-->

Cara Merawat Rambut Terbaik Tanpa ke Salon u/ Rambut Kering Rusak, Rontok, & Mengembang

Puluhan rahasia cara terbaik merawat rambut tanpa perlu ke Salon secara alami untuk mengatasi rambut kering, rontok, rusak, keriting, panjang dan meluruskan rambut (Smoothing) untuk pria dan wanita.

Caraable.com -- Merawat rambut adalah hal yang sangat penting untuk sebagian banyak orang, baik untuk kesehatan/ sebatas penampilan. Tetapi kebanyakan orang tidak tahu bagaimana cara merawat rambut yang dapat dilakukan sehari-hari tanpa perlu ke Salon, dan ini akan menjadi pembahasan kali ini. Cara merawat rambut tidak boleh asal-asal, karena efeknya yang berbahaya, dari membuat rambut rusak, kering bahkan masalah kesehatan yang lebih serius. Bahkan efek keramas setiap hari pun tidak bagus bagi kesehatan.

Efek kesehatan memang tidak langsung terdampak, tapi jika dibiarkan akan menjadi bahaya kedepannya. Bahkan penampilan juga akan terganggu, hal ini berlaku untuk pria ataupun wanita. Cara merawat rambut pria dan wanita tidak memiliki perbedaan, mungkin perbedaan nya terletak perawatan rambut pria tidak sekompleks wanita.

Hal yang wajar karena rambut bagi seorang wanita memiliki peran besar bagi penampilannya, tentunya agar terlihat menarik. Tapi karena perawatan yang salah menjadikan rambut semakin rusak, rontok bahkan mengakibatkan rambut kering. Karena hal tersebut, caraable ingin memberikan informasi bagaimana cara merawat rambut secara alami agar tidak rusak, tentunya bisa diaplikasikan ke pria atau wanita.

Berikut ini beberapa poin penting dalam pembahasan kali ini mengenai berbagai cara merawat rambut di berbagai masalah.

Cara Merawat Rambut Kering


Rambut kering terkadang menjadi masalah sendiri bagi seseorang, terutama dalam segi penampilan. Sebenarnya cara merawat rambut kering cukup mudah, intinya kita harus menjaga kelembapan rambut. Hal ini dikarenakan orang yang memiliki tipe rambut kering, tidak memiliki kelembapan pada tingkat normal, karena hal tersebut disebut dengan rambut kering.

Lalu bagaimana cara merawat rambut kering yang tepat secara alami?

Berdasarkan informasi yang Caraable dapatkan dari salah satu Dokter, perawatan rambut kering cukup mudah, dan tidak perlu ke Salon untuk mengobatinya. Simak beberapa hal berikut ini:

  • Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah jenis sampo, pastikan menggunakan sampi sesuai dengan jenis / tipe rambut kering.
  • Kedua, biasakan keramas sebanyak 2-3x dalam seminggu, tujuannya untuk menjaga kelembapan rambut.
  • Ketiga, gunakanlah air hangat untuk mebilasnya.
  • Keempat, pakailah conditioner setelah keramas untuk memaksimalkan hasil.
  • Keempat, biarkan rambut kering secara alami.
  • Kelima, perhatikan asupan makanan yang baik buat rambut.

Lalu apa yang harus dihindari agar tidak memperparah rambut kering?
  • Jangan pakai Hair Dryer.
  • Jangan pakai catokan rambut.
  • Jangan menggunakan sampo yang tidak sesuai jenis atau tipe rambut.
  • Usahakan agar tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari, solusi terbaik adalah memakai topi.


Back to Content


Cara Merawat Rambut Rontok


Rambut rontok hampir banyak akan dirasakan oleh banyak orang, tidak hanya orang tua, bahkan kaum milineal pun bisa mengalami rambut rontok ini. Hal ini dikarenakan cara merawat rambut yang salah sehingga mengakibatkan rambut jadi rontok, terutama untuk wanita yang sering bereksperimen dengan mewarnai rambut dan menggunakan alat-alat rambut yang sudah jelas buruk bagi rambut.

Lalu bagaimana cara merawat rambut rontok agar kembali sehat lagi?

Cara merawat rambut rontok dipilihkan dengan cara yang alami agar tidak menimbulkan efek samping kedepannya. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan rambut rontok.

  • Hindari mengikat/ menguncit/ menarik rambut secara kencang baik kebelakang atau kearah manapun.
  • Biasakan juga untuk tidak mengepang rambut, usahakan rambut terurai secara alami.
  • Saat mensisir atau menggunakan sisir jangan terlalu kasar, gunakan secara lembut. (gunakan sisir yang gigi nya jarang atau sedikit renggang)
  • Gunakanlah sampo sesuai dengan jenis rambut, jangan gunakan sampo yang selama penggunaan nya menimbulkan efek samping.
  • Saat keramas, biasakan untuk tidak menarik rambut secara kasar.
  • Hindari penggunaan peralatan elektronik yang berlebihan seperti Hair Dryer, Catokan dan semacamnya.
  • Makanlah asupan makanan yang bergizi yang membuat rambut jadi sehat dan panjang.


Back to Content


Cara Merawat Rambut Smoothing


Smoothing adalah salah satu teknik untuk meluruskan rambut, biasanya orang memiliki rambut keriting dan rambut kusut yang memakai teknik smoothing ini. Tetapi kebanyakan smoothing rambut tidak dapat bertahan lama atau bakal kembali ke Awal. Tetapi ada beberapa tips dan cara merawat rambut smoothing agar tahan lama lurusnya.

Lalu bagaimana agar rambut smoothing bertahan lama lurusnya?

  • Jangan langsung keramas setelah melakukan smoothing pada rambut. Ini adalah cara dasar untuk merawat rambut smoothing yang sering dilupakan.
  • Gunakan conditioner setelah keramas agar menjaga kelembutan rambut.
  • Jangan menggunakan hair dryer
  • Lebih baik menggunakan sisir dari kayu yang bergigi agak renggang, agar rambut tidak rontok.
  • Jangan terbiasa untuk mengikat, menguncit dan mengepang rambut.
  • Jangan memakai catokan, malah rambut akan semakin kering.
  • Rutin untuk Trim rambut 
  • Jangan mewarnai rambut terlebih dahulu
  • Perhatikan alas tidur, pastikan alas tidur bersih dan lembut.
Baca juga: Perawatan Rambut : Efek Keramas/ Mencuci Rambut Setiap Hari (Info dari Dokter)

Dengan cara diatas, rambut smoothing akan tetap terjaga. Sebaiknya cara merawat rambut smoothing yang tepat seperti diatas dilakukan dengan memberikan asupan bergizi ke rambut, seperti menggunakan minyak zaitun, menambahkan asupan minyak omega 3 dan protein.

Back to Content


Cara Merawat Rambut Rusak


Rambut rusak berbeda dengan rambut rontok, rambut rusak ini diakibatkan karena perawatan yang salah atau menggunakan produk perawatan rambut yang tidak sesuai. Rambut rusak akan membuat sahabat caraable tidak PD untuk bertemu orang karena rambut akan terlihat kusam dan warnanya tidak hitam pekat, seperti warna rambut pada umumnya.

Lalu bagaimana cara merawat rambut rusak secara alami agar sehat?

Merawat rambut rusak tidak boleh main-main, sahabat caraable setidaknya pernah berkonsultasi dengan dokter agar tidak salah melakukan perawatan rambut. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan merawat rambut rusak:

  • Menggunakan Minyak Esensial, minyak ini memiliki pengaruh yang cukup baik untuk rambut dan sekaligus memberikan efek harum ke rambut saat menciumnya. Minyak Esensial ini dipercaya dapat mengobati atau cara merawat rambut rusak.  Minyak Almond dan Minyak Kelapa merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi rambut yang rusak.
  • Asupan yang Bergizi, asupan sehari-hari akan menjadi pelengkap untuk merawat rambut secara alami tanpa bahan kimia satupun. Hal ini dikarenakan apa yang kita makan, akan disalurkan ke seluruh bagian tubuh, termasuk rambut. Sehingga hal yang penting untuk memenuhi asupan yang bergizi sebagai upaya untuk merawat rambut rusak juga. Seperti halnya asupan protein akan menguatkan rambut, asupan asam lemak omega 3 untuk melembabkan rambut, dan asupan zat besi untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Lalu apa ada yang harus dihindari dalam merawat rambut rusak agar tidak semakin rusak lagi?

  • Usahakan sahabat saat motong atau mengunting rambut, jangan gunakan gunting yang tumpul, karena akan membuat rambut semakin rusak lagi, seperti bercabang, kering dan semacamnya.
  • Jangan menggunakan pewarna rambut atau mewarnai rambut, bisa mengakibatkan rambut kusam dan menghilangkan kelembapan rambut.
  • Jika masih berlanjut, jangan menunda-nunda untuk berkonsultasi ke dokter.


Back to Content


Cara Merawat Rambut Keriting


Rambut kering memiliki tantangan sendiri bagi pemiliknya, karena susahnya mengatur gaya rambut keriting. Selain itu rambut keriting ini sangat mudah kusut dan jelas akan membutuhkan waktu lebih untuk mensisir rambut keriting agar lebih rapi lagi. Beda jenis rambut, beda juga cara merawat nya, termasuk cara merawat rambut keriting yang memiliki treatment khusus.

Selain rambut yang mudah kusut, rambut keriting juga sering mengalami masalah kelembapan rambut yang juga bisa mengakibatkan rambut kering juga.

Lalu bagaimana cara merawat rambut keriting secara alami dengan tepat dan terbaik?

  • Jangan sering keramas, sebenarnya efek keramas setiap hari untuk rambut sudah pernah dibahas sebelumnya. Dimana terlalu seringnya keramas akan menghilangkan kelembapan rambut, yang artinya akan membuat rambut semakin rapuh dan kering. Karena ada indikasi kekeringan tersebut, makanya tidak disarankan untuk keramas setiap hari. Kalau tetap dilakukan tidak hanya rambut keriting akan semakin kering, tetapi akan rusak dan rapuh juga.
  • Memakai Conditioner rambut, ini akan membantu sahabat agar rambut keriting sahabat caraable tidak mudah kusut. Gunakanlah secara merata.
  • Usahakan menggunakan sampo pada kulit kepala, jangan hanya di permukaan rambut saja, ini akan menghindari rambut bercabang.
  • Pilih sampo sesuai dengan jenis atau tipe rambut keriting.
  • Keringkan rambut secara perlahan jangan terlalu menggosok handuk ke rambut dengan cepat, hal ini ditujukan agar rambut tidak rusak.
  • Gunakan Minyak Zaitun dan Minyak Argan sebagai bahan alami untuk memaksimalkan cara merawat rambut keriting secara alami terbaik diatas.
Baca Juga: Senam wajah anda sudah tepat? Begini Senam Wajah yang Tepat Untuk Mengencangkan Kulit Wajah


Back to Content


Cara Merawat Rambut Pria


Tidak hanya wanita yang membutuhkan perawatan rambut, pria jaman sekarang juga sudah mulai memperdulikan rambut, bukan hanya untuk penampilan saja, tetapi juga untuk kesehatan. Mungkin sangat banyak pria yang bingung apakah perawatan rambut pria dan wanita sama. Pertanyaan seperti itu adalah hal yang wajar, karena perbedaan karakteristik gaya rambut pada pria dan wanita.

Sebenarnya pada garis besarnya sama, cara merawat rambut pria dengan cara merawat rambut wanita. Hanya saja perawatan rambut wanita sangat kompleks.

Lalu bagaimana dengan cara merawat rambut pria yang tepat?

Pertama, jangan terlalu sering keramas. Kebanyakan pria akan sering keramas karena  rambut nya gampang berminyak, terlebih habis berolahraga. Tetapi kebanyakan keramas atau bahkan setiap hari keramas akan menghilangkan kelembapan alami pada rambut, dan membuat rambut kering. Bukan hanya itu saja tetapi juga membuat rasa gatal pada beberapa area rambut. Jadi jadwal untuk keramas yang paling direkomendasikan untuk pria adalah 2-3x dalam seminggu.

Kedua, cara kedua adalah mengeringkan rambut pria secara perlahan jangan terlalu menggosok dengan keras rambut sahabat. Karena jika terlalu kasar atau terlalu bersemangat rambut akan rontok dan rusak. Gunakanlah handuk yang lembut dan gerakan mengeringkannya hanya dengan menempelkannya bukan menggosoknya. Atau  biarkan kering secara alami.

Ketiga, memakai conditioner, manfaat conditioner juga bisa digunakan untuk pria tidak hanya wanita. Conditioner diaplikasikan saat selesai keramas untuk merawat rambut agar tidak kering dan  sekaligus membuat rambut lembut. Conditioner ini sangat dianjurkan di berbagai cara merawat rambut dengan segala kondisi, jadi akan sangat bermanfaat jika di aplikasikan ke rambut pria.

Keempat, memotong rambut secara rutin juga salah satu cara merawat rambut untuk pria. Karena saat memotong rambut sekaligus menghilangkan rambut rusak yang ada sekaligus juga menghilangkan rambut yang bercabang.

Kelima, kurangi menggunakan gel rambut. Karena bahan kimia yang terlalu lama dan sering melekat pada anggota tobuh kita akan berakibat buruk kedepannya. Jadi kalaupun menggunakan gel, agar membilas rambut setelahnya, jangan dibiarkan seharian atau malah gak dibersihkan.

Keenam, asupan juga memiliki peranan sangat penting. Apa yang kita makan akan juga berefek ke rambut juga. Jadi perhatikan asupan protein yang bisa menguatkan rambut agar tidak sering kusut dan rontok. Perhatikan juga asupan zat besi agar semakin kuat dan bisa cepat menumbuhkan rambut menjadi panjang. Dan minyak omega 3 untuk melembutkan rambut.
Baca Juga: Bagian Jeroan Ayam dan Jeroan Sapi Paling Dilarang Dimakan ( Info Dokter Ahli )


Back to Content


Cara Merawat Rambut Kering dan Mengembang


Rambut kering sekaligus mengembang bisa menjadi faktor orang merasa tidak PD ketika keluar, karena akan susah mengatur rambut agar rapi. Terlebih untuk wanita, rambut kering dan mengembang akan menjadi suatu masalah besar, karena kebanyakan wanita memiliki rambut panjang, tentunya akan sangat tidak enak dipandang jika rambut panjangnya kering dan mengembang juga.

Lalu bagaimana cara merawat rambut kering dan mengembang di rumah tanpa perlu ke Salon?

Cara alami memang cara terbaik untuk merawat rambut, selain bisa menyelesaikan masalah rambut, sekaligus tidak menimbulkan efek samping. Tetapi cara alami akan lebih membutuhkan waktu yang lama dibandingkan dengan menggunakan produk-produk kecantikan untuk rambut. Berikut ini saya berikan beberapa cara alternatif untuk merawat rambut kering dan mengembang sehari-hari:

  • Rutinlah memakai conditioner setelah keramas, conditioner sangat disarankan untuk mengatasi rambut kering dan menjaga kelembapan rambut.
  • Gunakan minyak kelapa dan minyak jojoba yang bagus untuk menyelesaikan masalah rambut kering.
  • Minyak zaitun juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk rambut, diyakini bisa memperkuat, melembutkan dan sekaligus melembabkan rambut.
  • Gunakan sampo sesuai jenis rambut, konsultasi ke dokter lebih disarankan.
  • Jangan gunakan catokan atau hairdryer yang bisa membuat rambut semakin kering.
  • Jangan keramas setiap hari, baca efek keramas setiap hari.
  • Sering memakai penutup kepala agar rambut tidak langsung terpapar sinar matahari dan panas.
  • Makanlah asupan protein, minyak omega 3 dan zat besi untuk memaksimalkan cara merawat rambut kering dan mengembang diatas.


Back to Content


Cara Merawat Rambut Agar Lurus 


Rambut lurus menjadi banyak idaman banyak orang, terutama bagi mereka yang memiliki rambut keriting. Banyak cara agar mendapatakan rambut lurus seperti menggunakan alat elektronik catokan atau semacamnya.

Menjadikan rambut lurus dengan cara ini, malah akan menimbulkan efek kedepannya yakni akan membuat rambut rusak dan kering. Kalau sudah begitu maka akan butuh waktu lagi agar rambut kembali sehat.

Lalu bagaimana cara merawat rambut agar lurus secara alami tanpa ke Salon dan bisa dilakukan di rumah?

Memakai Keratin
Cara ini bisa dijadikan cara ampuh untuk meluruskan rambut sahabat. Keratin sendiri adalah protein alami untuk rambut. Cara merawat rambut agar lurus dengan keratin cukup mudah, yakni sahabat tinggal mengoleskan keratin, setelah itu memakai Catokan agar keratin yang telah dioleskan tetap terjaga. Setelah itu jangan keramas terlebih dahulu, selama 3 sampai 4 hari. Dan saat keramas pun juga harus menggunakan sampo yang tidak memiliki kandungan natrium sulfat agar rambut tetap lurus.

Baca juga: Tidur Malam Hari Diganti Pagi Hari, Apakah Sama? Berikut Penjelasan Dokter yang Mengejutkan

Hair Relaxers
Sama seperti keratin, relaxers ini berfungsi agar rambut menjadi lurus, bahkan ada sumber yang mengatakan bahwa relaxers ini lebih bertahan lama dibanding keratin. Meskipun begitu, kelemahan dari relaxers ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala karena bisanya relaxers mengandung zat alkaline caustic. Bahkan juga bisa menyebabkan rambut kering dan rapuh. Sehingga tidak disarankan memakai relaxers diatas  8 minggu.

Agar lebih maksimal dan menghindari hal yang tidak diinginkan, agar terlebih dahulu konsultasikan ke dokter ahli agar rambut yang dijadikan lurus tidak memiliki efek kedepannya bagi kesehatan. Karena sebagus-bagusnya zat kimia, pasti akan memiliki dampak ke tubuh.

Back to Content


Cara Merawat Rambut Panjang


Memiliki rambut panjang tidak bisa dianggap sepele, karena membutuhkan perhatian dan perawatannya yang lumayan tinggi. Terlebih setiap setiap hari rambut akan terus tumbuh panjang sehingga butuh cara merawat rambut panjang yang tepat agar tidak hanya panjang, tetapi juga sehat.

Berikut ini cara terbaik untuk merawat rambut panjang tanpa perlu ke Salon

  • Atur jadwal potong rambut, memotong rambut secara terjadwal akan menjaga panjang rambut secara ideal dan mencegah rambut becabang.
  • Hindari mencuci rambut terlalu sering, jika keseringan akan membuat rambut panjang menjadi kering dan rapuh. Tentunya bukannhal yang bagus jika rambut panjang terlihat kering dan kusam. Cukup keramas 2-3x dalam seminggu. 
  • Pakailah conditioner, agar rambut panjang sahabat tetap terjaga lembut.
  • Hindari agar tidak menggunakan perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia dan gunakanlah cara merawat rambut panjang yang alami saja. 
  • Hindari penggunaan perawatan rambut yang menggunakan Alat elektronik yang mengeluarkan panas, karena akan membuat rambut kering.
  • Biarkan rambut kering secara alami setelah keramas atau membilas rambut.
  • Makanlah asupan yang bergizi yang dapat menambah nutrisi rambut, seperti protein, minyak omega 3 dan zat besi.


Back to Content


Cara Merawat Rambut Alami


Kata alami dalam cara ini adalah cara yang tidak menggunakan produk berbahan kimia sebagai perawatan rambut nya. Cara merawat rambut alami yang didaparkan diatas sebenarnya sudah bisa ditarik kesimpulan, mana saja cara alami yang bisa digunakan untuk merawat rambut secara alami. Tapi agar lebih paham, caraable akan merangkum nya menjadi satu disini.

Baca Juga: 3 Bahaya Onani/ Mengocok/ Ngocok Paling Besar dan Berbahaya dibanding lainnya

Terlebih bagi sahabat yang ingin mengetahui bagaimana cara merawat rambut rusak agar kembali sehat seperti sediakala adalah langkah yang tepat untuk menggunakan cara alami karena tidak malah menimbulkan efek samping. Tetapi cara merawat rambut rusak untuk kembali sehat tentunya membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan juga harus telaten dalam merawatnya.

Berikut ini beberapa rangkuman cara alami untuk merawat rambut agar selalu sehat:

  1. - Pakailah minyak zaitun, minyak jojoba, dan minyak kelapa agar rambut sehat, kuat dan indah.
  2. - Pakailah bahan-bahan alam seperti tumbuhan lidah buaya atau semacamnya.
  3. - Jangan terlalu sering Keramas, keramas memang membersihkan rambut, tetapi kalau berlebihan tidak bagus juga.
  4. - Gunakan lah sampo yang sesuai.
  5. - Asupan protein harus dipenuhi.
  6. - Asupan minyak omega 3.
  7. - Asupan Zat besi untuk memperkuat rambut dan menjadikan rambut sehat dan cepat panjang.
  8. - Jangan gunakan Catokan.
  9. - Jangan gunakan hair dryer.
  10. - Jaga agar terhindar dari sinar matahari.
  11. - Pakailah conditioner setelah keramas.
  12. - Pakailah vitamin rambut.
  13. - Jangan mewarnai rambut, karena akan membuat rambut menjadi kering dan rapuh jika terlalu sering diwarnai. Rambut berwarna juga akan membutuhkan cara merawat khusus rambut berwarna agar tidak semakin rusak.
  14. - Biasakan agar rambut kering secara alami, termasuk jangan gunakan handuk.
  15. - Jangan sisir rambut ketika basah, mengakibatkan rambut rontok.
  16. - Sisir rambut secara perlahan.
  17. - Saat keramas usahakan untuk mengenai kulit kepala bukan hanya bagian atas atau ujung rambut saja.

Dengan melakukan perawatan tersebut, kemungkinan rambut yang semula rusak akan kembali sehat tanpa adanya efek samping. Cara merawat rambut alamai yang paling dianjurkan karena menggunakan bahan-bahan alami yang tidak membahayakan tubuh.

Itu adalah semua hal tentang cara merawat rambut dengan segala kondisi, jika tertarik membaca soal artikel kecantikan, sahabat pasti tertarik dengan beberapa artikel dibawah ini.

Tidur Malam Hari Diganti Pagi Hari, Apakah Sama? Berikut Penjelasan Dokter yang Mengejutkan
Perawatan Rambut : Efek Keramas/ Mencuci Rambut Setiap Hari (Info dari Dokter)
Bagian Jeroan Ayam dan Jeroan Sapi Paling Dilarang Dimakan ( Info Dokter Ahli )


Salam,
Caraable.

Back to Content



Note:
Jika sahabat memiliki pertanyaan seputar cara merawat rambut terbaik secara alami untuk rambut kering, berminyak, rusak, rontok, keriting atau rambut Smoothing tanpa perlu ke salon, bisa tinggalkan di laman komentar dibawah. Tentunya cara merawat rambut diatas bisa diterapkan baik untuk pria ataupun wanita. Cara diatas dirangkum dari berbagai sumber dan ada yang didapatkan dari Saran Dokter ahli yang memiliki kapasitas dibidangnya.

Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Merawat Rambut Terbaik Tanpa ke Salon u/ Rambut Kering Rusak, Rontok, & Mengembang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel