-->

[WAJIB] Vitamin Otak Untuk Dewasa & Anak Paling Bagus Memaksimalkan Kinerja Otak

Vitamin Otak yang wajib dikonsumsi bagi orang dewasa dan anak-anak dari bahan alami

Vitamin Otak -- Kinerja saraf otak kita disuplai oleh nutrisi yang terkandung dalam vitamin, yang nantinya dirubah menjadi energi bagi saraf-saraf otak kita. Pada umumnya, caraable.com melihat sebagian besar vitamin yang didapat selama ini berasal dari makanan yang kita konsumsi dibanding vitamin kapsul praktis. Setiap makanan memiliki vitamin yang berguna bagi otak, baik untuk orang dewasa atau anak-anak. Meskipun begitu, tidak semua makanan mengandung jenis vitamin yang dibutuhkan otak, sehingga memilah makanan yang baik sebelum di konsumsi adalah hal yang diperlukan untuk mendapatkan vitamin otak paling bagus.

Mengenal makanan juga harus mengetahui jenis vitamin apa saja untuk otak, karena vitamin memiliki banyak jenis dan kegunaan yang berbeda-beda untuk setiap organ tubuh kita. Semisal Vitamin A untuk mata, Vitamin  C untuk energi tubuh, lalu Vitamin apa yang bermanfaat memaksimalkan kinerja otak?

Hal itulah yang akan kita bahas kali ini, seperti yang kita tahu bahwa vitamin otak cocok untuk masa pertumbuhan dan perkembangan otak anak-anak. Mencukupi kebutuhan vitamin anak adalah hal yang paling bijak agar membuat anak menjadi pintar dan cerdas. Pada periode emas anak-anak, khususnya pada masih menjadi janin dan bayi sampai masuk masa pubertas mereka harus terpenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Kurangnya asupan / konsumsi vitamin pada masa ini akan berpengaruh terhadap perkembangan otak anak dan kecerdasan kedepannya.

Selain itu, vitamin otak untuk orang dewasa juga sangat menguntungkan. Konsumsi vitamin ditujukan untuk meningkatkan dan memaksimalkan kapabilitas otak kita sendiri, agar lebih mudah memahami sesuatu (read: pintar). Keuntungan bagi orang dewasa yang mengkonsumsi vitamin otak bisa menjadi cara untuk meningkatkan daya ingat otak, lebih waspada dan terhindar dari berbagai penyakit otak, seperti Alzheimer. Alzheimer adalah penyakit yang membuat penderitanya seperti linglung/ pikun terhadap informasi/ ingatan yang  lama/ baru didapatkan.


Vitamin Otak Paling Bagus Dari Bahan Alami


Berikut ini beberapa daftar vitamin otak yang menjadi rekomendasi untuk di konsumsi baik melalui vitamin kapsul atau melalui bahan alami yang terkandung dalam makanan. Vit. yang terkandung dalam makanan harus dipastikan makanan tersebut harus seimbang dengan nutrisi yang dibutuhkan lainnya. Berikut daftar vitamin yang menjadi rekomendasi para dokter:

1. Vitamin B6 
Vitamin ini berguna untuk menghasilkan atau memproduksi Serotonin dan Dopamine. Serotonin dan Dopamine adalah hal yang dibutuhkan untuk menjaga mood dan tingkat kewaspadaan anda. Kekurangan hal ini akan berpengaruh terhadap kondisi dimana anda sering tidak fokus di lingkungan sekitar.

Cara mendapatkan nya dimana?

Vitamin B6 juga terkandung dalam beberapa sayuran yang mudah ditemui dan termasuk sumber vitamin yang murah dan alami. Beberapa bahan makanan yang mengandung Vit. B6 adalah Bawang Putih, Lobak, Sawi, Kembang Kol. Lalu kalau dari hewani, bisa didapatkan dari mengkonsumsi ikan tuna.

2. Vitamin B12
Vitamin B12 berguna untuk membangun pembentukan sebuah lapisan yang disebut dengan "Myelin". Lapisan ini berfungsi untuk mengcover dan menjadi protector saraf otak kita. Keuntungan dari lapisan Myelin ini sangat bermanfaat, yakni agar kita tidak mudah lupa dan mengalami penurunan mental/ suasana hati.

Vitamin otak B12 ini didapatkan dimana?

Vitamin ini juga cukup mudah untuk didapatkan dan bahkan kita sering mengkonsumsi nya setiap hari, walau tanpa sadar kandungan vitamin didalamnya. Kandungan Vit. B12 bisa didapatkan dari berbagai macam daging, seperti Sapi, Domba, Ikan ataupun Hewan Unggas.

3. Asam Folat
Dari semua hal diatas, kandungan Asam Folat menurut saya adalah yang paling penting, karena efek dari tercukupinya nutris Asam Folat bagi tubuh kita, kita akan mudah fokus dan menjaga kapabilitas otak kita dalam mengingat sesuatu. Kandungan Asam Folat juga berperan penting dalam menjaga kesehatan otak agar sel otak tidak mudah rusak.

Asam Folat bisa didapat dari sumber makanan apa?

Bahan-bahan yang mengandung Asam Folat adalah bahan yang sering tidak disukai oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Padahal kandungan vitamin nya sangat penting. Bahan makanan yang saya maksud adalah buah-buahan, gandum dan sayuran hijau. Ketiga jenis makanan tersebut harus dikonsumsi agar mendapatkan manfaat yang lebih ke otak kita.

Vitamin Otak Untuk Dewasa & Orang Tua


Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, keuntungan memenuhi nutrisi atau vitamin otak untuk dewasa adalah meningkatkan dan memaksimalkan kapabilitas dan ketahanan otak kita. Kalian bisa mencoba mengkonsumsi makanan yang sudah saya jelaskan di atas, dengan catatan harus seimbang agar organ atau tubuh bagian lainnya juga mendapatkan nutrisi yang cukup.

Kalian bisa mencoba dengan hal yang mudah terlebih dahulu, seperti mengkonsumsi sereal gandum, buah dan bawang putih. Dimana bahan-bahan tersebut sumber alami vitamin otak yang murah dan bisa didapatkan dimana saja. Agar lebih maksimal lagi, konsultasi dengan dokter adalah hal yang penting agar kalian tahu vitamin apa yang cocok bagi tubuh anda. Jadi Saran Caraable, sebelum memulai percobaan apapun ke tubuh kalian, usahakan diskusi dengan dokter terlebih dahulu agar mendapat takaran yang sesuai dan tepat.

Vitamin Otak Anak


Periode emas adalah waktu yang paling tepat membentuk dan memenuhi nutrisi pada anak dari berbagi vitamin. Pada saat anak masih didalam kandungan, maka sang Ibu lah yang harus menjaga pola makannya, karena sumber makanan bayi di dalam kandungan adalah apa yang dimakan oleh ibunya. Asupan vitamin Ibu bisa mengikuti saran diatas seperti asupan vitamin otak untuk orang dewasa. Tapi agar lebih berjaga-jaga, silahkan konsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu.

Lalu Vitamin saat anak pada fase bayi, maka asupan asi adalah hal yang paling penting. Karena pada masa ini anak masih belum bisa mengkonsumsi makanan yang keras. Jadi usahakan agar tetap konsisten memberi asi selama mungkin.

Pada tahap anak memasuki fase balita, maka anak bisa mengkonsumsi (menelan) makanan yang diberikan. Maka saran caraable pilih bubur bayi yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup. Banyaknya pilihan bubur bayi akan membuat kita bingung mana yang paling cocok untuk diberikan ke anak agar vitamin otak terpenuhi, maka lagi-lagi, Caraable menyarankan agar berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu. Karena setiap manusia memiliki karakteristik yang berbeda, takutnya anak anda memiliki alergi terhadap makanan tertentu.

Pada saat anak sudah masuk fase puber / remaja, maka anak sudah bisa dikasih asupan vitamin dari makanan layaknya orang dewasa pada umumnya. Pada masa ini, terkadang yang menjadi hambatan adalah anak sendiri, karena lingkungan dan teman akan mempengaruhi kepribadian anak kita. Pastikan agar anak tidak mengkonsumsi minuman yang dilarang dan mer(o)kok, karena itu akan mengganggu masa tumbuh dan kembang otak anak-anak.

Penutup


Sekian dari saya tentang vitamin otak baik untuk orang dewasa dan anak-anak. Informasi diatas ditujukan untuk menjaga keperdulian dan awareness bagi diri kita agar menganggap kebutuhan vitamin adalah hal yang penting, terlebih vitamin otak yang menjadi pusat kontrol semua anggota tubuh kita.

Salam,
Caraable.


Note:
Jika sahabat caraable memiliki pertanyaan seputar vitamin otak alami paling bagus untuk dewasa dan vitamin otak anak maka silahkan tinggalkan di komentar. Semua I formasi didapatkan dari artikel blog dokter yang sudah dipercaya kredibiltasnya. Sekian dari saya mengenai vitamin otak.
Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "[WAJIB] Vitamin Otak Untuk Dewasa & Anak Paling Bagus Memaksimalkan Kinerja Otak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel