-->

[TERSULIT] Tes Buta Warna Online Sulit Lengkap u/ Tes TNI & Polisi

Kumpulan Tes Buta Warna Online Tersulit yang pernah ditemui, dibahas secara lengkap. Coba kemampuan mata anda apakah masih normal/ tidak dengan berbagai metode tes ishihara, parsial DLL


Caraable.com -- Tes buta warna sering menjadi bagian salah satu proses kesehatan untuk sebuah seleksi rekrutmen instansi, seperti tes buta warna TNI, Polisi, buat SIM bahkan juga untuk seleksi masuk perguruan tinggi, biasanya jurusan olahraga yang memakai ini. Tes buta warna akan sulit jika sahabat tidak bisa membedakan warna/ tidak bisa fokus. Tes buta warna tersulit yang pernah caraable rasakan saat mengikuti tes buta warna online untuk latihan pembuatan SIM, padahal Tes buta warna di ke polisi an ini tidak terlalu sulit, seperti yang dibayangkan.

Tes buta warna memiliki jenisnya sendiri, ada tes buta warna angka dan juga ada tes buta warna yang mengikuti garis warna. Untuk contohnya nanti saya jabarkan dibawah. Sebenarnya Tes Buta Warna ini untuk melengkapi Penjelasan Tes Pskotes dan Contoh Tes Psikotes dan Tes Kepribadian yang sudah pernah dibahas sebelumnya. Tujuannya sama untuk membantu sahabat dalam melewati proses rekrutmen untuk melamar kerja, termasuk tes buta warna untuk TNI dan Polisi ini.

Apakah tes buta warna ini sangat penting untuk proses seleksi seperti TNI, Stan, Polisi, dll?

Menurut pendapat caraable secara pribadi, tes ini sangat penting, mengingat posisi yang dilamar membutuhkan kondisi tubuh yang maksimal untuk menyempurnakan pekerjaan. Misalnya buta warna bagi anggota TNI yang di medan perang, akan bahaya jika pandangan tidak jelas, begitupun dengan Polisi. Tetapi meskipun begitu, bukan berarti orang yang mengalami buta warna tidak bisa bergabung dalam sebuah instansi keamanan seperti Polisi dan TNI, mungkin tetap bisa, tetapi dengan posisi pekerjaan yang berbeda.

Untuk pembahasan kali ini, caraable berikan poin penting dari pembahasan kali ini, gar lebih mudah memahami isi artikel ini.


Tes Buta Warna


Buta warna sendiri disebut sebagai masalah dalam penglihatan. Dimana penderitanya tidak bisa dengan jelas atau membedakan warna yang ada di suatu objek. Karena hal itu pula dalam tes buta warna menggunakan kombinasi warna yang hampir sama (seperti melebur) dan seperti membentuk sebuah angka, huruf dan alur. Maka dari itu, tes buta warna disebut sebagai tes buta warna angka dan huruf, karena pola yang terbentuk dari kombinasi warna tadi. Pada awalnya, banyak orang yang tidak sadar kalau menderita buta warna, karena efek yang di timbulkan tidak langsung terasa oleh badan.

Lalu bagaimana mendeteksi kita buta warna atau tidak?

Untuk menguji seseorang buta warna atau tidak, salah satunya dengan menguji orang tersebut untuk melihat warna saja. Karena orang yang mengalami gangguan ini akan kesulitan melihat dan membedakan warna hijau-merah, kuning-merah-hijau dan kuning-biru. Seseorang yang tidak bisa membedakan warna tersebut disebut sebagai buta warna parsial (buta terhadap warna tertentu). Setelah indikasi pertama tersebut, maka membutuhkan tes buta warna parsial untuk memastikannya.

Baca Juga: Psikotes Gambar : Contoh Soal Psikotes Gambar + Pembahasan [ Gambar Orang Pohon Wartegg Rumah ]


Back to Content


Tes Buta Warna Ishihara


Tes buta warna ishihara adalah salah satu cara/ metode untuk mengetahui seseorang buta warna atau tidak. Tes ini sangat sering digunakan dalam pemekrisaan. Tapi menurut beberapa artikel yang caraable baca, tes buta warna ishihara ini memiliki kekurangan, yakin hanya bisa mendiagnosa seseorang yang tidak bisa membedakan warna antara hijau dan merah.

Tes mata ishihara ini seperti apa?

Tes buta warna ishihara untuk mata ini sering kita jumpai, tapi mungkin kita tidak paham tes buta warna ini disebut sebagai apa. Bentuk tes ishihara  ini berbentuk lingkaran besar yang terdiri dari lingkaran kecil didalamnya, lingkaran kecil didalam akan membentuk sebuah angka, angka tersebut lah yang harus kita tebak. Sehingga banyak orang juga yang menyebut sebagai tes buta warna angka.

Selain tes metode ishihara, apa ada lagi metode buta warna?

Ada, tes ishihara adalah yang paling Umum digunakan di Indonesia, selain itu ada Tes Buta Warna Cambridge, yang menggunakan komputer. Dan juga ada Tes Penyusunan Gradasi Warna. Tentunya semua tes dengan berbagai macam metode tersebut juga menggunakan warna sebagai alat utama pengujinya, cuma metode atau caranya saja yang berbeda.

Back to Content


Tes Buta Warna Parsial


Buta warna dibagi menjadi 2 macam, buta warna total dan buta warna parsial (sebagian). Tentunya kedua hal tersebut sangat berbeda, jika buta warna total, sahabat tidak bisa melihat warna. Sedangkan jika buta warna parsial hanya tidak bisa mengenali beberapa warna saja (tidak semuanya). Cara mengetahui gangguan ini adalah dengan cara tes buta warna parsial, dengan metode diatas.

Baca Juga: Tes Kepribadian : Kumpulan Tes Kepribadian Diri Online Lengkap + Pembahasan

Metode yang saya maksud adalah ishihara, cambridge, penyusunan dan lain sebagainya. Jika dalam prosesnya tidak bisa melihat gambar berwarna sama sekali berarti ada buta warna total. Tapi kalau masih bisa melihat warna merah tapi tidak bisa melihat warna hijau, maka anda buta warna parsial atau sebagian.

Cara tesnya bagaimana?

Tes buta warna parsial dilakukan satu-persatu bagian mata, agar kita tahu mana mata yang mengalami gangguan atau tidak. Sahabat bisa membeli kartu ishihara yang banyak dijual do toko online.  Minta seseorang menjadi penguji anda, mulai dari mata kiri (tutup mata kanan) dan sebaliknya. Kalau masih belum yakin dengan tes buta warna parsial yang dilakukan sendiri, sahabat bisa datang ke dokter mata, agar lebih akurat lagi.

Tapi, jika sahabat tidak ingin ribet, sahabat bisa menggunakan beberapa Tes Buta Warna Online lengkap dibawah.

Back to Content


Contoh Tes Buta Warna Sulit


Pembahasan kali ini tidak akan lengkap jika tidak diberikan contoh tes buta warna dari setiap metode yang telah dijelaskan diatas. Setiap metode memiliki keunikan dan kehususun sendiri, seperti halnya tes buta warna ishihara yang hanya bisa membedakan seseorang buta warna merah dan hijau, lalu bagaimana dengan tes buta warna Cambridge DLL. Akan dijelaskan dalam bagian ini.

Jadi caraable akan menunjukkan beberapa contoh gambar tes buta warna dari setiap metode tes diatas.

Note: ini bukan tes, ini hanya contoh gambar tes nya saja, untuk Tes Buta Warna Lengkap nya dibawah, dari online, aplikasi bahkan tes langsung di blog ini.

Berikut contoh-contoh tes buta warna yang berhasil dikumpulkan:

Contoh Gambar 1
Contoh tes buta warna tersulit

Pembahasa: Jika menemukan gambar dalam tes buta warna seperti diatas, maka sahabat hanya perlu menebak angka didalamnya, angka dalam gambar tes buta warna diatas biasanya di warnai dengan warna yang berbeda, semakin warnanya melebur jadi satu dengan warna background akan semakin sulit. Jawbannya 6.

Contoh Gambar 2
Contoh tes buta warna tersulit

Pembahasan: Jika sahabat menemukan gambar seperti contoh gambar tes buta warna diatas maka sahabat hanya perlu mengidentifikasi gambar apa yang ada didalamnya, dalam contoh diatas terdapat gambar ikan.

Contoh Gambar 3
Contoh tes buta warna tersulit

Pembahasan: Jika menemukan gambar diatas dalam tes buta warna, maka seperti contoh gambar tes buta warna nomer 1, dimana sahabat hanya disuruh menebak angka didalamnya, tapi yang membedakannya dalam jenis gambar seperti ini, sahabat harus menebak 3 angka di satu gambar sekaligus.

Contoh Gambar 4

Pembahasan: Jika sahabat menemukan contoh tes buta warna seperti gambar nomer 4, maka sahabat hanya perlu memperhatikan garis "X" diluar lingkaran. Tugas sahabat hanya mengikuti dari tanda X disisi kanan ke sisi kiri, tentunya dengan jalur yang sudah ditetapkan. Dalam contoh gambar no 4, terdapat garis ungu sebagai track atau jlan dari satu sisi X ke sisi X lainnya.

Bagaimana sudah tahu kan setiap contoh dari berbagai metode diatas. Sengaja dipilihkan contoh tes buta warna yang sulit.  jadi sahabat bisa tahu bagaimana aturan dan  menjalani setiap tes dengan berbagai metode tes buta warna.

Back to Content


Tes Buta Warna Polisi


Tes buta warna polisi menjadi momok yang menakutkan bagi beberapa orang, karena tes ini menjadi salah satu syarat masuk menjadi polisi. Tes buta warna polisi ini masuk dalam Tes Pemeriksaan Kesehatan dalam Seleksi Penerimaan Anggota Porli (Polisi Republik Indonesia).

Tes pemeriksaan kesehatan polisi atau juga dikenal medical check up ini meliputi pengecekan narkoba, kehamilan, rontgen, tes urine, cek darah, tinggi badan, cek penyakit HIV dan tes buta warna. Setelah itu dilanjutkan dengan tes kejiwaan oleh ahli psikiater untuk melihat kondisi kejiwaan dari calon polisi. Itu semua sebagian syarat tes kesehatan masuk menjadi seorang polisi, sang abdi negara.

Baca Juga: 27 Materi Psikotes : Contoh Soal Psikotes + Pembahasan Agar Lulus Tes Lengkap

Dalam tes pemekrisaan kesehatan diatas, bisa dilihat bahwa tes buta warna polisi menjadi bagian yang tidak ada solusinya, untuk tes lainnya bisa dihindari dengan jauh-jauh dari sumber masalah nya. Sedangkan tes buta warna seleksi masuk polisi seperti tidak ada jalan keluar, karena ada beberapa orang telahir dengan gangguan ini.

Apakah ada tips untuk persiapan tes kesehatan atau medical check up polisi ini?

Seminggu atau lebih sebelum menjalani tes kesehatan polisi, ada baiknya sahabat mulai hidup sehat, mengkonsumsi banyak buah, minum banyak air mineral, jogging, berjemur di matahari pagi (sekitar jam 6.00-6.30 pagi), dan yang paling penting adalah tidur yang cukup. Jangan sering mengganti tidur malam ke tidur pagi.

Sedangkan untuk tes kesehatan pemeriksaan mata, terutama pada tes buta warna polisi ini, cara yang pling umum dilakukan adalah jangan terlalu menatap layar HP/PC, selain itu bisa mengkonsumsi sayur yang banyak mengandung vitamin A, layaknya wortel.

Back to Content


Tes Buta Warna TNI


Seorang calon Tentara Nasional Indonesia/ TNI selalu dituntut untuk memiliki tubuh yang prima dan kesehatan yang terjaga. Tidak heran lagi, kalau dalam proses seleksi anggota baru TNI AD, AL, atau AU selalu melibatkan Tes Kesehatan atau Medical Check Up sebagai salah satu syarat menjadi anggota TNI. Pemekrisaan kesehatan mulai dari ujung rambut sampai kaki harus diperiksa secara rinci, termasuk tes buta warna TNI untuk melihat kondisi kesehatan mata calon TNI.

Seperti halnya tes kesehatan Polisi, tes kesehatan TNI juga ada 2 tahap, yakni tes kesehatan fisik dan tes kesehatan kejiwaan oleh psikiater. Tes kesehatan fisik mencangkup postur tubuh, pemekrisaan penyakit, gigi, pemekrisaan organ vital dan pemekrisaan kesehatan mata melalui Tes Buta  Warna khusus TNI.

Baca Juga: Psikotes Gambar : Contoh Soal Psikotes Gambar + Pembahasan [ Gambar Orang Pohon Wartegg Rumah ]

Tes buta warna TNI termasuk kategori sulit, karena jika ditemukan seorang calon TNI tidak bisa membedakan warna akan menjadi poin minus sendiri. Hal ini dikarenakan calon tentara tidak boleh buta warna, baik buta warna total atau buta warna parsial (seperti halnya syarat Tes Buta Warna Polisi). Jika tidak paham apa itu buta warna parsial dan buta warna total, silahkan liat bagian "Tes Buta Warna Parsial", sudah dijelaskan perbedaan keduanya diatas.

Apakah ada saran agar lolos masuk seleksi TNI?

Admin Caraable sendiri belum pernah mengikuti tes kesehatan seleksi anggota TNI, tapi jika di gambar kan secara umum, sebelum mulai tes kesehatan lebih baik menjaga pola hidup minimal seminggu sebelumnya atau lebih. Khusus tes buta warna TNI, obat untuk mengatasi agar mata terlihat fresh, yakni mulai memakan banyak makanan yang mengandung Vit.A, serta buat agar mata tidak terlalu lelah. Untuk penyembuhan buta warna, jujur caraable belum pernah melihat ada obat buta warna, selain pemakaian kacamata khusus buta warna, selain itu bisa dikonsultasikan ke dokter spesialis mata.

Latihan Tes Buta Warna TNI bisa diakses di bagian bawah ini.

Back to Content


Tes Buta Warna Tersulit


Tes buta warna tersulit ini diperuntukan untuk memberikan gambaran tes buta warna melalui contoh tes buta warna yang lumayan sulit. Kumpulan tes buta warna tersulit didapat dari berbagai macam sumber, dan dipilihkan yang menurut caraable paling sulit. Contoh Tes buta warna ini juga sebagai latihan tes buta warna langsung di Blog ini.

Aturannya:
  1. -Jangan melihat kunci jawaban dibawah, sebelum semua soal selesai dijawab.
  2. -Contoh gambar tes buta warna ada 9 tersulit.
  3. -Catat dulu jawaban sahabat, sebelum dicocokkan dengan kunci jawaban dibawah.
  4. -Jika mayoritas salah, maka ada masalah dengan MATA sahabat. Jika benar, maka anda tidak mengalami buta warna parsial.
  5. -Ini contoh tes buta warna, mau lebih banyak, ada di bagian Tes Buta Warna Online dibawah.

SOAL 1
Contoh tes buta warna online tersulit lengkap ishihara

SOAL 2
Contoh tes buta warna online tersulit lengkap ishihara

SOAL 3
Contoh tes buta warna online tersulit lengkap ishihara

SOAL 4
Contoh tes buta warna online tersulit lengkap ishihara

SOAL 5
Contoh tes buta warna online tersulit lengkap ishihara

SOAL 6
Contoh tes buta warna online tersulit lengkap ishihara

SOAL 7
Contoh tes buta warna online tersulit lengkap ishihara

SOAL 8
Contoh tes buta warna online tersulit lengkap ishihara

SOAL 9
Contoh tes buta warna online tersulit lengkap ishihara




Kunci Jawaban:
  1. -Untuk No.1, jawabannya: 45
  2. -Untuk No.2, jawabanyya: 5
  3. -Untuk No.3, jawabannya: 16
  4. -Untuk No.4, jawabannya:74
  5. -Untuk No.5, jawabannya:29
  6. -Untuk No.6, jawabannya:6
  7. -Untuk No 7, jawabannya mengikuti alur seperti "gelombang" naik turun naik, jika sahabat bisa melihat adanya garis bergelombang maka sahabat berhasil menjawab pertanyaan ini.
  8. -Untuk No.8, jawabannya sama dengan No.7, yakni adanya garis bergelombang berwarna hijau, garis ini lebih panjang dari garis No.7. Jika sahabat bisa melihat garis hijau yang berputar tersebut, maka sahabat menjawab pertanyaan ini.
  9. -Untuk No.9, jawabannya:3 


Note:
Tes buta warna tersulit diatas adalah gambaran dari tes warna ishihara. Jika dianggap terlalu sedikit, sahabat bisa melanjutkan latihan di tes buta warna online dibawah ini yang lebih lengkap.

Back to Content


Tes Buta Warna Online


Tes buta warna online sebagai alternatif pemeriksaan mata yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Caraable memilihkan tes buta warna online yang paling lengkap, serta memberikan contoh tes buta warna yang tersulit. Semakin sulit sebuat tes warna, semakin akurat pula hasilnya jika jawaban sahabat benar.

Berikut daftar atau kumpulan tes buta warna online tersulit yang lengkap:
  1. - Tes Buta Warna Online Pilihan 1
  2. - Tes Buta Warna Online Pilihan 2 


Sahabat tinggal akses link diatas, pilih salah satu, kerjakan soalnya, setelah itu hasilnya sahabat cocokkan sendiri, jika sahabat tidak bisa menebak angka atau mengikuti alur warna, maka bisa dipastikan sahabat mengalami gangguan buta warna. Untuk lebih yakinnya, sahabat bisa mendatangi dokter khusus mata untu melakukan tes buta warna parsial atau total.

Back to Content


Tes Buta Warna Lengkap


Akan tidak lengkap pembahasan tes buta warna tanpa aplikasi tes buta warna yang bisa diakses kapan saja. Aplikasi tes buta warna ini didapatkan dari pencarian penulis dan cocok jika direkomendasikan menjadi pelengkap tes buta warna ini.

Mengapa Caraable bilang  Tes Buta Warna Lengkap?

Karena dalam satu artikel ini sahabat bisa mendapatkan materi buta warna, Tes nya, dan penguji nya. Pengujinya dibagi menjadi 3, Tes Buta Warna langsung di blog ini, Tes Buta Warna Online dan tersedianya aplikasi Tes Buta Warna yang bisa di install di mana saja. Hal itulah yang menjadikannya artikel ini all in one, atau dengan kata lain tes buta warna lengkap.

Berikut link aplikasi tes buta warna, silahkan di amankan sebaga koleksi pribadi:

Download Aplikasi Tes Buta Warna untuk PC

Back to Content


Download Aplikasi Tes Buta Warna Untuk HP dan PC


Selain aplikasi tes buta warna untuk PC atau komputer, saya rasa akan kurang jika tidak dilengkapi dengan aplikasi HP khusus Tes Buta Warna, atau bisa dibilang APK tes buta warna. Aplikasi ini saya dapat dari berbagai rekomendasi di internet dan caraable pilihkan yang menurut caraable paling lengkap dalam tes buta warna agar hasil atau latihan tes dapat dilakukan secara maksimal.

Sahabat bisa mendownload aplikasi tes buta warna untuk HP dan PC disini
  1. - Tes Buta Warna HP
  2. - Tes Buta Warna PC
  3. - Alat Tes Ketajaman Mata HP


Back to Content


Tes Buta Warna Angka


Karena masih banyaknya yang bingung dengan tes buta warna angka dengan jenis Tes lainnya, maka saya akan jelaskan sedikit. Sebenarnya tes buta warna angka sama dengan tes buta warna pada umumnya, terutama tes buta warna ishihara. Disebut sebagai tes buta warna angka karena dalam tes ini harus mencari angka yang warna nya melebur dengan warna background nya.

Jadi pada intinya tidak ada jenis tersendiri terkait tes buta warna angka hanya salah satu objek yang digunakan dalam tes. Jenis metode tes buta warna, seperti yang saya jelaskan diatas seperti ishihara, cambridge, penyusunan DLL, tidak ada yang lain.

Baca Juga: 27 Materi Psikotes : Contoh Soal Psikotes + Pembahasan Agar Lulus Tes Lengkap

Itu semua adalah hal yang bisa saya sampaikan di pembahasan kali ini terkait tes buta warna. Caraable harap sahabat yang memiliki buta warna agar tidak putus asa, karena pasti ada yang lebih baik kedepannya.

Salam,
Caraable.


Back to Content


Note:
Jika sahabat memiliki pertanyaan seputar Tes Buta Warna Online Tersulit yang Lengkap diatas, silahkan tinggalkan di komentar. Dan jika sahabat bingung dengan perbedaan tes buta warna ishihara, parsial, cambridge, penyusunan DLL, silahkan tinggalkan di komentar agar bisa diperbaiki bahasannya. Saran caraable gunakan Tes Buta Warna Online semaksimal mungkin untuk latihan, dan juga download aplikasi tes buta warna untuk HP dan PC untuk memaksimalkan latihan.
Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "[TERSULIT] Tes Buta Warna Online Sulit Lengkap u/ Tes TNI & Polisi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel