentar, akan saya jawab sepengetahuan saya.

Back to Content


Pahami Prosedur Klaim Asuransi


Sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa ada 2 metode untuk klaim, Cashless dan Reimbursement. Jika tidak paham istilah tersebut, silahkan lihat disini Asuransi Kesehatan Adalah. Lalu anda juga harus pahami betul, bagaimana prosedur klaimnya, karena prosedur klaim cashless Sinarmas dengan Prosedur klaim reimbursement Sinarmas berbeda.

Pada umumnya klaim asuransi cashless bisa dilakukan hanya di rumah sakit provider atau rumah sakit yang sudah menjadi mitra dengan penyedia asuransi tempat kalian membeli polis jaminan kesehatan. Sedangkan klaim dengan reimbursement bisa digunakan saat kalian mendapatkan tindakan medis dari rumah sakit yang belum bermitra dengan perusahaan asuransi.

Lalu hal yang terpenting dan banyak orang melupakannya adalah memberitahu atau mengkorfimasi ke agen asuransi anda kalau pemegang polis masuk rumah sakit. Hal ini penting dilakukan, karena nantinya dia akan membantu anda dalam proses atau prosedur selanjutnya. Tapi hal yang perlu diingat, jangan terlalu mempercayakan semuanya, tetep anda masih mempunyai tanggungjawab untuk memonitor proses klaim anda. Dengan cara ini dan kondisi anda masuk dalam tabel manfaat maka anda langsung bisa klaim asuransi disetujui pada saat itu juga.
Baca Juga: 10 Fasilitas Utama Asuransi Kesehatan Prudential Menjadi Pilihan Terbaik

Back to Content


Kenali Daftar Pengecualian Polis Asuransi Kesehatan 


Seperti yang saya bilang diatas, pengecualian adalah kondisi dimana anda tidak dapat uang penggantian biaya atau fasilitas manfaat lainnya. Misalnya anda jatuh sakit, tapi dilakukan dengan sengaja maka itu tidak dapat ditanggung oleh Sinarmas. Atau anda jatuh sakit padahal baru 1 hari kemarin mendaftar asuransi, ini juga tidak akan ditanggung (Berhubungan dengan Masa Aktif Asuransi diatas).  Sehingga selain anda memperhatikan tabel manfaat, sahabat juga harus memperhatikan pengecualiannya juga.

Dari daftar pengecualian Sinarmas, sudah saya jelaskan di bagian pertama Pengecualian Manfaat Asuransi Kesehatan. Lalu akan saya tambah sedikit, agar kalian punya gambaran yang jelas mengenai skema atau pemhamana luas mengenai Asuransi Kesehatan Indonesia.

Misalnya, seorang pemegang polis memiliki penyakit jantung, maka asuransi baru bisa diklaim setelah setengah tahun atau enam bulan setelah mendaftar. Lalu penyakit yang ada sebelum mendaftar, maka itu juga tidak bisa ditanggung jaminan kesehatan Sinarmas. Karena penyakit yang ditanggung adalah penyakit yang muncul setelah kalian mendaftar bukan sebelumnya.
Baca Juga: Keuntungan dan Kerugian Asuransi Kesehatan

Back to Content


Penutup


Bagaimana, sudah taukan ribetnya klaim asuransi. Pendapat caraable.com mengenai hal ini juga masih antara setuju dan tidak. Setuju karena manfaatnya yang bisa menjamin kesehatan sewaktu-waktu. Tidak setuju karena penyedia asuransi tertentu seperti mencari celah untuk terhindar dari tanggungjawab. Tentu itu bisa dicegah, jika kalian paham kebijakan, dan ketentuan dari polis asuransi kesehatan kalian.

Kita juga tidak boleh lupa, bahwa penyedia asuransi adalah perusahaan bukan badan sosial. Jadi sudah wajar, mereka mencari profit atau keuntungan dari berbagai kesempatan. Disini saya tidak akan menjudge penyedia asuransi manapun, karena yang berhak adalah kalian yang nantinya membeli. Disini saya hanya membagikan pendapat agar kalian lebih cermat dan berhati hati membeli polis asuransi apapun.

Jika kalian mencari referensi asuransi kesehatan lain, berikut beberapa artikel yang saya pernah bagikan sebelumnya:


Salam,
Caraable.

Back to Content


Note:
Jika sahabat memiliki pertanyaan seputar Faktor Penting dalam Proses Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan Sinarmas Agar Cepat Cair silahkan tinggalkan di komentar. Sekian dari saya mengenai proses cepat klaim asuransi kesehatan Sinarmas.
Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Faktor Penting Klaim Asuransi Kesehatan Sinarmas Agar Cepat Disetujui Cair"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel