-->

Asuransi Kesehatan Adalah + Kerugian dan Keuntungan Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah dan dasar mengenal asuransi kesehatan yang bagus dan terbaik 2019

Asuransi Kesehatan Adalah -- Sakit menjadi hal yang sudah alami pada manusia, orang tua maupun anak muda tidak bisa terlepas dari penyakit. Pilihannya mencegah atau mengobati, tentunya kedua hal tersebut membutuhkan pengeluaran yang tidak sedikit, bahkan banyak sebagian orang yang meninggal dan tidak bisa dibawa ke Rumah Sakit (RS) karena masalah keuangan. Paling bijak adalah mempersiapkan rencana keuangan melalui asuransi kesehatan.

Asuransi Kesehatan masih tabu di Masyarakat Indonesia, karena banyak dari kita yang tidak tahu keuntungan dan manfaat apa yang akan didapat. Padahal asuransi adalah bagian dari rencana keuangan keluarga, yang akan membantu jika tiba-tiba ada pengeluaran besar tiba-tiba. Hal ini semacam investasi (investasi ke diri sendiri), akan menguntungkan jika anda tahu semua seluk buluk dari media dan target investasi anda.

Media yang saya maksud adalah agen asuransi kesehatan. Memilih asuransi kesehatan yang bagus dan terbaik akan menjadi solusi kestabilan ekonomi rumah tangga anda. Sebaliknya, salah memilih perusahaan asuransi akan berakhir sebaliknya. Di Indonesia asuransi kesehatan sangat banyak, mulai dari BPJS, AXA, Asuransi Kesehatan Prudential, AllianzAsuransi Kesehatan Sinar MasAsuransi Kesehatan Manulife, CAR, AIA dan masih banyak lainnya.
Baca juga:  Bisnis Online Terbaik dan Terpercaya Tanpa Modal di Tahun 2019
Sebelum menentukan perusahaan asuransi yang anda pilih, ada baiknya anda mengenal dasar asuransi terlebih dahulu. Mengerti pengertian dan dasar asuransi kesehatan akan membantu anda memilih asuransi kesehatan yang bagus untuk anda dan keluarga. Memilih sebuah bentuk investasi tidak boleh sembarangan dan memakai emosi (perasaan), karena ini adalah bentuk investasi jangka panjang.

Untuk hal itu, postingan caraable.com mengenai asuransi akan membahas pengertian, manfaat, keuntungan, kerugian, jenis dan daftar perusahan asuransi. Berikut beberapa poin penting dalam pembahasan kali ini.


Asuransi Adalah


Asuransi adalah salah satu sistem penanggungan biaya terhadap suatu hal yang di asuransikan. Penanggungan biaya ini didapat dari instasi atau perusahan penyedia asuransi. Anda dapat mengasuransikan benda mati, property, kesehatan dan bahkan bagian tubuh anda. Dalam sistemnya anda harus memahami dan mesetujui syarat dan ketentuan asuransi dari penyedia asuransi.

Setelah setuju dengan persyaratan, anda akan membayar setiap bulannya untuk apa yang anda asuransikan tadi, disebut sebagai premi asuransi. Jika barang yang anda asuransikan mengalami hal yang "tersebut" dalam dokumen perjanjian, maka perusahan akan bertanggung jawab terhadap barang yang terdaftar di perjanjian asuransi tadi. Pertanggung jawaban berupa penanggungan biaya atas barang.

Semisal anda mendaftar dalam Asuransi kesehatan Allianz  atau asuransi kesehatan Prudential. Anda memiliki KEWAJIBAN untuk membayar premi asuransi setiap bulannya dengan jumlah nominal tergantung kelas asuransi yang anda pilih. Dari kewajiban itu, anda mendapat HAK, ketika anda jatuh sakit maka Prudential atau Allianz akan bertanggung jawab atas biaya rumah sakit, obat dan rawat inap anda, tanpa anda perlu mengeluarkan uang lagi. Dengan kata lain asuransi adalah salah satu bentuk investasi jangka panjang yang menggunakan sitem penanggungan biaya.

Back to Content


Asuransi Kesehatan Adalah


Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang berfokus terhadap kesehatan individu (perorangan), karyawan/ pekerja/ pegawai dan hewan. Asuransi kesehatan memberikan jaminan kesehatan kepada pemiliknya terkait penanggungan biaya medis, baik untu berobat, rawat inap dan operasi. Semua jaminan tersebut didapatkan sebagai fasilitas pemegang polis asuransi.

Asuransi kesehatan atau health insurance menjadi produk asuransi yang paling banyak dicari karena manfaatnya yang besar. Di Indonesia di masyarakat kalangan menengah ke bawah, kita sering menggunakan asuransi kesehatan BPJS yang terbilang murah dan dapat dijangkau semua orang.

BPJS kesehatan adalah program pemerintah yang berfokus memberikan layanan asuransi kesehatan murah yang dapat diakses semua orang. Semua hak atau fasilitas diatas bisa didapatkan dengan membeli produk asuransi dari instansi pemerintah atau swasta dan membayar premi asuransi kecil / besar setiap bulannya.
Baca juga:  Asuransi Kesehatan Prudential : Produk & Tabel Premi Asuransi Kesehatan Prudential
Dengan kata lain asuransi kesehatan adalah sebuah layanan yang memberikan jaminan kesehatan dalam bentuk investasi kesehatan ke individu atau pegawai perusahaan.

Back to Content


Premi Asuransi


Premi asuransi adalah angsuran setiap bulannya bagi pemegang polis asuransi dan menjadi kewajiban. Jika tidak dibayar maka asuransi anda tidak bisa di klaim (perusahaan tidak memberikan jaminan penanggungan biaya) sebagai mana mestinya. Besar kecilnya premi asuransi tergantung pada kelas asuransi dan perusahan asuransi yang anda pilih.

Kelas asuransi bisa dibilang dengan paket asuransi, anda bisa memilih kelas yang cocok. Semakin mahal premi asuransi dari suatu kelas, maka semakin baik juga fasilitas yang akan didapatkan nantinya. Dengan kata lain, premi asuransi sangat bervariasi, dari premi asuransi yang mahal sampai murah.
Baca Juga: Usaha Laundry : Strategi Terbaik Memulai Usaha Laundry Kiloan Cepat Untung
Premi asuransi kesehatan murah adalah BPJS Kesehatan, yang memang ditujukan oleh pemerintah sebagai alternatif asuransi kesehatan murah. Selain BPJS Kesehatan, banyak juga asuransi kesehatan yang bagus dan murah. Kalian bisa memilih perusahan asuransi swasta yang lebih mahal sedikit, tetapi fasilitasnya terjamin. Misalnya ManulifePrudentialAllianzSinarMas, AIA, CAR, dan lainnya.

Back to Content


Klaim Asuransi


Klaim asuransi adalah cara / proses dimana kita meminta penyedia asuransi menanggung biaya kita (sesuai dengan perjanjian). Klaim bisa didapatkan ketika menjalani hak dan sesuai dengan barang yang kita asuransikan. Ada 2 cara sebenarnya klaim asuransi Cashless dan Reimbursement.

Saya akan simulasikan cara klaim asuransi kesehatan, untuk yang lainnya metode nya sama saja. Di khususkan agar lebih spesifik dan mudah dipahami.

Cashless ini salah satu klaim yang sudah banyak digunakan oleh perusahaan asuransi yang termasuk cara klaim yang cepat dan tanpa ribet. Dimana kita hanya perlu datang ke Rumah Sakit dan menunjukkan dokumen asuransi kita ini, tanpa membayar apapun. Klaim dengan metode cashless ini bisa digunakan ketika rumah sakit yang kita tuju bermitra dengan penyedia polis asuransi kita.
Baca juga:  Asuransi kesehatan Allianz 
Reimbursement adalah cara klaim dengan mengganti biaya. Cara ini  biasannya dipakai untuk rumah sakit yang belum bermitra dengan perusahaan penyedia polis asuransi kita. Klaim ini, kita akan menanggung biaya rumah sakit terlebih dahulu, setelah itu baru diganti sebesar yang kita keluarkan untuk biaya pengobatan kita.

Back to Content


Mengapa kita memerlukan asuransi kesehatan?


Di Indonesia, pertanyaan seputar mengapa kita memerlukan asuransi kesehatan, sering kita temui. Karena memang terdaftar di asuransi kesehatan masih menjadi hal yang jarang dilakukan. Caraable berikan alasan utama kenapa kita harus mempunyai asuransi kesehatan:

  1. -Upaya pencegahan ketika ada kebutuhan finansial ditekan karena urusan medis yang tiba-tiba, seperti kecelakaan atau jatuh sakit. Terjadinya musibah tidak bisa diperkirakan, mungkin terjadi saat keuangan anda sedang buruk. Disinilah alasan utama mempunyai asuransi  kesehatan.
  2. -Akan sangat membantu meringankan biaya rumah sakit. Kita sering menemui orang sakit  berbulan-bulan, tentunya membutuhkan biaya yang banyak selama itu. Terlebih kalau yang sakit adalah kepala keluarga yang biasanya mencari nafkah.
  3. -Akan memberikan rasa tenang, karena kita sudah siap dengan kemungkinan terpuruk sekalipun.


Back to Content


Manfaat Asuransi Kesehatan


Caraable mendefinisikan asuransi kesehatan sebagai investasi yang win win solution dan tidak akan merugikan siapapun, terlebih untuk pemegang polis asuransi dan keluarga.

Bagi pemegang polis asuransi akan merasa tenang karena manfaat memiliki asuransi kesehatan akan menjadi penanggulangan biaya yang tiba-tiba untuk urusan medis atau pengobatan di rumah sakit. Selain itu juga dapat dilakukan secara langsung ketika membutuhkan penanganan medis.
Baca juga: Asuransi Kesehatan SinarMas : Wajib Diketahui Sebelum Mengecewakan Keluarga
Bagi keluarga, manfaatnya tidak perlu khawatir soal keuangan karena sudah ditangung dan hanya fokus merawat keluarga yang jatuh sakit tersebut.

Tetapi setiap hal selalu memiliki 2 sisi, tidak terkecuali asuransi yang memiliki sisi keuntungan dan sisi kerugian asuransi kesehatan. Berikut ulasan lebih lanjut nya.

Kerugian Asuransi Kesehatan


1. Kerugian asuransi kesehatan berhubungan dengan premi asuransi terlebih jika kita membeli polis untuk satu keluarga. Premi asuransi yang besar akan sangat berat ketika berbenturan dengan pemasukan dan kebutuhan pokok sehari-hari. Jadi kita tidak bisa menghamburkan uang untuk senang-senang, karena kebutuhan yang banyak dan bersifat wajib.

2. Tidak semua kelas atau paket asuransi kesehatan menawarkan full accommodation fasilitas kesehatan, ada yang hanya operasi, pengobatan atau hanya rawat inap saja. Jadi pilih dan teliti sesuai kebutuhan, usahakan pilih perusahan asuransi yang menawarkan full fasilitas.
Baca Juga: Asuransi Kesehatan Manulife : Hal Penting Terlengkap Jarang Diketahui Nasabah
3. Saat kita tidak bisa membayar premi asuransi, akan ada kemungkinan polis asuransi kita hangus dan tidak bisa diklaim. Lalu premis perbulan sebelumnya yang kita bayar juga akan kita hangus. Pahami dulu perjanjian nya, jangan termakan omongan sales asuransi nya.

Keuntungan Asuransi Kesehatan


1. Jaminan kesehatan yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun
2. Asuransi kesehatan lebih menguntungkan dibandikan asuransi jiwa dan lainnya. Karena keuntungannya langsung terasa.
3. Membeli asuransi kesehatan keluarga akan lebih murah dibanding asuransi kesehatan perorangan atau individu
4. Tidak perlu repot-repot membawa uang saat ke Rumah Sakit untuk berobat.
5. Produk asuransi ada yang dilengkapi dengan evakuasi medis seperti ambulans/ ambulance bahkan juga helikopter medis.
6. Akan sedikit merasa tenang ketika tertimpa musibah yang mendadak.
Baca Juga:  Asuransi kesehatan Allianz 

Back to Content


Jenis Asuransi Kesehatan


Jenis asuransi kesehatan sangat bervariasi tergantung kelas yang anda pilih. Semakin tinggi jenis asuransi kesehatan yang kalian pilih, semakin besar pula premi asuransi yang harus dibayar. Tetapi dengan fasilitas yang lebih lengkap lagi. Di Indonesia terdapat 3 jenis asuransi kesehatan dari berbagai perusahan asuransi pemerintah atau swasta. Berikut penjelasannya:

1. Asuransi Kesehatan dari Perawatan Medisnya

Jenis asuransi ini dimana kita mengklaim asuransi kita hanya saat kita opname di rumah sakit. Selain itu tidak akan ditanggung, meskipun berobat untuk check up ke dokter. Asuransi ini disebut asuransi kesehatan rawat inap.

Ada juga asuransi kesehatan rawat jalan yang klaim asuransi nya tidak harus opname atau rawat inap dulu. Ini akan ditanggung biaya dokter, obat dan check lab.


2. Asuransi Kesehatan dari Biaya Medis

Dalam kategori biaya medis dibagi menjadi 2, biaya tanggungan total dan tanggungan tinggi. Asuransi Kesehatan Tanggungan Total adalah jenis asuransi yang mencover semua akomodasi/ fasilitas dengan batas biaya tanggungan sesuai dengan perjanjian.

Sedangkan Asuransi Kesehatan Tanggungan Tinggi adalah jenis yang menanggung biaya besar dari pengobatan saja, seperti operasi. Lalu biaya kecil seperti obat dan check up tidak ditanggung.
Baca juga:  Bisnis Online Terbaik dan Terpercaya Tanpa Modal di Tahun 2019

3. Asuransi Kesehatan kategori Orang

Kategori ini dibagi menjadi 2, asuransi untuk perorangan atau kumpulan. Biasanya yang banyak dibeli adalah asuransi kesehatan individu dan keluarga. Pilih sesuai jenis yang anda butuhkan. Dan jangan termakan omongan agen apapun, tetap berfikir rasional.

Back to Content


Perusahaan Penyedia Asuransi Kesehatan Terbaik 2019


Disini saya akan memberikan rekomendasi asuransi kesehatan sebagai pilihan yang menurut caraable adalah asuransi kesehatan terbaik 2019.

1. Prudential
2. BPJS Kesehatan
3. Sinar Mas
4. AXA
5. Manulife
6. AXA Mandiry
7. AIA
8. BNI Life
9. Adira
10. CAR
11. Cigna
12. Equity
13. Sun Life Financial
14. Allianz
15. Avrist
16. MAG
17. Chubb

Meskipun begitu tetap observasi sendiri, karena kebutuhan dan kemampuan orang berbeda beda. Dan baca dengan benar perjanjian dan syarat ketentuannya. Ada trik yang saya pelajari di kampus saya, mengenai membuat dokumen perjanjian setebal mungkin agar kliennya males baca dan langsung mesetujui.
Baca Juga: Cara atau Langkah Memulai Investasi Reksadana Untuk Merencanakan Tabungan Hari Tua Anda

Penutup


Apapun pilihan anda, selalu posisikan asuransi kesehatan sebagai investasi, bukan karena gengsi atau semacamnya. Memilih asuransi harus dengan cara yang rasional jangan melibatkan emosi semata. Jika anda mempunyai banyak uang maka tidak akan jadi masalah, tapi jika sebaliknya maka rencanakan sematang mungkin rencana asuransi anda.


Salam,
Caraable.


Back to Content


Note:
Jika anda memiliki pertanyaan seputar Asuransi Kesehatan Adalah + Kerugian dan Keuntungan Asuransi Kesehatan maka silahkan tinggalkan dikomentar. Sekian dari saya mengenai Asuransi Kesehatan
Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Asuransi Kesehatan Adalah + Kerugian dan Keuntungan Asuransi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel