-->

Asuransi Kesehatan Manulife : Hal Penting Terlengkap Jarang Diketahui Nasabah

Asuransi kesehatan Manulife dari prduk terbaiknya, cara klaim dan info yang jarang diketahui

Asuransi Kesehatan Manulife -- Seperti yang saya janjikan sebelumnya, saya akan memberikan tambahan rekomendasi asuransi pilihan terbaik di Indonesia versi Caraable.com. Manulife menjadi rekomendasi penyedia asuransi kesehatan yang keempat, setelah Allianz, Prudential, dan Sinarmas.
Jadi kalian bisa melihat satu persatu dan melakukan perbandingan diantara lainnya, baik dari segi premi, kemudahan klaim, fasilitas asuransi sampai ulasan nasabah lama di perusahaan asuransi tersebut.

Pengetahuan dasar tersebut wajib diketahui oleh para calon nasabah yang ingin membeli polis asuransi dari salah satu perusahaan asuransi diatas. Hal yang lebih penting lagi adalah tahap membandingkan, agar anda tidak salah membeli asuransi dan juga agar tidak menyesal / kecewa nantinya. Jika kalian masih belum paham dasar istilah dalam dunia asuransi, maka silahkan baca dasar asuransi terlebih dahulu di sini : Asuransi kesehatan.

Sebelum masuk pembahasan lengkapnya terkait Asuransi Kesehatan Manulife, silahkan lihat beberapa poin penting ini:


Tentang Manulife Indonesia


PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebutan Manulife Indonesia termasuk dalam perusahan asuransi swasta, yang operasional ada di beberapa negara, seperti Kanada, Amerika dan Asia salah satunya di Indonesia. Sebenarnya Manulife Indonesia tidak hanya berfokus dalam bidang asuransi kesehatan saja tetapi juga ada asuransi jiwa, investasi dan juga pengelolaan dana pensiunan. Sedangkan lingkup asuransi bisa diakses untuk perorangan atau juga asuransi untuk perusahaan.

Dengan total 2.000.000 (2 juta) Masyarakat Indonesia yang menjadi nasabah di Manulife membuat penyedia asuransi ini layak dipertimbangkan. Logikanya, semakin banyak nasabah berbanding lurus dengan tingginya kepuasan pemegang polisnya. Bahkan terhitung terdapat 5x penghargaan untuk Manulife sebagai perusahan yang memiliki Asuransi Jiwa terbaik.

Mengapa saya mengulas tentang perusahaan dan penghargaan atau pencapaiannya?

Membeli polis asuransi di salah satu institusi tidak hanya memperhatikan premi, kemudahan klaim atau manfaatnya saja. Kredibiltas perusahaan juga sangat penting, karena semakin tinggi kredibiltas suatu perusahaan asuransi, maka semakin kecil pula kemungkinan anda tertipu atau kecewa. Terlebih jika memiliki penghargaan dari suatu majalah atau media terkemuka, maka akan menjadi poin plus sendiri terhadap perusahaan asuransi dibanding lainnya.
Baca Juga: Asuransi Kesehatan Prudential : Produk & Tabel Premi Asuransi Kesehatan Prudential

Back to Content


Beragam Produk Asuransi Kesehatan Manulife Pilihan Terbaik


Setiap penyedia akan berusaha meningkatkan kredibilitas di mata masyarakat melalui produk asuransi terbaik yang dijual dan pelayanan ke nasabahnya. Berlaku juga untuk Manulife  yang memiliki produk asuransi kesehatan yang bagus untuk dijadikan jaminan kesehatan masyarakat Indonesia, baik untuk perorangan/ individu dan keluarga.

Berikut Caraable.com paparkan variasi produk asuransi kesehatannya:

MiUltimate HealthCare (MiUHC)


MiUltimate HealthCare / MiUHC menjadi rekomendasi pertama yang saya rekomendasikan kepada anda para calon nasabah. MiUHC adalah asuransi yang masuk dalam asuransi kesehatan murni dari Manulife Indonesia dengan berbagai deretan manfaat jaminan kesehatan mulai dari penggantian biaya untuk tindakan medis rawat inap, rawat jalan, persalinan dan juga perawatan gigi. Masa perlindungan Mi Ultimate Health Care ini cukup terbilang lama, yakni sampai usia 80 tahun.

Berikut daftar benefit/ manfaat/ keuntungan yang didapat nasabah pemegang polis MiUltimate HealthCare (MiUHC)

  1. Ada penambahan manfaat dalam penanggungan biaya rawat inap hingga nilai 3x lipat lebih besar dibanding jaminan awal, kalau rawat inapnya dilakukan di luar wilayah Indonesia, semua negara kecuali United State of America.
  2. Adanya santunan dana untuk pemegang polis yang menderita penyakit HIV AIDS
  3. Jaminan penggantian biaya rumah sakit sesuai dengan nominal tagihan rumah sakit, tentunya dengan limit tahunan sesuai polis asuransi kesehatan Manulife yang dibeli.
  4. Masa perlindungan hingga mencapai angka 80 tahun. Sebelum masuk usia tersebut, anda masih bisa memperpanjang kontrak asuransi MiUltimate HealthCare / MiUHC
  5. Manulife juga memberikan manfaat tambahan bagi kalian yang akan mendapatkan tindakan medis berupa pembedahan rekontruksi karena kecelakaan
  6. Ada juga penambahan limit kalau pemegang polis menderita penyakit yang berbahaya seperti jatung, ginjal, kanker dan beberapa penyakit kritis lainnya
  7. Adanya fasilitas tambahan berupa  memonitoring kondisi fisik, lebih serupa program kesehatan agar nasabah Manulife Indonesia dapat menjaga kesehatan, program ini disebut MiHealth.
Baca Juga: 10 Fasilitas Utama Asuransi Kesehatan Prudential Menjadi Pilihan Terbaik

ProHealth (PH)


Rekomendasi produk terbaik kedua di Asuransi Manulife adalah ProHealth (PH) yang diperuntukan sebagai jaminan  kesehatan untuk individu. Bahkan masa perlindungan Pro Health Manulife ini lebih besar dibanding MiUHC, yakni sampai usia 99 tahun. Tentunya produk ini sangat cocok untuk lansia atau orang tua yang ingin memiliki asuransi kesehatan. Sejauh saya ketahui, ProHealth menjadi asuransi dengan masa perlindungan terlama, biasanya saya menjumpai paling besar di angka 85-90 tahun.

Pelindungan komprehensif yang diberikan oleh Pro Health (PH) ini memiliki berbagai jaminan kesehatan dalam mengganti biaya tindakan medis, seperti lab, biaya konsultasi dokter dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya, berikut berbagai keuntungan dari ProHealth Manulife bagi nasabahnya:

  1. Semua tindakan medis di rumah sakit yang berkerjasama dengan Manulife dan yang terlampir dalam kontrak perjanjian jaminan kesehatan Manulife, seperti biaya rawat inap, perawatan intensif, konsultasi ke dokter, obat dan juga biaya ambulans akan diganti oleh penyedia asuransi, dalam hal ini PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia.
  2. Jika pemegang polis meninggal, maka Manulife akan memberikan uang pertanggungan dengan rate sampai 100% uang yang disetorkan.
  3. Adanya manfaat akhir saat masa pelindungan nasabah sudah berada di usia 85 tahun. Dalam hal ini adanya pemberian uang pertanggungan atau 5% dari jumlah akumulasi.
Baca Juga: Perbandingan Tabel Manfaat 4 Produk Asuransi Kesehatan Allianz

Back to Content


Produk Asuransi Kesehatan Tambahan Manulife


Jika produk asuransi kesehatan Manulife diatas tidak ada yang mencover kebutuhan sahabat, maka kalian jangan khawatir. Kalian bisa memanfaatkan produk asuransi tambahan Manulife yang sekiranya bisa memenuhi kebutuhan, kondisi, rencana atau penyakit yang kalian miliki. Asuransi tambahan adalah asuransi yang bisa melengkapi manfaat dari asuransi dasar.

Bingung? Coba lihat contoh dibawah ini,

Misalnya asuransi dasar kalian tidak memiliki manfaat untuk perawatan Gigi, maka kalian bisa mendaftar atau menambah manfaat tersebut dengan asuransi tambahan ke asuransi dasar kalian. Tapi perlu diingat, ada beberapa penyedia asuransi yang hanya memperbolehkan kalian memiliki asuransi tambahan kalau memiliki asuransi dasar atau induk. Nasabah tidak boleh hanya memiliki produk asuransi tambahan saja.

Selama ini, penulis tidak pernah menemukan adanya perusahaan asuransi yang memiliki kebijakan nasabahnya boleh memiliki asuransi tambahan saja. Tapi kebijakan terus berganti, siapa tahu nanti akan ada kebijakan yang memperbolehkan hal tersebut.
Baca Bagian Kedua : Faktor Penting Klaim Asuransi Kesehatan Sinarmas Agar Cepat Disetujui Cair
Lalu bagaimana dengan Asuransi Manulife?

Seperti sub judul diatas, Manulife juga memiliki beberapa asuransi kesehatan tambahan untuk melengkapi asuransi dasarnya. Terdapat 4 pilihan produk, diantaranya:

HealthSafe (HS)
Penambahan manfaat penggantian biaya rumah sakit yang disebabkan karena penyakit atau kecelakaan. Hal yang menarik disini, Health Safe / HS juga mendukung klaim secara cashless dan layanan kustomer yang bisa membantu jika terdapat masalah.

Note: Tidak tahu arti klaim cashless dan reimbursement, pelajari disini: Dasar Asuransi Kesehatan

Hospital Benefit Plus
Hospital Benefit Plus adalah salah satu asuransi tambahan terbaik  untuk kalian, karena memiliki manfaat perlindungan berupa penggantian biaya, terlihat sama saja, tapi sebenarnya yang membuat menarik asuransi tambahan ini memiliki pembayaran premi yang murah atau terjangkau. Masa perlindungan Hospital Benefit Plus sampai usia 65 tahun dan manfaat pemberian ganti rugi di beberapa tindakan medis yang cukup serius, seperti pembedahan.

Manulife Crisis Cover
Manulife Crisis Cover ini cocok bagi anda yang memiliki penyakit yang cukup serius atau kritis. Manulife Crisis Cover ini memberikan perlindungan bagi kalian hingga di usia 70 tahun. Bahkan ada pemberian santunan jika pemegang polis terindikasi memiliki penyakit yang masuk dalam daftar penyakit kritis Manulife.
Baca Bagian Kedua : Rencana Pemasaran : 5 Hal Penting Dalam Strategi Pemasaran Produk + Contoh
Manulife Crisis Cover Protection
Hampir sama dengan yang ketiga, asuransi tambahan ini akan memberikan santunan jika nasabahnya terdiagnosa memiliki penyakit yang berbahaya. Hal yang membedakannya adalah masa perlindungan. Jika Manulife Crisis Cover sampai di usia 70 tahun, kalau Manulife Crisis Cover Protection hingga mencapai usia 75 tahun.

Back to Content


Prosedur / Proses Klaim Asuransi Kesehatan Manulife


Setiap asuransi memiliki proses klaim yang berbeda-beda, termasuk prosedur asuransi kesehatan Prudential, asuransi kesehatan Allianz dan asuransi kesehatan Sinarmas memiliki perbedaan meskipun tidak banyak. Hal yang dicari adalah membandingkan mana penyedia asuransi yang memiliki proses klaim asuransi yang mudah dan bisa di klaim sewaktu-waktu. Jika mendukung klaim cashless maka itu akan menjadi poin lebih untuk dipertimbangkan.

Lalu bagaimana dengan prosedur klaim asuransi kesehatan Manulife?

Manulife Indonesia memiliki prosedur klaim lumayan mudah, tetapi sepengetahuan penulis, penulis hanya menemukan klaim cashless hanya di Asuransi tambahan HealthSafe (HS). Selebihnya bisa di konfirmasi ke agen asuransi Manulife. Lalu bagaimana prosedur  proses klaim secara umumnya.

Pertama, Anda harus menghubungi layanan kustomer, biasanya dalam buku panduan atau lampiran terpisah ada detail kontak no telephone, email dan fax.

Kedua, Silahkan hubungi agen asuransi dimana anda membeli untuk memberitahu keadaan dan minta bantuan untuk mengurus poses klaimnya.

Ketiga, Jangan lupa mengisi formulir klaim asuransi kesehatan Manulife. Ada beberapa formulir klaim, berikut ini saya kasih link download resminya:

  1. Formulir Persetujuan Pembayaran Manfaat Pertanggungan Manulife
  2. Formulir Klaim Manulife Meninggal Dunia - Jenis Asuransi Individu
  3. Formulir Klaim Manfaat Pertanggungan Manulife - Jenis Asuransi Individu
  4. Formulir Klaim Manulife Ketidakmampuan Total - Jenis Asuransi Individu
  5. Formulir Penerima Manfaat Pembayaran Klaim Manulife - Jenis Asuransi Individu
  6. Formulir Klaim Manulife Rawat Jalan atau Manfaat Untuk Melahirkan - Jenis Asuransi Individu

Keempat, Minta Surat keterangan dokter yang bertanggung jawab terhadap segala tindakan medis ke pemegang polis.

Kelima, Harap simpan segala kwitansi asli, Nota asli atau segala bukti pengeluaran biaya yang valid.

Keenam, Minta ke bagian administrasi untuk diberikan perincian biaya yang telah dilakukan, dari tindakan medis, obat dan lainnya. Usahakan anda punya fotokopian nya juga. Jangan lupa bilang ke petugas rumah sakit, perincian biaya untuk klaim asuransi agar cepat disetujui.

Back to Content


Cara Pembayaran Premi Manulife


Pembayaran premi Manulife terbilang cukup mudah dan simpel. Kalian bisa melakukan pembayaran premi secara tahunan, atau bisa melakukan sistem angsuran semesteran (6 bulan), kuartal ( 3 bulan ),  atau bulanan (1 bulan). Sedangkan cara pembayaran preminya ada berbagai metode yang sangat mudah, anda bisa menggunakan fasilitas perbankan untuk membayar premi asuransi kesehatan Manulife.
Baca Juga: Asuransi Kesehatan SinarMas : Wajib Diketahui Sebelum Mengecewakan Keluarga
Kalian bisa melakukan pembayaran melalui Bank BCA atau Permata Bank,  cara bayar yang paling mudah langsung datang ke teller, nanti akan diarahkan. Sedangkan untuk pembayaran melalui ATM, saya rasa hampir semua ATM bank Indonesia mendukung untuk pembayaran premi ini, tapi untu lebih pastinya, mending langsung ke teller bank yang saya sebutkan diatas.

Jika masih ragu, maka sahabat bisa menggunakan layanan kustomer milik Manulife. Informasi ini tentunya lebih akurat, sehingga kalian tidak perlu was-was dalam membayar premi asuransi anda.

Lihat juga perbandingan premi Asuransi Kesehatan Allianz

Back to Content


Perbandingan dengan Prudential, Allianz dan Sinarmas


Membandingkan asuransi adalah hal yang penting dan sangat jarang diketahui oleh para calon nasabah. Padahal dengan melakukan perbandingan anda bisa mengetahui lebih dalam keuntungan dan kerugian asuransi kesehatan yang akan anda beli. Sebenarnya cara ini sudah saya pernah saya sampaikan di Asuransi Kesehatan Sinarmas, tapi tidak apa saya akan jelaskan ulang.

Dalam melakukan perbandingan, ada beberapa faktor yang harus menjadi poin yang memerlukan perhatian lebih, seperti:


Semua itu harus diperhatikan, agar sahabat tidak merasa ditipu dan akhirnya kecewa karena membeli jaminan kesehatan abal-abal. Kalian bisa melihat Tips agar terhindar dari penipuan dalam asuransi kesehatan (Sub judul paling bawah). Baca dan combine dengan semua informasi yang saya saya sampaikan sebelumnya. Good luck.


Salam,
Caraable.

Back to Content


Note:
Jika sahabat caraable memiliki pertanyaan seputar Asuransi Manulife dengan fokus informasi yang jarang diketahui nasabah silahkan tinggalkan di komentar. Sekian dari saya mengenai Asuransi Kesehatan Manulife
Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Asuransi Kesehatan Manulife : Hal Penting Terlengkap Jarang Diketahui Nasabah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel