-->

27 Materi Psikotes : Contoh Soal Psikotes + Pembahasan Agar Lulus Tes Lengkap

Kumpulan Contoh soal psikotes dari 27 materi psikotes, contoh soal disertai pembahasan. + Download ratusan latihan soal psikotes. Dan akses Tes kepribadian online secara gratis


Contoh Soal Psikotes -- Tes Psikotes adalah bagian wajib dari setiap orang yang ingin mendaftar beasiswa, melamar pekerjaan, DLL. Jenis psikotes yang sangat banyak, menuntut semua peserta paham semua soal psikotes. Sehingga belajar dari contoh soal psikotes menjadi cara belajar yang yang efektif dan cepat. Contoh soal psikotes ditambah dengan pembahasannya agar lebih memahami semua jenis/ macam Psikotes.

Tidak sedikit orang yang sedang menghadapi Tes Psikotes akan sangat khawatir, karena materi yang sangat banyak dan termasuk dalam kategori tes yang sangat sulit. Selain banyaknya ragam soal waktu dan tekanan dalam tes ini sangat besar.

Lalu adakah rekomendasi yang tepat untuk belajar agar lulus tes psikotes?

Banyaknya jenis soal yang keluar dari beberapa bidang akan memakan waktu dan pemikiran, padahal persiapan tes biasanya cuma hitungan hari. Jadi, Caraable yang memiliki pengalaman menjalani beberapa tes psikotes sebelumnya, akan menyarankan sahabat belajar dari contoh soal psikotes dan pembahasannya. Cara tersebut paling efektif dan efesien untuk lulus tes. Selain itu dari contoh soal tersebut juga bisa menjadi latihan soal tes psikotes, agar tahu manajemen waktu yang baik.

Apakah dengan cara ini bisa menjamin lulus tes?

Belum tentu, banyaknya orang yang ikut seleksi juga menjadi tantangan yang kedua, karena dalam rekrutmen kerja akan mencari yang memiliki poin paling tinggi. Meskipun sahabat memenuhi standard persyaratan lulus tes, bisa saja sahabat tertinggi no ke 4/ ke sekian, padahal yang dicari posisi 1 sampai 3 saja. Maka dari itu meluangkan waktu untuk belajar mengerjakan contoh soal-soal psikotes lebih banyak merupakan pilihan yang bijak dan tepat.

Pada postingan kali ini akan lebih panjang, karena Caraable akan berusaha menjelaskan pengertian psikotes, tips lulus tes psikotes, tujuan psikotes dan berbagai macam jenis soal tes psikotes ditambah contoh soal dan pembahasan/ jawaban dari setiap contoh soal tersebut. Berikut poin penting yang akan dibahas:

Poin Penting
  1. Pengertian Psikotes
  2. Tujuan Psikotes
  3. Tips dan Trik Lulus Tes Psikotes
  4. A. Tes Penalaran Verbal
  5. B. Tes Penalaran Logika
  6. C. Tes Penalaran Numerikal/ Angka/ Matematika
  7. D. Group Discussion
  8. E. Tes Penalaran Figular
  9. F. Tes Wartegg
  10. G. Tes Menggambar Manusia
  11. H. Tes Menggambar Pohon
  12. I. Tes Menggambar Pohon, Rumah dan Orang
  13. J. Tes Kraepelin/ Tes Koran
  14. K. Tes Pauli
  15. L. Tes Army Alpha
  16. M. Tes Karakteristik Pribadi
  17. N. Tes Intelegensi Umum
  18. O. Tes Wawasan Kebangsaan
  19. P. Tes Kepribadian
  20. Download Contoh Soal Psikotes


Belajar Materi Dasar Psikotes

Pengertian Psikotes 


Psikotes sering dipahami sebagai tes mencari jati diri. Tetapi pada dasarnya psikotes adalah alat atau cara bagi seorang psikolog agar lebih memahami pasien/ peserta yang mengikuti tes. Hasil dari tes ini akan menjadi gambaran psikologi setiap orang yang ikut serta dalam tes psikotes.

Apa saja yang dinilai dalam Tes Psikotes?

Pada teori dasarnya, tes psikotes akan mengukur 3 aspek psikologi manusia, yakni: tingkat kecerdasan, watak/ kepribadian dan cara kerja/ menyelesaikan masalah. Setiap aspek menjadi penting dan harus seimbang, akan menjadi sia-sia, walau 2 aspek bagus, tapi 1 aspek kurang.

Back to Content


Tujuan Psikotes


Sebenarnya tujuan psikotes sudah dapat ditebak dari 3 aspek diatas, kecerdasan, kepribadian dan cara kerja. Dalam berbagai sumber terpercaya, Psikotes dalam rekrutmen kerja di perusahaan ditujukan untuk mencari kandidat dengan karakteristik yang cocok dengan jenis pekerjaan yang dilamar.

Selain itu, dalam tujuan Tes Psikotes yang lainnya yakni terletak pada kesemua aspek. Bagaimana pegawai dapat memberikan hasil terbaik dari tugas yang telah diberikan.

Pada intinya, tidak ada pemenang dan oarang yang kalah disini, jika sahabat gagal, berari karakteristik pekerjaan dengan kepribadian sahabat yang tidak sesuai. Walau dipaksakan, akan menjadi beban tersendiri bagi sahabat kedepannya. Sehingga, sahabat harus terus mencari pekerjaan yang cocok dengan sifat dan kemampuan sahabat.

Back to Content


Tips dan Trik Lulus Tes Psikotes


Tes Psikotes bukan hal yang bisa diremehkan, selain soal psikotes yang lumayan rumit dipahami ditambah jumlah saingan peserta lainnya yang tidak bisa dianggap enteng. Dalam sekali sesi tes psikotes bisa hampir ratusan peserta, terutama kalau itu Tes Psikotes perusahaan besar, seperti Bank Indonesia, Pindad, CPNS, Unilever, Nestle, DLL. Maka dari itu selain memahami apa yang harus dikerjakan, penting juga untuk memahami tips dan trik agar lulus tes psikotes. Tips dan trik lulus psikotes ini didapatkan dari berbagai sumber.

Caraable bagi menjadi 3 skala waktu, tips sebelum tes psikotes, tips selama tes psikotes dan tips setelah selesai tes psikotes.

Tips dan Trik Sebelum Tes Psikotes 
  1. - Belajar jangan H-1, itu terlalu berat, mengingat materi psikotes yang sangat banyak.
  2. - Usahakan banyak latihan soal psikotes, bisa melalui contoh soal yang ada kunci jawabannya.
  3. - Banyak-banyak mempelajari contoh soal, dari situ kalian juga akan mendapatkan pemahaman materi langsung.
  4. - Jaga kondisi badan, agar saat ujian tidak terganggu.
  5. - Usahakan tidur yang cukup H-1
  6. - Sarapan, ingat psikotes itu lumayan lama, jika anda lapar ditengah-tengah tes, maka itu akan memecah kosentrasi.
  7. - Usahakan  selama menunggu tes mulai, jangan ngobrol, agar tidak terpecah kosentrasi nya.
  8. - Jangan lupa Melengkapi barang yang dibutuhkan.
  9. - Minta doa orang tua + berdoa.
  10. - Usahakan datang sebelum waktu tes, agar ada waktu untuk istirahat ditempat, biar tidak tergesa-gesa.

Tips dan Trik Selama Tes Psikotes 
  1. - Tenang, rileks, jangan dijadikan beban untuk segera selesai. Jika sudah panik duluan, akan berat kedepannya.
  2. - WAJIB mendengarkan instruksi, jangan terlewat satupun. Jika ada yang kurang paham, tanya.
  3. - Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu.
  4. - Baca soal dengan seksama, apalagi kalau soal cerita. 
  5. - Jika sudah selesai dan masih ada waktu, koreksi, koreksi dan koreksi lagi.
  6. - Jika tes menggunakan scan komputer untuk mengkoreksi, tebali jawaban kalau masih ada waktu.
  7. - Terpenting, Berdoa.

Tips dan Trik Setelah Tes Psikotes 
  1. - Tenangkan pikiran, hembuskan nafas. 
  2. - Berdoa.
  3. - Tanya ke panitia, Kapan hasilnya diumumkan, dan dimana.
  4. - Tanya juga apakah yang tidak lulus tes psikotes dihubungi atau diinformasikan juga atau tidak.
  5. - Selama menunggu hasil, daftar ditempat lainnya.


Back to Content


Contoh Soal Psikotes dan Pembahasan

A. Tes Penalaran Verbal


Tes penalaran verbal termasuk dalam tes kebahasaan, sering juga disebut sebagai tes kemampuan verbal. Dalam tes psikotes verbal berisi beberapa jenis soal, seperti, Sinonim, Antonim, Acak Kata, Analogi, Pengelompokan Kata dan masih banyak lagi.

Tes verbal akan bisa ditaklukkan dengan cara memperbanyak kosa kata/ pembendaharaan bahasa baku sesuai KBBI. Dalam contoh soal akan ada beberapa soal berbentuk kata yang jarang sekali ditemui dan digunakan dalam obrolan setiap harinya. Sehingga harus dihafal satu-persatu.

Cara yang paling mudah adalah banyak-banyak membaca contoh soal psikotes dan jawaban dalam bidang verbal ini. Karena ada beberapa kata yang akan diulang/ dengan kata lain soalnya ada kemungkinan sama dengan contoh soal dan latihan soal psikotes.

A.1 Contoh Soal Psikotes Sinonim (Persamaan kata)


Pada bagian Sinonim, sahabat diharuskan mencari persamaan kata (makna) dari contoh soal psikotes sinonim dibawah ini. Lengkapnya disini: Tes Psikotes Penalaran Verbal Bagian Sinonim

1. Jenggala =.......
A. Bukit
B. Hutan
C. Rimba
D. Padang Rumput

Pembahasan: 
Sinonim adalah jenis soal yang tidak dapat dianalisa (kecuali kata serapan Bahasa inggris), karena itu kalian harus memperbanyak pembendaharaan atau mengingat berbagai kata di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Dan juga banyak latihan soal.

Jawabannya: B. Hutan

2.  Intrakulikuler =......
A. Kegiatan belajar
B. Kegiatan lapangan
C. Kegiatan di Sekolah
D. Lapangan

Pembahasan:
Jika kata merupakan serapan dari bahasa inggris dan mempunyai imbuhan dari Bahasa Inggris, seperti Intra, Ekstra ataupun Pasca maka bisa dianalisa,. Mari kita coba, Intra merupakan kegiatan  yang terjadi masih di lingkup area, jadi jawaban yang paling tepat adalah kegiatan di sekolah.

Jawabannya: C. Kegiatan di Sekolah

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Tes Psikotes Penalaran Verbal Bagian Sinonim | Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan

Back to Content


A.2 Contoh Soal Psikotes Antonim (Lawan kata)


Dalam Tes Antonim, sahabat harus mencari lawan kata dari kata yang ada di contoh soal psikotes Antonim dibawah ini. Lengkapnya sisini: Tes Psikotes Penalaran Verbal Bagian Antonim 

1. Lekat >< ......
A. Lendir
B. Lengket
C. Cair
D. Kental

Pembahasan: Jika kalian menemui soal yang tidah sering anda gunakan seperti ini di kehidupan sehari-hari, maka caraable sarankan untuk mencari jawaban dari A-D yang paling berbeda dari segi maknanya. Dari semua pilihan C yang paling berbeda dari semua kata.

Logikanya: Tidak mungkin ada 3 jawaban yang benar (karena memiliki makna yg sama), jadi pilihlah yang paling berbeda.

Jawabannya: C. Cair

2. Abun-abun >< ......
A. Mimpi
B. Cita-cita
C. Atap Rumah
D. Angan-angan

Pembahasan: jika kata seperti ini yang anda temui, kata yang Jarang digunakan dan tidak bisa menggunakan Trik di nomer 1, maka anda harus memperbanyak kosa kata dari KBBi. Karena memang Sinonim Dan Antonim adalah jenis soal yang tidak bisa dianalisa jawabannya.

Jawabannya: B. Cita-cita

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Tes Psikotes Penalaran Verbal Bagian Antonim | Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan

Back to Content


A.3 Contoh Soal Psikotes Analogi


Analogi sendiri dipahami sebagai tes Psikotest yang ditunjukan untu melatih dalam memahami hubungan dengan pola tertentu. Sehingga kalian harus mencari pola antar kalimat. Ada 7 pola dalam Analogi, lihat disini: Pola Tes Psikotes Analogi 

1. Pulpen:...... = Jam:........
A. Tinta : Rusak
B. Menulis : Waktu
C. Plastik : Besi
D. Hitam : Bergerak

Pembahasan:
Tentukan terlebih dahulu pola apa yang dimiliki, pilih dari 7 pola diatas. Pola dipertanyaan pertama adalah "Fungsi", mengapa Fungsi? Dikarenakan dari  kata " Pulpen" kita tahu bahwa fungsinya untuk menulis. Sedangkan "Jam" memiliki Fungsi sebagai petunjuk waktu. Maka jawaban yang benar adalah Menulis dan Waktu.

Jawabanyya: B. Menulis : Waktu

2. Matahari: Terik = Mendung: .........
A. Hujan
B. Cuaca
C. Awan
D. Basah

Pembahasan: Tentukan dulu polanya, seperti di cara nomer 1, setelah diketahui bahwa polanya adalah "Sebab & Akibat". No 2 lebih mudah dibanding kan No. 1, karena kita ada patokan di kata Awal, bisa menganalisa pola di rangkaian kata awal. Dan otomatis rangkaian kedua juga sama  polanya dengan rangkaian kata 1.
Matahari mengakibatkan Terik, sedangkan Mendung mengakibatkan Hujan.

Jawabannya A. Hujan

3. Melihat:Melirik = Membawa:........
A. Tersentuh
B. Menoleh
C. Menjinjing
D. Digendong

Pembahasan: Seperti yang sudah analisa polanya, lihat rangkaian kata pertama jika ada, setelah itu tentukan polanya. Pola disini adalah " Definisi", Melihat memiliki arti yang sama dengan Melirik, sedangkan Membawa juga sama dengan Menjinjing.

Jawabannya C. Menjinjing

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Tes Psikotes Penalaran Verbal Bagian Analogi | Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan

Back to Content


A.4 Contoh Soal Psikotes Acak Kata


Seperti namanya, Tes ini mecari acak kata yang berasal dari 2 kata, susunan setiap karakter harus diperhatikan dengan seksama. Lihat contoh soal dibawah, atau pelajari materi nya terlebih dahulu disini: Tes Psikotes Acak Kata.

1. Radikal (KALAS) Bebas
Spontan (......) Salam

A. Imta
B. Tanam
C. Rabeb
D. Tansa

Pembahasan: Pertama lihat kata yang terbentuk di rangkaian pertama. Setelah itu catat atau garis bawahi nomer urut huruf mana saja yang digunakan untuk membentuk kata pertama. Misal Kta "Radikal Dan Bebas".
Dari kata Radikal diambil dari No. urut 5-6, sedangkan dari kata Bebas diambil dari No. urut 4-5. Maka ambil juga No. 5-6 dari Spontan dan 4-5 dari Salam. Maka Hasilnya adalah TANAM.

Jawabannya: B. Spontan (TANAM) Salam

2. Maret (MARSA) SELASA
Bulan (........) Naskah

A. Ahan
B. MarKah
C. Bulah
D. Lanas

Pembahasan: Seperti yang diatas, lihat rangkaian kata awal. Catat nomer urutnya dari rangkaian kata pertama. Dari kata Maret diambil No. Urut 1-3, dan dari kata Selasa diambil Nomer urut 5-6. Sehingga ambil juga dari rangkaian kata kedua di Bulan dan Naskah. Jadi dapat kata baru yakni BULAH.

jawabannya: C. Bulan (BULAH) Naskah

**Tapi ada juga pembentukan kata yang dibolak balik urutan pembentukan kata barunya. Misal:

3. Sakura (RUSAG) Jepang
Kelapa (........) Lantai

A. Pakei
B. Lapai
C. Kepan
D. Apaai

Pembahasan: meskipun ini urutannya diacak, tapi tetap cari no urutannya, garis bawahi di rangkaian kata pertama. Setelah itu sejajrka. Dengan rangkaian kata kedua, Dan bentuk sesuai urutan dari rangkaian pertama. Meskipun urutannya diacak, kita tetap bisa membentuk kata baru dengan melihat Dan mengikuti urutan rangkaian kata pertama. Setelah semau selesai ketemulah kata PAKEI, dari urutan huruf 1-2, 3-4 (kata pertama) dan 6 (kata kedua)

Jawabannya: A. Kelapa (PAKEI) Lantai

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Tes Psikotes Penalaran Verbal Bagian Acak Kata | Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan

Back to Content


A.5 Contoh Soal Psikotes Idiom


Sahabat diharus mencari satu kata yang sesuai, Satu kata yang dipilih harus dapat melengkapi kata tetap dan harus memberikan makna yang tepat. Pelajari lebih lanjut disini, Tes Psikotes Idiom beserta contoh soal psikotes Idiom.

1.Bermuka (......) Hati
A. Mesum
B. Marah
C. Lesu
D. Dua

Pembahasan: lihat kemungkinan disetiap kata dengan menggabungkan setiap katanya dan lihat mana yang paling memiliki kemungkinan paling tinggi membentuk sebuah makna + idiomnya. Jadi dalam hal ini kita lihat jawaban "D", Mari kita analisa: Bermuka Dua= tidak berpendirian, Dua Hati= Bimbang.
Dua-duanya memiliki arti kiasan, sehingga pilihan "Dua" adalah yang paling memungkinkan disini.

Jawabannya: D. Dua

2. Kuli (.....) Hitam
A. Basah
B. Gedung
C. Tinta
D. Anak

Pembahasan: Seperti yang tadi coba satu-satu dan cocokkan dengan kata petunjuknya, setelah itu baru tau kemungkinan yang pling sesuai untuk digabungkan dengan kata-kata petunjuk. Mari kita coba kata "Tinta", Kuli Tinta = Wartawan/ petugas pers, Tinta Hitam= Tinta yang berwarna hitam.

Jawabannya: C. Tinta

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Tes Psikotes Penalaran Verbal Bagian Idiom | Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan

Back to Content


B. Tes Penalaran Logika


Tes Penalaran Logika dibagi menjadi 2 bagian, Tes Logika Deduksi dan Tes Logika Analisis. Dua-duanya merupakan soal yang sering sekali ditemui. Maka sudah menjadi hal yang penting, untuk memaksimalkan contoh soal psikotes Logika Analisis dan Deduksi.

Menurut caraable, Logika Analisis lebih susah dibanding Deduksi, karena bentuk soal yang panjang dan rumit dipahami. Sedangkan Deduksi terdapat premis sebagai panduan untuk menjawab.

Penalaran Logika dalam psikotes ini untuk mengukur tingkat logika dari masing-masing peserta. Selain itu juga berisi penilaian untuk mencari karyawan yang mempunyai kemampuan dalam memecahkan masalah dengan logikanya.

B.1 Contoh Soal Psikotes Logika Deduksi


Tes Logika Deduksi dirancang untuk melatih kita memahami dan menemukan sebuah fakta dari premis-premis yang telah ada. Ada beberapa macam premis dalam Logika Deduksi, silahkan lihat Premis-premis nya disini: Logika Deduksi

Contoh soal dibawah akan lebih membantu memahami apa itu Logika deduksi.

1. Perhatikan premis berikut ini:
-Setiap mahasiswi yang Lulus kuliah akan mendapatkan Gelar.
-Amel Lulus kuliah tahun ini.

A. Amel adalah Mahasiswi
B. Amel tahun ini Lulus kuliah
C. Amel tidak menerima gelar apapun
D. Amel akan mendapatkan gelar tahun ini

Pembahasan: Ini merupakan bagian dari Penalaran Langsung, jika kita berpijak pada rumus Penalaran Langsung diatas maka pemecahannya seperti ini. Jika O merupakan bagian dari A, Dan X bagian dari O. Maka X merupakan bagian O juga.

Premis 1:Setiap mahasiswi yang Lulus kuliah akan mendapatkan Gelar.
Premis 2: Amel Lulus kuliah tahun ini.
Kesimpulan: Amel akan mendapatkan gelar tahun ini

Jawabannya: D. Amel akan mendapatkan gelar tahun ini


2. Perhatikan premis berikut ini:
-Semua pegawai media berita online itu adalah penulis handal
-Semua penulis adalah orang yang pandai berteman
-Boy adalah pegawai media berita online itu

A. Boy adalah penulis handal
B. Boy tidak terlalu suka berteman.
C. Orang yang suka menulis belum tentu bernama boy
D. Boy merupakan penulis handal di media berita online
E. Boy adalah orang yang pandai berteman.

Pembahasan: Soal diatas merupakan bagian dari Penalaran Transisi, berdasarkan rumus yang kita pelajari tadi, Semua pegawai O adalah pegawai A, Dan X adalah pegawai E.  Maka  Semua pegawai O adalah merupakan pegawai  E.

Premis 1: Semua pegawai media berita online itu adalah penulis handal
Premis 2: Semua penulis adalah orang yang pandai berteman
Premis 3: Boy adalah pegawai media berita online itu

Kesimpulan: Boy adalah penulis yang pandai berteman.

Jawabannya: E. Boy adalah orang yang pandai berteman.

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Tes Psikotes Logika Deduksi Lengkap || Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan

Back to Content


B.2 Contoh Soal Psikotes Logika Analisis


Logika Analisis murni dari penalaran logika kita atas sebuah kasus yang terjadi. Contoh soal psikotes ini, seperti cerita, panjang, penuh teka-teki, alurnya belok-belok. Untuk lebih jelasnya pelajari materinya: Penjelasan Logika Analisis.

Berikut contoh soal psikotes Logika Analisis untuk membantu memahami Tes ini.

1. Perhatikan soal cerita dibawah ini
Semua masyarakat desa A berkulit putih, berjenggot lurus, dan badannya kurus. Semua masyarakat desa E berkulit merah dan berjenggot lurus. Dan hanya segilintir masyarakat desa O yang berjenggot lurus. Amoy dilahirkan di Desa O, berjenggot lurus dan warna kulitnya hitam.

A. Amoy adalah bagian masyarakat Desa E
B. Amoy bukan masyarakat Desa A
C. Amoy adalah bagian masyarakat Desa A dan H
D. Amoy bukan bagian masyarakat Desa A dan E

Pembahasan: (kelompok kan terlebih dahulu)
- Masyarakat Desa A berkulit Putih dan berjenggot lurus, Amoy berkulit hitam, jadi tidak masuk
-Masyarakat Desa E berkulit merah dan berjenggot lurus, Amoy berkulit Hitam, jadi tidak masuk juga

Jadi Amoy bukan bagian dari masyarakat Desa A dan E.

Jawabannya: D. Amoy bukan bagian masyarakat Desa A dan E

2. Perhatikan soal cerita dibawah ini
Berikut perbandingan jadwal kedatangan transportasi laut dengan transportasi udara yang sama-sama dari Jakarta ke Surabaya. Jika transportasi udara dari Jakarta ke Surabaya membutuhkan waktu sampai pada pukul 14.00 WIB, untuk sampai di SBY memakan waktu 15 jam. Pukul berapakah sampai di SBY,  jika menggunakan transportasi Udara dengan keberangkatan pada jam yang sama Dan selisih waktu antara transportasi udara dan laut sebanyak 13 Jam?

A. 15.00
B. 16.00
C. 17.00
D. 19.00
E. 20.00

Pembahasan: 
- lama perjalanan menggunakan transportasi laut 15 jam
-Lama perjalanan transportasi udara, 15 - 13 = 2 jam.
- jika berangkat dari Jakarta pukul 14.00 maka sampainya pukul 16.00, karena lama waktu perjalanan cuma 2 jam

Jawabannya: B. 16.00

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Tes Psikotes Logika Analisis Lengkap || Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan

Back to Content


C. Tes Penalaran Numerikal/ Angka/ Matematika


Tes Penalaran Angka/ Numerikal merupakan Tes yang berisi pelajaran Matematika di SMP dan SMA. Tidak ada pelajaran Matematika tingkat lanjut yang diujikan. Tes Matematika ini memiliki 2 cabang, Tes  Deret Angka dan Tes Matematika Dasar. Tes ini lumayang sering menyita waktu, karena hampir semua soalnya tidak semudah dengan Matematika dasar, terutama bagi kalian yang jurusannya bukan IPA.

Cara yang paling tepat juga adalah dengan belajar dari contoh soal psikotes khusus bagian Matematika. Dan pastikan ada pembahasan nya dari contoh soal tersebut, kalau tidak, maka sahabat hanya tau mana yang benar, tapi tidak tahu ada bagaimana menyelesaikan masalah Matematika tersebut.

Tes ini juga merupakan Tes favorite, sehingga sering kali dipakai oleh instansi atau perguruan tinggi negeri untuk mencari kandidat yang paling potensiaal. Caraable menjelaskan deret angka terlebih dahulu, karena materi dari Matematika dasar masih terkendala. Pelajari materinya terlebih dahulu disini: Tes Deret Angka

C.1 Contoh Soal Psikotes Matematika Deret Angka


menjawab soal tes psikotes deret angka  dan huruf ini kita disuruh menebak huruf/angka selanjutnya. Tetapi bukan asal menebak ya teman-teman. Terdapat pola di setiap soal, bisa penjumlahan, pengurangan, pembagian dan berbagai metode hitungan lainnya.

1. Perhatikan deretan angka dibawah ini
3, 6, 4, 8, 6, ...

A. 7
B. 8
C. 9
D. 10
E. 12

Pembahasan: Tentukan dahulu polanya lebih dahulu, biar lebih mudah hitung perbedaan Angka disetiap angkanya. Setelah semua dihitung, ditemukan ada pola yang sama. Yaitu: bertambah dan berkurang.

Contoh Soal Psikotes Deret Angka  dan kunci jawaban + pembahasan

Jadi bisa dikatakan ini merupakan 1 Larik dan jawaban yang benar adalah Angka 12.

Jawabannya: E.12


2. Perhatikan deretan angka dibawah ini
4, 4, 9, 7, 14, 10, .......

A. 13
B. 15
C. 17
D. 19
E. 21

Pembahasan: ketahui pola terlebih dahulu. Diduga soal no 2 lebih dari 1 Larik, yakni ikut 2 Larik. Hal tersebut bisa dilihat dari adanya dua bentuk suku yang sama dua Kali berurutan. Coba anda lihat no 1 dan 2, yakni sama-sama bernilai 4. Mari kita pisahkan menjadi 2 Deret. Deret 1 kumpulan urutan genap, dan 1 nya Kumpulan urutan ganjil.

 Contoh Soal Psikotes Deret Angka  dan kunci jawaban + pembahasan

Ingat, urutannya bukan nilai angkanya.

Bisa Diketahui bahwa urutan yang dicari mengikuti pola pertama dan Deret pertama, jadi yang didapat 19.

Jawabannya: D.19

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Tes Psikotes Deret Angka dan Huruf dalam Penalaran Numerikal || Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan

Back to Content


D. Group Discussion


Group Discussion dibagi menjadi 2 tipe tes, yakni Tes FGD dan Tes LGD. Leaderless Group Discussion (LGD) merupakan tes Psikotest lisan  melalui media diskusi dengan membahas suatu isu yang mempunyai beberapa  sudut pandang. Jadi dinamika grup disini akan menjadi tantangan tersendiri, dan menjadi kunci dalam melihat sifat dan watak semua anggota grup. Sedangkan Focus Group Discussion (FGD) tidak jauh berbeda, tapi memiliki karakteristik yang berbeda.

Penjelasan yang paling mudah dalam membedakannya adalah,  Focus Group Discussion (FGD) diskusi yang masih membutuhkan pemimpin atau moderator dalam menjalankan diskusi. Sedangkan LGD proses diskusinya tanpa pemimpin atau bisa dikatakan semua anggota menjadi setara. Pelajari materi Focus Group Discussion (FGD) dan materi  Leaderless Group Discussion (LGD).


D.1 Contoh Soal/ Kasus Psikotes Focus Group Discussion (FGD) dan Leaderless Group Discussion (LGD)


1. Pertanyaan Kasus FGD dan LGD
Jika kalian berada ditengah labirin, dan terdapat 3 jalan untuk keluar dari labirin tersebut. jalan keluar pertama  terdapat kebakaran yang sangat besar. Jalan keluar kedua dijaga seekor Ular dan banteng. Jalan keluar terakhir menuju lautan yang luas.

Jalan mana yang akan kalian pilih, jika kalian hanya boleh memilih satu jalan untuk semua orang?

Aturan: tidak boleh memilih jalan sendiri-sendiri, harus bersama-sama. Dan anda hanya memiliki waktu berdiskusi 10 menit.

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini:
  1. Penjelasan dan Tips dalam Focus Group Discussion (FGD) Untuk Tes Psikotes | Hal yang Boleh dan Tidak Boleh dalam FGD
  2. Pengertian dan Tips dalam Leaderless Group Discussion (LGD) Untuk Tes Psikotes | Beserta Contoh Kasus LGD


Back to Content


E. Tes Penalaran Figular


Tes Penalaran Figural ini juga termasuk jenis soal psikotes yang sering keluar dalam Tes Psikotes. Peran contoh soal psikotes dalam menjelaskan penalaran figural sangat penting. Bahkan akan susah dijelaskan kalau tidak ada contoh soal nya, seperti contoh soal psikotes Deret Gambar, Analisis Gambar, Penalaran Gambar DLL.

Penalaran Figular yang akan caraable berikan ada 7 jenis psikotes penalaran figural. Sebenarnya ada lebih banyak, tapi caraable ambil yang pling banyak keluar saja dalam berbagai tes atau ujian. Perhatikan baik-baik agar dapat lulus tes psikotes. Baca juga tips dan trik lulus psikotes diatas.

E.1 Contoh Soal Psikotes Deret Gambar


Sebenarnya, aturan Deret Gambar hampir sama dengan Deret Angka dan Huruf, kita disuruh menebak objek selanjutnya berdasarkan 4-5 objek yang sudah diberikan di pertanyaan. Tetapi yang membedakannya disini, kalau Deret Angka dan Huruf memakai hitungan dasar untuk menebak objek selanjutnya. Sedangkan Deret Gambar memerlukan ketilitian dan sedikit imajinasi untuk menebak gambar selanjutnya. Baca dan belajar materi selengkapnya disini: Tes Psikotes Deret Gambar dalam Penalaran Figural

Berikut contoh soal psikotes deret gambar dan pembahasannya.

1. Perhatikan gambar berikut

Contoh Soal Psikotes Deret Gambar  dan kunci jawaban + pembahasan

Pembahasan: perhatikan gambar kecil dibagian kanan, setiap perubahan gambar selanjutnya mengikuti gambar kecil di sebelah kanan tersebut. Lalu gambar kecil itu dipuutar dan dijadikan gambar yang berukuran lebih besar di gambar sebelah kiti. Sehingga kemungkinan besar jawaban yang paling tepat adalah C.

Jawabannya: C


2. Perhatikan gambar berikut

Contoh Soal Psikotes Deret Gambar  dan kunci jawaban + pembahasan

Pembahasan: Coba perhatikan objek yang berda di tengah gambar, objek yang ditengah gambar selalu berpindah ke bagian kiri atas, lalu ke kanan, lalu berpindah lagi ke kanan bawah, kembali ke kanan lagi dan akhirnya akan kembali ke bagian tengah kembali. Jadi kita harus mencari objek tengah yang sama dengan objek tengah di gambar pertama, yakni tanda tanya. Jadi jawaban yang paling pas adalah B.

Jawabannya: B

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Tes Psikotes Deret Gambar dalam Penalaran Figural || Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan

Back to Content


E.2 Contoh Soal Psikotes Penalaran Gambar

Penalaran gambar ini bisa dikatakan lebih mudah, tapi membutuhkan ketilitian yang sangat besar. Karena kita harus memperhatikan setiap sudut, bagian dari gambar yang diberikan. Kita akan membagi gambar yang diberikan menjadi satuan gambar yang diminta. Disini sahabat hanya disuruh menghitung berapa pola yang terbentuk dari pola yang diberikan. Baca dan belajar materi selengkapnya disini: Tes Psikotes Penalaran Gambar Bagian Penalaran Figural

Contoh soal psikotes penalaran gambar akan membantu sahabat memahami jenis tes psikotes ini. Berikut contoh soal nya:

1. Hitung berapa banyak bentuk satuan panjang dalam gambar ini?

Contoh Soal Psikotes penalaran Gambar  dan kunci jawaban + pembahasan

Pembahasan: Lihat yang diminta persegi panjang bukan persegi biasa ya sahabat caraable. Setelah kita tandai dengan alfabet semakin terlihat pola garis-garis nya.

Mari kita hitung, persegi panjang dari 1 elemen terdapat 8, lalu terdiri dari 2 elemen ada 5, terdiri dari 3 elemen ada 4, lalu terdiri dari 4 elemen ada 1, dan setelah dilihat paling maksimal persegi panjang kebentuk tidak ada yang lebih dari 4, sehingga cukup menghitungnya.

Setelah itu tinggal ditambah jumlah yang kita temukan tadi, 8+5+4+1= 18

Jawabannya: C. 18 Persegi Panjang.


2. Berapa total segitiga yang terbentuk dari pola garis-garis di gambar bawah ini?

Contoh Soal Psikotes penalaran Gambar  dan kunci jawaban + pembahasan

Pembahasan: Seperti halnya tips yang sudah diberikan, perhatikan terlebih dahulu apa yang diminta di pertanyaan. Lalu buat tanda dengan alfabet. Lihat satuan gambar yang terbentuk dari 1 elemen, lalu 2 elemen, DST. (Lakukan bertahap ya sahabat caraable)

Caraable akan langsung ke hasilnya, penjelasannya sama kayak diatas. Caraable menemukan 7+8+4+2+4+3= 28

Jawabannya: 28 Segitiga.

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Tes Psikotes Penalaran Gambar Bagian Penalaran Figural || Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan

Back to Content


E.3 Contoh Soal Psikotes Gambar Embed


Gambar Embed adalah tes psikotes yang melatih ketilitian dan kejilian anda melihat sebuah pola. Tidak seperti Deret Gambar, Deret Angka dan Penalaran Gambar yang masih membutuhkan perhitungan pola dalam menemukan jawabannya. Di Gambar Embed hanya perlu kejilian dan ketilitian saja. Baca dan belajar materi selengkapnya disini: Tes Psikotes Gambar Embed Kategori Penalaran Figural

Berikut 2 contoh soal psikotes gambar embed yang semakin mudah untuk memahami materi psikotes ini. Perhatikan baik-baik.

1. Temukan pola yang tersembunyi

Contoh Soal Psikotes Gambar Embed  dan kunci jawaban + pembahasan

Lihat gambar di pembahasan, jika pola yang menutupi dihilangkan, maka akan nampak atau muncul pola gambar, seperti pola gambar di pertanyaan.

Jawabannya: A


2. Temukan pola yang tersembunyi di gambar option atau pilihan anatara A, B, C, dan D.

Contoh Soal Psikotes Gambar Embed  dan kunci jawaban + pembahasan

Lihat gambar di pembahasan, jika pola yang menutupi dihilangkan, maka akan nampak atau muncul pola gambar, seperti pola gambar di pertanyaan.

Jawabannya: D

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Tes Psikotes Gambar Embed Kategori Penalaran Figural || Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan

Back to Content


E.4 Contoh Soal Psikotes Lipatan Kertas


Lipatan Kertas dalam Tes Psikotes tidak membutuhkan hitungan dll.  Lipatan Kertas pun juga begitu hanya membutuhkan ketilitian dan kejelian. Dalam Lipatan Kertas ini kalian menebak atau mencari pola yang terbentuk dari pola yang diberikan. Intinya mencari bentuk pola baru dari lipatan pola yang ada di pertanyaan. Baca dan belajar materi selengkapnya disini: Tes Psikotes Lipatan Kertas dalam Penalaran Figural

Berikut contoh soal psikotes lipatan kertas dengan pembahasannya:

1. Carilaha pola yang terbentuk dari gambar (X) yang dilipat dari sisi kanan ke kiri

Contoh Soal Psikotes Lipatan Kertas  dan kunci jawaban + pembahasan

Perhatikan gambar dibawah pembahasan, itulah gambar yang terbentuk dari sisi kanan ke kiri, jadi pilihan terbaik adalah D.

Jawabannya: D


2.  Carilah pola yang terbentuk dari gambar (X) yang dilipat dari sisi bawah ke atas

 Contoh Soal Psikotes Lipatan Kertas  dan kunci jawaban + pembahasan

Perhatikan gambar yang terbentuk dibawah kata pembahasan, jadi pilihan yang mendekati adalah A

Jawabannya: A

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Tes Psikotes Lipatan Kertas dalam Penalaran Figural || Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan

Back to Content


E.5 Contoh Soal Psikotes Pengelompokan Gambar


Pengelompokan Gambar ini menurut caraable memiliki banyak pola dalam 1 pertanyaan saja. Dalam 1 pertanyaan bisa lebih dari 6 pola dalam soal, bahkan bisa sampai 9 pola. Seperti namanya kalian ditugaskan mencocokkan gambar dan mengelompokkan gambar yang memiliki pola sama.  Yup tugas kalian harus mencari pasangan setiap pola. Baca dan belajar materi selengkapnya disini:  Tes Psikotes Pengelompokan Gambar

Contoh soal psikotes Pengelompokan Gambar akan membantu sahabat dalam memahami jenis psikotes ini.

1.Temukan pola yang sama dari 6 pola gambar dibawah ini, kelompok kan sesuai hubungan gambar


 Contoh Soal Psikotes Pengelompokan Gambar dan kunci jawaban + pembahasan


A. 1,4; 2,3; 5,6
B. 1,2; 3,4; 5,6
C. 2,1; 5,3; 4,6
D. 1,3; 2,5; 4.6

Pembahasan: Setiap gambar atau pola memiliki pola yang identik atau sama persis, jadi akan mudah menemukan jawaban, karena hanya mencari pola yang sama persis. Dan dipilihan yang sesuai adalah A.

Jawabannya: A

Note: itu contoh Awal yang mudah, yang polanya sama persis. Kita lihat contoh yang memiliki pola yang tidak identik di nomer 2 bawah ini.


2. Temukan pola yang sama dari 9 pola gambar dibawah ini, kelompok kan sesuai hubungan gambar


 Contoh Soal Psikotes Pengelompokkan Gambar dan kunci jawaban + pembahasan
A. 1,3,9; 2,5,6; 4,7,8
B. 1,7,9; 2,8,6; 3,4,5
C. 1,3,2; 4,5,7; 6,8,9
D. 1,3,6; 2,4,8; 5,7,9

Pembahasan: Soal seperti ini agak Susah, karena polanya hampir tidak sama persis, hanya memiliki element yang mirip saja.
1,3,9 memiliki element kecil di setiap element besar
2,5,6 memiliki garis seperti tanda "+" di dalam element besar
4,7,8  terdiri dari 2 element yang sama, Dan letaknya sama, element besar disebelah kiri, Dan element yang kecil di sebelah kanan.
Jadi pilihan A yang paling sesuai

Jawabannya: A

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Tes Psikotes Pengelompokan Gambar || Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan

Back to Content


E.6 Contoh Soal Psikotes Analisis Gambar


Analisis Gambar merupakan bagian Tes Psikotes yang cukup memakan waktu, karena butuh kejilian, ketilitian, dan imajinasi yang cukup kuat. Kalian disuruh menyusun bagian gambar acak, dan kalian disuruh menggabungkan nya menjadi 1 bentuk. 1 bentuk inilah yang menjadi jawaban. Baca dan belajar materi selengkapnya disini: Tes Psikotes Analisis Gambar

Berikut sedikit gambaran soal yang akan kalian hadapi, perhatika 2 contoh soal psikotes Analisis Gambar:

1.  Tentukan gambar mana dari pilihan jawaban dibawah (A, B, C, dan D) yang terbentuk dari gambar X (atau gambar soal)

Contoh Soal Psikotes Analisis Gambar dan kunci jawaban + pembahasan

Pembahasan: lihat gambar di bawah kata pembahasan diatas, seperti itulah gambar yang terbentuk dari gambar soal. Seperti dalam Tips Analisis Gambar diatas, eliminasi dulu pecahan yang tidak sama, besar kecilnya, panjang pendeknya DLL. (Kalau belum mengerti, baca lagi Tips Analisis Gambar diatas)

Hal yang mudah jika kita punya waktu menggambar, agar lebih mempermudah, tapi dalam Tes Psikotes waktu akan selalu dibatasi. Jadi latihan adalah hal yang WAJIB.

Jawabannya: C


2. Tentukan gambar mana dari pilihan jawaban dibawah (A, B, C, dan D) yang terbentuk dari gambar X (atau gambar soal)

Contoh Soal Psikotes Analisis Gambar dan kunci jawaban + pembahasan

Pembahasan: Agar lebih mudah memahami apa yang saya maksud salam Tips Analisis Gambar diatas, saya pilihkan contoh yang mempunyai pola paling menonjol.

Lihat lingkaran kecil dan segitiga di pola pecahan soal. Sekarang cari yang berbeda terbih dahulu.

Tentunya yang akan dieliminasi A dan B dahulu, karena bentuk segitiganya berbeda dari  pecahan dalam gambar soal.

Tinggal tersisa C dan D, perhatikan D ada pecahan yang berbeda lagi, yakni segitiga yang panjang, hadapnya salah, gak sesuai dengan pecahan di gambar soal. Jadi tinggal sisa pilihan C saja.

Jawabannya: C

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Tes Psikotes Analisis Gambar || Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan

Back to Content


E.7 Contoh Soal Psikotes Melengkapi Gambar


Tes Psikotes Melengkapi Gambar hampir sama seperti dengan Tes Psikotes Deret Gambar. Kesamaannya yakni, sahabat caraable harus mencari gambar lanjutan untuk melengkapi gambar. Perbedaan antara Tes Psikotes Melengkapi Gambar dan Deret Gambar, kalau Deret Gambar mencari pola lanjutan tapi tidak untuk melengkapi gambar soal. Sedangkan, Melengkapi Gambar, kita juga disuruh mencari pola lalu memasang nya di gambar soal. Baca dan belajar materi selengkapnya disini: Tes Psikotes Melengkapi Gambar

Contoh soal psikotes Melengkapi gambar sebagai berikut.

1. Tentukan Pola yang hilang di gambar bawah ini. Pilih antara jawaban A, B, C dan D.

Contoh Soal Psikotes Analisis Gambar dan kunci jawaban + pembahasan

Pembahasan: Perhatikan gambar dibawah kata pembahasan diatas. Lihat  semua pilihan jawaban hampir sama. Tapi yang membedakan jawaban D menjadi benar, adalah terbentuk nya 2 segitiga berbentuk kecil yang menyerupai  "dasi kupu-kupu" . Dan sama dengan bagian sampingnya juga, coba lihat pola disamping kirinya.

Jawabannya: D


2. Temuka pola yang hilang diantara jawaban A, B, C dan D.

Contoh Soal Psikotes Analisis Gambar dan kunci jawaban + pembahasan

Pembahasan: Lihat gambar untuh dibawah kata pembahasan diatas. Penjelasannya hampir sama dengan No. 1. Samakan dengan bagian samping atau atasnya.

Kalau bingung lihat kembali Tips Melengkapi Gambar diatas, dan juga pembahasan No. 1 diatas.

Jawabannya: D

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Tes Psikotes Melengkapi Gambar || Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan

Back to Content


F. Tes Wartegg


Tes Wartegg sendiri diambil dari nama penemunya, yang bernama Ehrig Wartegg. Tes ini lebih menekankan imajinasi kalian dalam melihat hal yang sederhana. Pengerjaan nya pun akan memberikan hasil yang berbeda-beda untuk setiap individu. Kembali lagi, ini tergantung imajinasi, watak dan sudut pandang kalian.

Hal yang perlu diingat disini, Tes Wartegg ini tidak melihat kemampuan menggambar sahabat caraable, lebih menguji ke daya imajinasi, mengukur sisi intelektual kalian dan juga digunakan untuk mengukur emosi dari setiap individu yang mengerjakan Tes Wartegg ini. Baca aturan main dan belajar selengkapnya disini: Tes Wartegg Psikotes dengan Contoh Soal Wartegg Test 

Berikut contoh soal Tes Wartegg atau Wartegg Test, pahami agar lulus tes psikotes, karena jenis soal ini sering keluar.

F.1 Contoh Soal Psikotes Tes Wartegg


1. Petunjuk Pengerjaan
Gambarlah sesuatu berdasarkan pola dasar yang ada di dalam kotak ini, jangan menggambar keluar dari kotak. Pilih gambar yang disukai, dan yang paling mudah menurut anda

Bentuk Awal:
Contoh gambar tes wartegg dan kunci jawaban + pembahasan soal psikotes

Sesudah digambar/ dikerjakan:
Contoh gambar tes wartegg dan kunci jawaban + pembahasan soal psikotes

Pembahasan: 
Lihat contoh pengerjaan gambar diatas, gambar diatas merupakan contoh gambar yang tidak mengandung unsur negatif dan berbahaya. Terlebih mempunyai pesan tersendiri.

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Penjelasan dan Tips Pengerjaan Tes Wartegg Psikotes dengan Contoh Soal Wartegg Test + Pembahasan

Back to Content


G. Tes Menggambar Orang


Tes Menggambar Orang  atau Draw a Person  (DAP) Test ini dikembangkan pada tahun 1926, yang pertama kalinya disebut Draw a Man Test. Lalu dalam perkembangannya tes yang hanya menggambar pria saja, diberikan pilihan untuk menggambar wanita juga. Sehingga disebut sebagai Tes Menggambar Orang  atau Draw a Person  (DAP) Test. Menggambar orang disini tidak dibatasi, baik menggambar orang beraktivitas atau sedang tidak.Baca aturan main dan belajar selengkapnya disini:  Tes Psikotes Menggambar Orang  / Draw a Person (DAP) Test

Berikut contoh soal gambar orang / menggambar orang beraktivitas dengan penilaian yang tinggi.

G.1 Contoh Soal Psikotes Menggambar Orang


Supaya kalian lebih paham, apa yang saya maksud diatas tadi, perhatikan gambar dibawah ini baik-baik ya.

Contoh gambar orang dan kunci jawaban + pembahasan soal psikotes

Pembahasan: lihat gambar diatas, memperlihatkan orang yang memiliki gender jelas, profesinnya dan aktivitas nya jelas meskipun tidak melihat deskripsinya. Usahakan gambar seperti diatas atau contoh saja, tapi sesuaikan dengan watak atau sifat kalian.

Lalu seperti gambar diatas, gambar bagian atas sampai bawah dengan proporsional, jangan berlebihan atau jangan ada yang dikurangi. berimbang saja.

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Penjelasan dan Contoh Tes Psikotes Menggambar Orang Beraktivitas / Draw a Person (DAP) Test + Rahasia Penilaiannya

Back to Content


H. Tes Menggambar Pohon


Draw a Tree Test (DAT) atau dalam bahasa Indonesia nya Tes Menggambar Pohon dikembangkan oleh Mr. Kohc Dan pertama kali dikenal sebagai Baum Test. Baum sendiri diambil dari Bahasa Jerman yang artinya pohon. Hal ini dikarenakan perkembangan Tes Menggambar Pohon ini berada di wilayah Eropa. Seperti halnya Tes Psikotes yang lain terutama Tes Menggambar Orang dan Tes Wartegg, dimana fokus utamanya bukan seberapa bagusnya gambar sahabat caraable. Tetapi untuk menilai kepribadian sahabat sekalian. Baca aturan main dan belajar selengkapnya disini: Tes Psikotes Menggambar Pohon Draw a Tree Test (DAT)

Berikut contoh soal psikotes tes menggambar pohon, perhatikan semua detail bagian gambar:

H.1 Contoh Soal Psikotes Menggambar Pohon


1. Petunjuk Pengerjaan
Gambar lah sebuah pohon yang berkayu, tidak jenis menjalar, bambu, dan kelapa.
Waktu hanya 10 menit untuk menggambar keseluruhan detail pohon
Deskripsikan gambar anda

Contoh gambar pohon dan kunci jawaban + pembahasan soal psikotes

Pembahasan: perhatikan gambar diatas, gambar diatas terlihat lengkap dari atas sampai bawah, mencerminkan sebuah pohon yang kokoh dengan batang yang lebar dan interprestasi yang sejuk dari daun yang banyak.

Dan jangan lupakan objek tambahan, seperti buah atau rumput, yang menjadi pelengkap di gambar ini.

Tapi kekurangan nya disini adalah ukuran gambar yang lebih kecil, bahkan hanya memakai 60% dari Kertas. Usahakan menggambar full dari bawah, jika masih ada tempat kosong diatas, bisa berikan awan, burung atau yang lainnya.

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Tes Psikotes Menggambar Pohon Mangga & Pohon Berkambium / Draw a Tree Test (DAT) + Rahasia Penilaiannya

Back to Content


I. Tes Menggambar Pohon, Rumah dan Orang


Tes  Gambar Orang, Rumah, Pohon Psikotes ini membutuhkan 3 objek untuk mengungkapkan kejujuran dari penggambar. 3 objek dipilih karena objek-objek tersebut paling dekat dengan kita, sejak kecil sampai dewasa. Memang benar, Tes ini menggabungkan 2 tes tersebut dan menambahkan 1 objek (rumah) kedalamnya. Tapi dari sudut pandang Caraable, tes ini mempunyai analisa sendiri dan bisa menjadi pelengkap antara Tes Gambar Pohon, Tes Wartegg atau Tes Gambar Orang yang sudah ada.

Secara Logika, kalau Tes ini ada dan dipakai maka bisa disimpulkan, perusahaan atau instasi mencari hasil analisa yang berbeda. Kalau tidak? Kenapa perlu mengembangkan tes lainnya kalau sudah ada tes yang sama. Baca aturan main dan belajar selengkapnya disini: Tes Gambar Orang, Rumah, Pohon Psikotes/ House Tree Person Test (HTP)
Berikut contoh soal / contoh gambar tes menggambar orang, pohon dan rumah

I.1 Contoh Soal Psikotes Tes Menggambar Pohon, Rumah dan Orang


1. Petunjuk pengerjaan
Gambar lah 3 objek dalam lembar kerja, yakni, orang, rumah dan pohon. Buat menjadi satu kesatuan dan satu sudut pandang. ( Tidak secara terpisah)
Anda memiliki waktu 10 menit.

Contoh gambar rumah, pohon dan orang. human tree person test dan kunci jawaban + pembahasan soal psikotes

Pembahasan: Lihat gambar diatas, gambar diatas sudah secara lengkap ada 3 objek dan objek tambahannya.

Dari sisi manusia, sudah bagus terlihat dari atas sampai bawah, tapi kekurangan nya adalah gambar orangnya tidak beraktivitas. Sehingga hanya seperti pajangan

Gambar pohon suda bagus, Dan menurut caraable tidak ada yang dikoreksi. Begitupun dengan gambar rumahnya.

Kalau mau dioptimalkan, mungkin bisa memberikan sentuhan gambar awan atau burung di bagian atas, sehingga gambar akan terlihat penuh dan lebih nyata.

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Tes Gambar Orang, Rumah, Pohon Psikotes/ House Tree Person Test (HTP) + Rahasia Penilaiannya

Back to Content


J. Tes Kraepelin/ Tes Koran


Nama dari Tes Kraepelin sendiri diambil dari nama founding father nya yakni Mr. Emil Kraepelin. Mr. Kraepelin sendiri merupakan salah satu warga Eropa yang bertempat di Jerman. Beliau juga merupakan seorang psikiater yang ahli dalam memahami psychologist dari manusia.

Apa bedanya Tes Kraepelin dengan Tes Koran?

Tes Koran sendiri merupakan sebutan dari orang Indonesia untuk Tes Kraepelin ini. Jadi tidak ada bedanya sahabat caraable. Hanya sebutan untuk memudahkan penyebutan bagi orang Indonesia.

Kenapa disebut Tes Koran?

Disebut Tes Koran karena soal atau tes nya menggunakan deretan Angka yang banyak, dan lembar jawaban atau lembar kerjanya sangat lebar, menyerupai Koran. Sehingga orang Indonesia menyebut Tes Koran. Baca aturan main dan belajar selengkapnya disini:  Tes Koran/ Tes Kraepelin Online

Berikut contoh soal psikotes Tes Kraepelin beserta link download soal tes kraepelin lengkap.

J.1 Contoh Soal Psikotes Tes Kraepelin / Tes Koran


1. Petunjuk Pengerjaan
Jumlahkan semua angka dibawah ini dari atas sampai bawah
Waktu anda hanya 30 detik untuk setiap deret
Anda hanya menuliskan angka satuan nya saja, jika hasilnya puluhan

Contoh soal psikotes Tes kraepelin dan kunci jawaban + pembahasan soal psikotes

Pembahasan: perhatikan Angka yang berada di kotak merah merupakan hasil penjumlahan antara Angka yang berdekatan atas dan bawah. Dan selanjutnya seperti itu.

Download Latihan Soal Tes Kraepelin/ Tes Koran file PDF:  Lembar Soal Tes Kraepelin dan Tes Pauli / Tes Koran

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Tips Rahasia Cara Mengerjakan Tes Koran/ Tes Kraepelin Online + Download Tes Koran Word/ PDF

Back to Content


K. Tes Pauli


Tes Pauli ini merupakan pengembangan dari Tes Kraepelin, atau yang biasanya disebut sebagai Tes Koran oleh orang Indonesia. Karena Tes ini menggunakan lembar kertas yang lebar menyerupai koran dan memiliki jumlah Angka yang padat.

Tes Pauli sendiri dikembangkan oleh Mr. Richard Pauli, tentunya pengembangannya dari Tes Kraepelin yang telah ditemukan oleh Mr. Emil Kraepelin. Dalam perkembangannya Tes Pauli ini disempurnakan agar mendapat data kepribadian seseorang yang lebih valid atau lengkap.

Lalu apa bedanya atau perbedaan Tes Pauli dengan Tes Kraepelin/ Tes Koran ini?

Jadi pada garis besarnya adalah sama, bahkan hampir keseluruhan tidak ada yang berbeda. Yang membedakannya disini adalah Tes Pauli ini menggunakan metode perhitungan dengan pola dari atas ke bawah, sedangkan Tes Kraepelin dari bawah ke atas. Baca aturan main dan belajar selengkapnya disini: Tes Pauli, Trik Lulus Tes Pauli + Contoh Tes Pauli

Berikut contoh soal tes pauli untuk lebih memahami, caraable memakai gambar untuk visualisasinya. Perhatikan contoh soal psikotes Tes pauli/ Tes Koran berikut.

K.1 Contoh Soal Psikotes Tes Pauli


1. Petunjuk pengerjaan
Kalian diminta menjumlahkan angka dari atas kebawah, Dan diletakkan di sebalah kanan
Kalau ada instruksi garis, anda harus mebubuhkan garis pada angka terakhir yang anda kerjakan
Jika waktu masih ada dan sudah selesai mengerjakan, minta lah lembar kerja tambahan

Contoh soal psikotes Tes pauli dan kunci jawaban + pembahasan soal psikotes


Pembahasan: perhatikan Angka di kotak merah. Angka tersebut merupakan hasil penjumlahan dari Angka disampingnya. Dan juga perhatikan angka yang ada garis bawahnya, itu adalah instruksi garis pada saat penjumlahan itu dikerjakan. Dan selalu ingat Tes Pauli mengerjakannya dari atas ke bawah, dan Tes Kraepelin dari bawah keatas dan tidak ada instruksi garis.

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Tes Pauli : Membongkar Rahasia Trik Lulus Tes Pauli + Contoh Tes Pauli dengan Pembahasan Lengkap

Download Latihan Soal Tes Pauli file PDF:  Lembar Soal Tes Kraepelin dan Tes Pauli / Tes Koran

Back to Content


L. Tes Army Alpha Intelegence


Tes Army Alpha Intelegence ini mudah dipahami secara langsung, ketika melihat contoh soal pasti langsung mengerti. Tapi yang membuat nya susah adalah perintah pertanyaan nya.

Apa yang susah dari perintah tersebut?

Jadi anda akan diinstruksikan dengan sebuah instruksi panjang lebar, dan kalian hanya boleh mengeksekusi instruksi tersebut hanya 5 detik. Lewat dari itu, berarti anda gagal di satu pertanyaan tersebut.

Tujuan dari perintah atau instruksi itu apa?

Jadi secara umum Tes Army Alpha Intelegence  menilai kemampuan kita dalam segi kosentrasi, kemampuan berfikir dan kejelian kita. Dari berbagai instruksi tersebut, juri akan bisa melihat bagaimana kemampuan kalian mengikuti perintah. Baca aturan main dan belajar selengkapnya disini: Tes Army Alpha Intelegence

Berikut contoh soal Tes Army Alpha Intelegence beserta pembahasannya.

L.1 Contoh Soal Psikotes Tes Army Alpha Intelegence


1. Petunjuk Pengerjaan
Dengarkan instruksi dari panitia.
Setiap soal hanya mendapatkan 5 detik untuk menjawabnya.
Soal dijawab, setelah panitia bilang mulai.
Dan berhenti menjawab, saat panitia bilang stop.

Soal: 
Coretlah angka yang bersifat ganjil dan memiliki huruf didalamnya.
Jika ada angka ganjil diatas 6, maka coret juga.

Contoh soal psikotes Tes army alpha intelegence dan kunci jawaban + pembahasan soal psikotes

Pembahasan:
Instruksi pertama mencoret yakni "3P" karena angka ganjil "3" dan memiliki huruf "P".
Lalu instruksi kedua, maka yang dicoret adalah angka 7 dan 9 (karena lebih dari 6, sesuai instruksi)

Seperti itulah, maka subjek lainnya tidak dicoret karena tidak ada instruksi yang mengharuskannya.

Note: Ingat berfikir dan mencoret angka hanya dalam waktu 5 detik saja.

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Tips Rahasia dan Contoh Soal Tes Army Alpha Intelegence dengan Pembahasan + Army Alpha Test Download PDF

Back to Content


M. Tes Karakteristik Pribadi


Tes Karakteristik Pribadi adalah tes mengenai kepribadian seseorang. Tes Karakteristik Pribadi atau juga dikenal dengan sebutan TKP ini merupakan salah satu tes yang sering ditemui dalam Tes CPNS, Tes Stan ataupun saat melamar pekerjaan di perusahaan.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) merupakan jenis tes yang bersifat Non-kognitif, dikarenakan memang tidak ditujukan untuk Tes Intelegence seseorang. Sehingga karena alasan tersebut pertanyaan yang diberikan lebih bersifat personal atau masing-masing kepribadian individu.

Tujuannya apa tes kepribadian ini?

Tea ini lebih menekankan kejujuran, kelebihan dan kekurangan sahabat semua. Kejujuran didapatkan ketika sahabat menjawab soal sebuah isu yang sama dengan jawaban yang berbeda, karena beberapa pertanyaan saling berhubungan. Sehingga konsisten  dalam menjawab adalah hal yang penting disini. Baca aturan main dan belajar selengkapnya disini: Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Caraable akan sedikit memberikan contoh atau gambaran tekait bagaimana contoh soal dari Tes Karakteristik Pribadi CPNS/ TKP CPNS dan bagaimana menjawabnya sebagai pembahasannya.

M.1 Contoh Soal Psikotes Tes Karakteristik Pribadi


1. Jika anda memiliki rencana besar yang sudah lama, tapi dirusak oleh hal-hal sepele, maka...

A.  Sedih, karena menganggap bagaimana hal sepele bisa merusak rencana besar anda.
B. Marah dan melampiaskan ke semua orang yang anda temui.
C. Uring uringan seharian, tidak mau keluar kamar.
D. Mencoba berfikir jernih, dan mengevaluasi semuanya dari awal.
E. Melihat masalahnya disebabkan oleh siapa, dan meminta pertanggung jawaban.

Pembahasan:
Jawaban dengan Poin 5 adalah jawaban D, karena sahabat caraable menunjukkan bahwa sahabat bisa menenangkan diri sendiri menghadapi maslah berat dan langsung bangkit dari keterpurukan. Jadi pilihan jawaban D adalah jawaban yang paling bijak.

Jawabannya: D. Mencoba berfikir jernih, dan mengevaluasi semuanya dari awal.


2. Pimpinan anda memberikan semua pegawainya untuk menyelesaikan semua pekerjaan pada tanggal 20 bulan ini, maka....

A. Akan memaksimalkan dan fokus untuk menyelesaikan pada tanggal 19, sehari sebelum deadline.
B. Meminta Izin untuk agak sedikit terlambat, karena banyaknya tugas lain yang masih menumpuk.
C. Menyelesaikan pas pada tanggal 20.
D. Meminta bantuan teman untuk membagi tugas anda agar deadline terpenuhi.
E. Tidak peduli dengan deadline, karena anda memikirkan kualitas dari hasil, sehingga sedikit lama untuk hasil terbaik tidak menjadi masalah.

Pembahasan: 
Pertanyaan Nomer 2 ini lebih sulit dibanding nomer 1, karena setiap jawaban memiliki sisi kebenaran dan realistis. Sehingga akan susah memikirkan jawaban dengan poin 5.

Jawaban dengan poin 5 adalah menyelesaikan semua pekerjaan sehari sebelumnya, agar memiliki waktu untuk mengkoreksi. Dan juga ini menunjukkan bahwa sahabat memiliki management waktu yang baik, karena selesai sebelum tenggat deadline yang diberikan.

Jawabannya: A. Akan memaksimalkan dan fokus untuk menyelesaikan pada tanggal 19, sehari sebelum deadline.


3. Pimpinan anda sedang melakukan korupsi sebuah projek, dan anda satu-satunya orang yang mengetahui hal tersebut, maka...

A. Dalam hati tidak setuju dengan apa yang dilakukan pimpinan
B. Melaporkan ke pihak yang berwenang
C. Tidak peduli, karena anda tahu, posisi anda trancam
D. Menjauhkan diri, tidak ingin tersangkut kasus
E. Menganggap sudah lumrah

Pembahasan:
Jawaban yang paling sesuai adalah jawaban B, ini menunjukkan bahwa Integritas anda terhadap kemajuan perusahaan, bukan perorangan atau semacamnya. Ini juga menunjukkan bahwa anda berani menghadapi semua orang yang bersalah, meskipun itu pimpinan.

Jawabannya: B. Melaporkan ke pihak yang berwenang

Download Soal Tes Karakteristik Pribadi PDF: Download Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi dan Pembahasannya .pdf

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Belajar Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Dengan Contoh Soal + Pembahasan 

Back to Content


N. Tes Intelegensi Umum


Tes Intelegensi Umum adalah tes yang mengukur kemampuan sahabat dalam berfikir logis, pemecahan masalah numerikal dan pembendaharaan bahasa Indonesia menurut KBBI. Jika Tes Wawasan Kebangsaan membutuhkan daya ingat untuk bisa menjawab soal tes. Sedangkan Tes Intelegensi Umum mengharuskan sahabat harus benar-benar memahami materi untuk bisa menjawab soal, tidak hanya sekedar menghafal saja. Baca aturan main dan belajar selengkapnya disini: Tes Intelegensi Umum/ TIU CPNS

Berikut contoh soal Tes Intelegensi Umum CPNS atau untuk melamar pekerjaan lainnya. Contoh sial TIU CPNS akan diberikan secara random.

N.1 Contoh Soal Psikotes Tes Intelegensi Umum


1. Jenggala =.......

A. Padang Pasir
B. Hutan
C. Tanah Luas
D. Persawahan

Pembahasan:
Sinonim merupakan salah satu soal yang tidak bisa dianalisa keculai berhubungan dengan kata serapan, karena itu kalianmaka sahabat caraable harus memperbanyak pembendaharaan dan menghafal  kataa-kata yang ada  di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Selain cara itu kalian bisa memerbanyak latihan soal untuk melengkapi latihan sahabat.

Jawaban: B. Hutan


2. Abun-abun >< ......

A. Kenangan
B. Mimpi
C. Langit-langit rumah
D. Angan-angan

Pembahasan: Jika sahabat caraable menemui kata seperti diatas, maka sahabat caraable tidak bisa dengan mengarangnya, karena memang sifat kata yang jarang digunkan oleh kebanyakan orang. maka sahabat caraable  harus memperbanyak hafalan kata dari Kamus Besar bahasa Indonesia. Dikarenakan memang kunci Tes Psikotes Verbal adalah jenis soal yang harus memperbanyak pembendarahaan kata.

Jawaban: D. Angan-angan



3. Melihat:Melirik = Membawa:........

A. Menyentuh
B. Mengangkat
C. Menjinjing
D. Menggendong

Pembahasan: Shabat haru tahu 7 pola dalam jenis soal ini, kalau belum tahu, silahkan dipelajari lebih dahulu disisni, Tes Psikotes Verbal Bagian Analogi. Untuk langkah pertama lihat klue yang diberika pada rangkaian kata pertama, setelah itu tentukan masuk pada pola yang mana. Caraable melihat ini masuk dalam pola  " Definisi", Melihat memiliki makna yang berdekatan dan hampir sama dengan Melirik, sedangkan Membawa juga memiliki arti yang sama dengan Menjinjing.

Jawaban: C. Menjinjing


4. Jawablah Pertanyaan dibawah ini

-Setiap mahasiswi yang lulus kuliah akan mendapatkan gelar.
-Amel Lulus kuliah tahun ini.
-.........?

A. Amel adalah Mahasiswi
B. Amel tahun ini Lulus kuliah
C. Amel tidak menerima gelar apapun
D. Amel akan mendapatkan gelar tahun ini

Pembahasan: Ini merupakan bagian dari Penalaran Langsung, jika kita berpijak pada rumus Penalaran Langsung diatas maka pemecahannya seperti ini. Jika O merupakan bagian dari A, Dan X bagian dari O. Maka X merupakan bagian O juga.

Premis 1: Setiap mahasiswi yang lulus kuliah akan mendapatkan gelar.
Premis 2: Amel lulus kuliah tahun ini.
Kesimpulan: Amel akan mendapatkan gelar tahun ini

Jawaban: D. Amel akan mendapatkan gelar tahun ini


Note:  
Jika masih bingung silahkan lihat penjelasan materi dan lebih banyak contoh soal, melalui link dibawah ini:  Tes Psikotes Penalaran Logika Deduksi


5. Jawablah pertanyaan dibawah ini.  
Berikut perbandingan jadwal kedatangan transportasi laut dengan transportasi udara yang sama-sama dari Jakarta ke Surabaya. Jika transportasi udara dari Jakarta ke Surabaya membutuhkan waktu sampai pada pukul 14.00 WIB, untuk sampai di SBY memakan waktu 15 jam. Pukul berapakah sampai di SBY,  jika menggunakan transportasi Udara dengan keberangkatan pada jam yang sama Dan selisih waktu antara transportasi udara dan laut sebanyak 13 Jam?

A. 14.00
B. 16.00
C. 18.00
D. 17.00
E. 21.00

Pembahasan:
-Lama perjalanan menggunakan transportasi laut 15 jam
-Lama perjalanan transportasi udara, 15 - 13 = 2 jam.
-Jika berangkat dari Jakarta pukul 14.00 maka sampainya pukul 16.00, karena lama waktu perjalanan cuma 2 jam

Jawaban: B. 16.00

Note:
Jika masih bingung silahkan lihat materi dan contoh soal lainnya di: Tes Psikotes Penalaran Logika Analisis


6. Cari nomer yang hilang

3, 6, 4, 8, 6, ...

A. 9
B. 7
C. 10
D. 5
E. 12

Pembahasan: Tentukan dahulu polanya lebih dahulu, biar lebih mudah hitung perbedaan Angka disetiap angkanya. Setelah semua dihitung, ditemukan ada pola yang sama. Yaitu: bertambah dan berkurang.

Contoh soal tes intelegensi umum cpns deret angka

Jadi bisa dikatakan ini merupakan 1 Larik dan jawaban yang benar adalah Angka 12.

Jawaban: E.12


Note:
Jika masih bingung silahkan lihat penjelasan materi dan lebih banyak contoh soal, melalui link dibawah ini: Tes Psikotes Numerikal Deret Angka


7. Pertanyaan TIU gambar

Contoh soal tes intelegensi umum cpns bagian Intelegensi umum gambar

Pembahasan: perhatikan gambar kecil dibagian kanan, setiap perubahan gambar selanjutnya mengikuti gambar kecil di sebelah kanan tersebut. Lalu gambar kecil itu diputar dan dijadikan gambar yang berukuran lebih besar di gambar sebelah kiti. Sehingga kemungkinan besar jawaban yang paling tepat adalah C. Jika masih bingung silahkan pahami dulu materi dan contoh soal lainnya di Tes Psikotes Penalaran Figular Deret Gambar dan Huruf.


Jawaban: C


Download file latihan Soal TIU CPNS disini:  150++ Soal Tes Intelegensi Umum PDF (File Available)

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Belajar Tes Intelegensi Umum/ TIU CPNS + Contoh Soal dan Pembahasan PDF

Back to Content


O. Tes Wawasan Kebangsaan


Tes Wawasan Kebangsaan adalah salah satu tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang menguji pengetahuan kita dalam bidang, sejarah, ideologi, nasionalisme dan lainnya. Semua bidang tersebut akan menguji kemampuan hafalan dan ingatan kita.

Tes Wawasan Kebangsaan CPNS memiliki 30 dari 100 pertanyaan dalam SKD CPNS. Sama seperti yang dijelaskan sebelumnya, tes ini akan menguji kenegaraan dan jiwa nasionalisme sahabat caraable. Meskipun materinya luas dan banyak, tapi masih dibantu dengan adanya kisi-kisi yang membantu pelajaran TWK yang mana yang harus banyak dipelajari. Baca aturan main dan belajar selengkapnya disini: Belajar Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Berikut contoh soal psikotes Tes Wawasan Kebangsaan TWK, yang biasanya masuk dalam seleksi CPNS.

O.1 Contoh Soal Psikotes Tes Wawasan Kebangsaan


1. Pancasila disahkan pertama kali oleh PPKI sebagai dasar negara Indonesia pada tanggal?

Pembahasan: Satu hari setelah kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tanggal 18 Agustus 1945, melalui sidang resmi PPKI  membahas, menyempurnakan dan mensahkan pancasila sebagai pondasi Negara Indonesia.

Jawabannya: 18 Agustus 1945


2. Konstitusi Indonesia (UUD 45) dalam konteks klasifikasinya masuk dalam klasifikasi?

Pembahasan: Konstitusi dari negara kesatuan Indonesia dikenal sebagai UUD 1945. Dimana perumusannya memiliki sejarah yang panjang. Klasifikasi UUD 45 memiliki klasifikasi tertulis, fleksibel dan rigid. Tertulis karena terdokumentasikan secara tertulis. Fleksibel karena konstitusi hanya memuat 37 pasal dan bisa dirubah mengikuti perkembangan zaman. Rigid karena hal yang susah untuk merubah setiap bagian nya.

Jawabannya: Konstitusi bersifat tertulis, fleksibel dan rigid.


3. Kekuasaan tidak berasal dari kekuasaan yang lebih tinggi adalah pengertian dari?

Pembahasan: Menurut Jean Bodin, Kekuasaan adalah sebuah hal asli, karena kekuasaan tidak berasal dari kekuasaan lain yang lebih tinggi. Kekuasaan merupakan hal yang paling dasar.

Jawabannya: Kekuasaan Asli


4. Pemberontakan PKI di Madiun dipimpin oleh?

Pembahasan: Pemberontakan PKI pertama terjadi di Madiun yang dipimpin oleh Amir dan Muso. Pemberontakan ini adalah upaya mengganti NKRI menganut sistem kominesme. Ini adalah bentuk pengkhianatan untuk Negara Indonesia.

Jawabannya: Dipimpin oleh Amir dan Muso.


5. Sekretariat ASEAN berada di?

Pembahasan: Pada Konverensi Tingkat Tinggi di Bali tahun 76, di ciptakan sebuah perjanjian dan ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri. Perjanjian tersebut dikenal sebagai Agreement on The Establishment ASEAN Secretariat yang berisi bahwa sekretariat ASEAN berada di Jakarta, Indonesia.

Jawabannya: Letaknya di Jakarta, Indonesia.

Download Soal Tes Wawasan Kebangsaan PDF: 100+ Latihan Soal Tes Wawasan Kebangsaan

Note:
Jika masih bingung, lebih lengkap nya disini: Belajar Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) Dengan Contoh Soal + Pembahasan PDF


Back to Content


P. Tes Kepribadian


Tes Kepribadian sering sekali diterapkan untuk mengukur potensi diri seseorang. Tes kepribadian biasanya digunakan saat proses rekrutmen kerja, seleksi CPNS, seleksi masuk sekolah favorite, seleksi STAN, DLL. Dalam Tes kepribadian banyak macamnya dari Tes kepribadian MBTI, Tes Karakteristik Pribadi CPNS, Tes kepribadian gambar, bahkan ada Tes kepribadian Cinta. Semua tes tersebut ditujukan untuk mengetahui Tes kepribadian diri dari potensi tersembunyi, sifat dan lainnya.

Tes kepribadian online adalah alternatif terbaik untuk sahabat yang berada di daerah yang jauh dari instansi penyedia jasa tes. Kebanyakan tes kepribadian online bersifat gratis, sahabat hanya diwajibkan membuat sebuah akun di laman web nya. Tes kepribadian MBTI adalah tes kepribadian online yang cukup terkenal. Belajar selengkapnya disini: Tes Kepribadian

Sahabat caraable bisa akses Tes kepribadian online melalui link dibawah ini:

  1. Tes Kepribadian MBTI Online Gratis (Click)
  2. Tes Kepribadian Diri Online (Click)
  3. Tes Kepribadian Cinta Online (Click) PW: Caraable.com
  4. Tes Kepribadian Psikologi Online (Click)

Note:
Jika masih bingung tentang Tes Kepribadian, silahkan pelajari lebih lengkap nya disini: Tes Kepribadian : Kumpulan Tes Kepribadian Diri Online Lengkap + Pembahasan

Back to Content


Download Contoh Soal Psikotes


Download contoh soal psikotes ini tidak semua (27 materi) ada fasilitas download contoh soal. Beberapa ada file untuk didownload, dan beberapa lainnya tidak ada. File masih dalam tahap pembuatan untuk melengkapi daftar download contoh soal psikotes 27 materi Psikotes. Untuk sekarang, berikut beberapa file yang bisa didownload.
  1. 100+ Latihan Soal Tes Wawasan Kebangsaan  (File Available)
  2. 150++ Soal Tes Intelegensi Umum PDF (File Available)
  3. Download Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi dan Pembahasannya .pdf (File Available)
  4. Lembar Soal Tes Kraepelin dan Tes Pauli / Tes Koran

Untuk Materi Psikotes yang belum ada fasilitas download contoh soal psikotes nya, sahabat bisa menggunakan contoh soal diatas. Mungkin terbatas, tapi setidaknya sedikit membantu memberikan pemahaman agar lulus tes psikotes atau agar lulus tes CPNS.


Itu semua adalah contoh soal Tes Psikotes dari 27 materi. Jika mau membaca perposting dari 27 materi secara pisah-pisah, silahkan akses melalui link ini: Master Guide Psikotest (Recommended)


Salam,
Caraable.


Back to Content


Note: 
Jika sahabat caraable memiliki pertanyaan seputar contoh soal psikotes dari 27 materi diatas, baik contoh soal psikotes gambar, contoh soal psikotes Verbal, numerikal, vigural, Deret Angka, Deret Gambar, TKP, TWK dan TIU, bisa di sampaikan lewat komentar. Usahakan juga download contoh soal psikotes yang sudah disediakan dengan format file PDF agar lebih paham lagi.
Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "27 Materi Psikotes : Contoh Soal Psikotes + Pembahasan Agar Lulus Tes Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel