-->

Perawatan Rambut : Efek Keramas/ Mencuci Rambut Setiap Hari (Info dari Dokter)

Informasi dari dokter mengenai perawatan rambut yang menjelaskan efek keramas atau mencuci rambut setiap hari bagi kesehatan rambut dan kepala. Ditambah informasi terkait perawatan rambut kering.


Caraable.com -- Perawatan rambut adalah hal yang penting bagi sebagian banyak orang, tidak hanya untuk wanita, tetapi juga untuk kaum laki-laki. Perawatan rambut yang paling sederhana adalah dengan keramas dengan berbagai macam produk shampoo sebagai pilihannya. Perawatan rambut dengan cara keramas setiap hari atau terlalu sering juga akan menimbulkan efek.

Efek keramas setiap hari memang masih simpang siur, apakah itu hal yang berbahaya bagi kondisi rambut atau malah memberikan manfaat karena keramas setiap hari. Caraable akan mencoba membahas seputar perawatan rambut, apakah ada manfaat keramas setiap hari atau tidak.

Info ini didapatkan dari tanya jawab antara saya pribadi dengan seorang dokter yang memang ahli dalam hal ini. Jadi info yang didapatkan atau tips seputar perawatan rambut bisa dipercaya. Meskipun begitu, konsultasi satu orang tidak bisa menjadi obat/ solusi bagi semua orang, tentu hal yang bijak jika sahabat juga berkonsultasi dengan dokter, terlebih perawatan rambut kering dan bercabang.

Berikut poin penting yang akan dibahas kali ini:


Membasahi Rambut Setiap Hari


Sudah menjadi kebiasaan banyak orang Indonesia selalu membasahi rambut setiap waktu, baik tujuannya agar segar atau merapikan rambut. Kebiasaan ini sudah sangat melekat pada setiap orang, terlebih pada orang yang beragama Islam yang diwajibkan membasahi rambut dengan air setiap harinya. Yup, membasahi rambut setiap hari disini tanpa menggunakan shampoo atau hanya membasahi dengan air saja.

Lalu apakah ada akibat sering membasahi rambut setiap hari dengan air baik dalam segi perawatan rambut?

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh seorang Dokter, di dapatkan kesimpulan bahwa akibat sering membasahi rambut hanya dengan air (tanpa shampo) memiliki akibat ke rambut dan kulit kepala. Tetapi efek yang ditimbulkan adalah efek positif. Membasahi rambut setiap mandi atau mengambil air wudhu malah baik untuk membantu melembabkan rambut. Selain itu juga memberikan efek segar pada kepala. Sehingga isu mengenai akibat sering membasahi rambut hanyalah seputar mitos.

Meskipun begitu, sahabat tidak boleh mengeringkan rambut dengan hair dryer, karena memberikan efek negatif kedepannya. Biasakan agar rambut kering secara alami tanpa menggunakan alat pengering atau semacamnya. Dengan cara tersebut tidak akan ada efek atau ekibat apapun yang timbul.

Back to Content


Manfaat Keramas Setiap Hari


Manfaat keramas setiap hari adalah hal yang terlalu berlebihan, karena sebaik apapun bahan kimia jika terlalu berlebihan akan menimbulkan dampak yang kurang baik. Bahkan menurut pandangan dokter, orang yang memiliki rambut kering, dalam perawatan rambut nya disarankan agar hanya keramas 2x sampai 3x dalam seminggu, itupun dengan catatan sampo yang digunakan sesuai dengan jenis kulit.

Pada kesimpulan nya manfaat keramas setiap hari tidak ada (kecuali memiliki kondisi tertentu). Untuk lebih pastinya, sahabat bisa menanyakan jenis perawatan rambut terbaik baik untuk rambut kering, bercabang, rusak atau bahkan mengembang langsung ke dokter. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda dan jelas dengan solusi yang berbeda-beda pula.

Lalu apakah keramas setiap hari bisa memanjangkan rambut?

Seperti yang caraable coba jelaskan diatas, apapun hal yang berlebihan akan malah menimbulkan hal yang malah tidak diinginkan. Keramas untuk memanjangkan rambut adalah hal yang tidak diperlukan, karena tanpa atau dengan keramas, rambut akan tetap memanjang sebagaimana mestinya dengan ukuran yang sama. Meskipun produk sampo memberikan nutrisi pada kulit kepala, tapi caraable belum menemukan pendapat yang pasti terkait keramas setiap hari dapat memanjangkan rambut dibandingkan memanjangkan rambut tanpa keramas.

Baca Juga: Bagian Jeroan Ayam dan Jeroan Sapi Paling Dilarang Dimakan ( Info Dokter Ahli )

Back to Content


Efek Keramas Setiap Hari


Efek keramas setiap hari bisa menyebabkan hilangnya pelembab alami rambut, dan akan merusak rambut. Meskipun keramas adalah cara sederhana untuk perawatan rambut agar terlihat bersih dan sehat, malah menimbulkan efek negatif kedepannya. Sering keramas akan membuat seseorang akan merasa bahwa kulit kepala nya sering gatal dan seperti kencang yang akhirnya menghilangkan pelembab alami rambut.

Baca Juga: 3 Bahaya Onani/ Mengocok/ Ngocok Paling Besar dan Berbahaya dibanding lainnya

Kalau sering keramas berefek negatif, apakah jarang keramas baik bagi rambut?

Tidak, bukan berarti saat Caraable bilang adanya efek negatif keramas setiap hati membuat jarang keramas menjadi positif. Jarang keramas pun menimbulkan efek negatif, yakni menyebabkan munculnya ketombe, kulit kepala berminyak dan rambut akan terlihat Kotor. Cara yang paling ampuh adalah menjadwal keramas dalam seminggu, semisal 2-3x dalam seminggu atau bisa dikonsultasika  terlebih dahulu dengan dokter agar mendapat kan jadwal keramas terbaik untuk jenis kepala dan rambut sahabat.



Back to Content


Perawatan Rambut Kering


Perawatan bagi seseorang yang berambut kering adalah dengan cara melembabkan rambut sesering mungkin. Disarankan oleh dokter perawatan rambut kering adalah dengan cara keramas 3x dalam seminggu dan dibilas dengan air hangat. Setelah membilas dengan air hangat pakailah conditioner sebagai pelengkap nya. Jika mau lebih maksimal lagi, gunakan vitamin rambut untuk menguatkan rambut. Serta usahakan agar tidak terlalu banyak bergadang dan tidur malah gari tepat waktu.

Baca juga: Tidur Malam Hari Diganti Pagi Hari, Apakah Sama? Berikut Penjelasan Dokter yang Mengejutkan

Hal yang perlu dicatat disini adalah shampoo yang digunakan harus sesuai dengan jenis kulit kepala dan rambut sahabat. Sedangkan untuk menjaga kelembapan rambut, sahabat bisa membilas rambut dengan air sesering mungkin, karena itu baik bagi rambut. Tapi jangan menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya.

Itu adalah seputar perawatan rambut bagian 1 akan ada bagian keduanya, sahabat bisa mengaksesnya nanti di sini Kumpulan Cara Merawat Rambut Terbaik Tanpa ke Salon u/ Rambut Kering Rusak, Rontok, & Mengembang. Semoga informasi tentang perawatan rambut dapat bermanfaat bagi sahabat.

Salam,
Caraable.

Back to Content


Note:
Jika sahabat memiliki pertanyaan seputar Perawatan Rambut : Efek Keramas/ Mencuci Rambut Setiap Hari silahkan tanya melalu laman komentar. Baik itu perawatan rambut bagi pria atau wanita.
Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perawatan Rambut : Efek Keramas/ Mencuci Rambut Setiap Hari (Info dari Dokter)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel