-->

Usaha Rumahan : Puluhan Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Trend 2019

Kumpulan Usaha rumahan pilihan terbaik  trend 2019. Usaha rumahan dengan modal kecil yang menjanjikan dan menguntungkan. Cocok sebagai bisnis atau peluang usaha rumahan di desa ataupun kota.

Caraable.com -- Usaha rumahan memberikan peluang tersendiri untuk meningkatkan perekonomian warga di desa atau di kota. Usaha rumahan dipilih karena waktu dan tempat kerja yang lebih fleksibel dibanding pegawai kantoran/ pabrik. Bahkan, peluang usaha rumahan di desa lebih menjanjikan, karena banyaknya pilihan ide usaha rumahan dan saingan yang lebih sedikit. Caraable disini akan memberikan ide dan rekomendasi terkait, usaha rumahan yg menguntungkan dengan modal kecil yang legi trend di tahun 2019.

Sebenarnya Caraable pernah membahas terkait Kumpulan Bisnis Online untuk Usaha Sampingan. Beberapa bisnis online tersebut juga bisa dijadikan usaha rumahan yang menjanjikan di masa tua sahabat nantinya. Rencana keuangan hari tua memang penting, agar di masa tua sahabat nantinya hanya tinggal memetik hasil dari usaha rumahan yang sudah dibuat sebelumnya.

Baca juga: 5 Rencana Terbaik Merencanakan Tabungan atau Investasi Untuk Hari Tua dan Keluarga 2018 (Full Panduan)

Baca artikel diatas, untuk melengkapi pengetahuan sahabat terkait usaha yang akan digeluti, sehingga sahabat bisa lebih mengembangkan usaha rumahan yang menjanjikan dan yang menguntungkan. Bahkan, jika sahabat menekuninya secara konsisten, bukan hal yang tidak mungkin, usaha rumahan kecil kecilan menjadi lebih berkembang dan menguntungkan. Puluhan usaha rumahan yang akan dibahas ini adalah daftar rekomendasi usaha rumahan  pilihan terbaik dari yang terbaik dan cocok dijalankan oleh sahabat caraable.

Usaha rumahan lebih cocok untuk siapa?

Peluang usaha rumahan di desa bisa dilakukan oleh semua orang, termasuk Ibu rumah tangga yang jenuh berdiam diri dirumah. Usaha rumahan Ibu rumah tangga memiliki banyak peluang untuk berhasil, dikarenakan adanya koneksi antara sesama Ibu rumah tangga. Koneksi antara Ibu rumah tangga ini bisa menjadi paguyuban untuk membuat usaha rumahan ibu rumah tangga berkelompok atau individu saja.

Berikut beberapa poin penting dalam pembahasan kali ini:



Note:
Beberapa poin diatas, caraable klasifikasikan menjadi beberapa klasifikasi agar sahabat caraable bisa lebih mudah memilih  ide usaha rumahan yang terbaik buat sahabat.

Usaha Rumahan Yang Menjanjikan


Kategori Usaha rumahan yang menjanjikan lebih mudah berkembang dengan ketekunan dan relasi yang cukup kuat. Relasi yang dimaksud, bukan relasi pengusaha kaya atau orang terkenal. Tetapi relasi bersifat umum untuk semua orang yang dikenal tanpa terkecuali.

Tanamkan pada diri anda, kita tidak pernah tahu siapa yang akan membuat kita sukses. Jadi berrelasilah ke semua orang tanpa terkecuali, meskipun hanya orang di desa.

Berikut daftar pilihan terbaik usaha rumahan yang menjanjikan :

  • 1. Content creator Blogger
Perkembangan IT khususnya di dunia blogger menciptakan peluang usaha tersendiri. Setiap bulannya bahkan perhatinya akan selalu ada blog baru yang dibuat. Biasanya untuk seorang blogger yang orientasinya udah ke pemasukan (uang) maka dia akan punya lebih dari  1 blog. Misalnya saya sebagai pemilik Blog Caraable ini, sya tentunya masih punya blog lainnya yang menambahkan pemasukan saya. Intinya semakin banyak blog yang dibuat, semakin banyak pula pemasukan yang didapat dari Iklan di Blog.

Tetapi kendala yang biasanya ada adalah pembuatan konten, karena semakin banyak blog, maka semakin banyak konten yang harus dibuat perharinya. Misal mempunyai 10 blog, maka blogger harus membuat 10 artikel dengan Isi paling sedikit 500 kata. Sehingga keterbatasan waktu dan lain hal, banyak para blogger yang memesan konten dari contents creator khusus artikel blog. Sehingga ini lah yang bisa sahabat manfaatkan untuk menjadi peluang usaha rumahan yang menjanjikan.

Berapa penghasilannya atau keuntungan dari usaha rumahan ini?

Berdasarkan pengalaman caraable, harga untuk sebuah artikel sangat bervariasi, mulai dari angkan 9.000 - Ratusan ribu per artikel. Jika sahabat caraable baru memulai dan usaha content creatornya belum terkenal maka artikel sahabat Biasanya dihargai 9000/1 Artikel (700 kata). Jika sahabat bisa membuat artikel 10 perharinya dalam sebulan, sahabat kemungkinan akan mendapatkan Rp. 270.000 per orang. Bayangkan jika sahabat sudah memiliki karyawan, bisa berlipat ganda. Terlebih kalau usaha rumahan content creator sahabat sudah terkenal maka sahabat bisa mematok harga Rp. 100.000++ per atikelnya.


  • 2. Barber shop
Barber shop atau istilah Indonesia tukang potong rambut ini masuk dalam klasifikasi usaha rumahan yang menjanjikan kedepannya dan jika diuleti akan sangat menguntungkan. Dikarenakan potong rambut adalah hal yang wajib bagi setiap orang, terlebih jumlah orang di Indonesia sangat teramat banyak, maka peluang usaha ini sangat bagus dan di rekomendasi kan. Tapi yang perlu diingat disini, sahabat caraable harus menghindari persaingan usaha sejenis, karena akan berat bagi sahabat bersaing dengan barber shop yang udah lama Dan terkenal disitu.

Lalu bagaimana strateginya?

Sahabat bisa mencari tempau usaha dekat pemukiman warga, tidak usah memikirkan pusat Kota atau pusat perbelanjaan, ingat, potong rambut adalah hal yang wajib, jadi orang-orang akan selalu memilih yang dekat dekat rumahnya terlebih dahulu. Dan jika hasilnya memuaskan maka sudah pasti akan datang lagi dan lagi.

Berapa penghasilannya dan keuntungan dari usahan atau bisnis ini?

Standard potong rambut di Desa antara 10.000-15.000 per sekali potong. Untuk Barber shop di Perkotaan atau Kota besar di Indonesia, kisaran harganya sebesar 50.000-150.000. Tentunya masih ada yang lebih mahal lagi, tapi itu cuma standard aja. Tentunya di setiap wilayah memiliki range atau standard harga yang berbeda-beda.

Back to Content


Usaha Rumahan Modal Kecil


Jika sahabat tidak memiliki modal yang cukup atau mengawali sebuah bisnis rumahan tanpa modal, maka, usaha rumahan modal kecil ini akan cocok untuk sahabat semua. Usaha rumahan modal kecil bukan berarti tidak bisa mendapatkan untung besar, akan bisa kalau sahabat menekuninya, meskipun akan sedikit membutuhkan waktu untuk berkembang nya.

Berikut daftar usaha rumahan dengan modal kecil yang bisa anda pilih:

  • 1. Blogger
Blogger merupakan seseorang yang memiliki sebuah situs dan mendapatkan penghasilan dari sebuah Iklan yang dipasang di situsnya. Menjadi seorang Blogger ini memiliki banyak keuntungan, selain Iklan, sahabat bisa mendapatkan penghasilan dari menjual barang, baik itu punya sahabat atau orang lain (Affiliasi).

Berapa penghasilannya dari usaha blog?

Penghasilan blogger dari Iklan Adsense tidak ada batasnya. Ketika sahabat me klik Iklan di sebuah situs, maka yang punya situs mendapatkan penghasilan atau pembayaran. Banyak blogger yang sukses, setiap bulannya mendapatkan puluhan juta dari blog-blog yang mereka punya. Itu hanya dari Iklan saja, belum membuka jasa Backlink, yang paling murah saja di sekitaran harga 150.000 untuk menanamkan satu link saja.


  • 2. Juragan Laundry
Jasa Usaha Laundry tidak hanya dibutuhkan oleh masyarakat perkotaan saja tetapi warga di desa juga banyak yang membutuhkan jasa ini. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan jasa laundry masih lebih murah dibanding mencuci sendiri + mengeluarkan tenaga. Terlebih banyak orang yang sangat sibuk membuat usaha laundry semakin menjanjikan dan bisa dibuka di kota ataupun di Desa.

Bagaimana strategi memulai usaha laundry?

Jika sahabat ingin menekan pengeluaran modal untuk memulai  sebuah usaha maka sahabat bisa memulai dengan cara manual atau tenaga sendiri. Yang terpenting adalah sahabat harus memisahkan keuntungan yang dibuat urusan Pribadi dengan keuntungan yang digunakan untuk pengembangan usaha. Mulai tabung untung membeli mesin cuci. Pada akhirnya atau goalnya, sahabat yang membuka jasa cuci dengan cara manual tergantikan dengan mesin cuci yang hanya klik-klik saja.

Berapa penghasilan yang didapat dari usaha laundry?

Menurut pengamatan caraable, sahabat bisa mendapatkan uang setiap hari nya lebih dari 200.000 (per hari). Laundry dihitung per KG nya, dan biasanya setiap orang yang menggunakan per sekali jasa laundry bisa sampai 5 KG. Akan lebih menguntungkan jika sahabat membuka jasa laundry dwkat dengan kos mahasiswa, sahabat bisa mendapatkan belasan juta perbulannya.

Jika sahabat tertarik dengan usaha laundry, bisa baca panduan lengkapnya disini: Usaha Laundry : Strategi Terbaik Memulai Usaha Laundry Kiloan Cepat Untung

Back to Content


Peluang Usaha Rumahan di Desa


Tinggal di Desa bukan menjadi sebuah kerugian, bahkan bisa menjadi sebuah keuntungan. Peluang usaha rumahan di Desa lebih menjanjikan karena sumber daya di desa lebih banyak, lebih murah dan yang terpenting saingan usaha lebih sedikit dibanding jika memulai usaha di Kota atau Perkotaan. Terlebih orang desa yang lebih bersifat kekeluargaan akan memberikan nilai positif tersendiri bagi memulai sebuah usaha.

Berikut daftar usaha rumahan di Desa yang bisa sahabat caraable mulai dari sekarang:

  • 1. Pembibitan Lele/ Petertenak Lele
Pembibitan lele adalah menjual anakan lele ke peternak lele. Sedangkan petertenak lele, sahabat merawat lele sampai besar, dan baru dijual ke rumah makan, atau rumah-rumah. Usaha rumahan ini cocok di jalankan di Desa, karena lingkungan dan sumber daya yang mendukung. Peluang usaha rumahan di desa untuk pembibitan lele memiliki penghasilan yang menguntungkan dan menggiurkan.

Sahabat caraable tinggal menjaga indukan lele saja, dan memastikan bahw indukan lele bertelur dengan baik. Setelah itu ada 2 pilihan menjual nya saat anakan atau menjualnya saat sudah dewasa dan siap Dimakan. Banyaknya orang yang suka makan lele membuat usaha lele ini sangat berpotensi kedepannya. Karena sekali bertelur jumlahnya sangat banyak, maka semakin banyak juga penghasilan yang akan didapatkan nantinya.

Baca juga:  Cara atau Langkah Memulai Investasi Reksadana Untuk Merencanakan Tabungan Hari Tua Anda

  • 2. Usaha Jamur Tiram
Usaha jamur tiram sangat menggiurkan, usaha ini booming beberapa tahun yang lalu, karena budidaya jamur tiram yang mudah dan potensi pasar yang sangat besar. Potensi pasar ini berhubungan dengan banyaknya orang yang menyukai jamur tiram ini, baik di tumis, ditepung dan dimasak lainnya.

Usaha jamur tiram di Desa menjadi peluang usaha rumahan di Desa yang sangat amat potensial, usaha ini tidak membutuhkan modal besar dan juga sumber daya yang dibutuhkan banyak dijumpai di Desa. Budidaya nya pun juga cukup mudah, bahkan banyak tersebar di internet. Sahabat hanya cukup membutuhkan serbuk kayu, kapur dan bibit jamur. Setelah itu lakukan budidayanya dan sahabat caraable akan mendapatkan penghasilan setiap hari nya.

Berapa peluang penghasilan usaha budidaya jamur tiram?

Penghasilan dari jamur tiram dihitung per gram atau kilogram nya. Sekilogramnya di hargai belasan ribu, dan yang lebih menguntungkan nya, sahabat bisa memanen jamur tiram setiap hari nya. Usaha ini termasuk dalam usaha rumahan modal kecil untung besar.

Back to Content


Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga


Usaha rumahan ibu rumah tangga memiliki potensi tersendiri untuk berkembang dan menguntungkan. Dikarenakan usaha rumahan yang dijalankan ibu rumah tangga lebih kreatif dan biasanya memiliki kelompok ibu-ibu  untuk menjalankan usaha bersama. Usaha rumahan Ibu rumah tangga di Indonesia sangat banyak, karena peran perempuan sekarang yang sudah meningkat dalam memainkan peran di kehidupan rumah tangganya.

Berikut daftar usaha rumahan ibu rumah tangga yang cocok di jalankan oleh  Ibu Rumah Tangga :

  • 1. Usaha Rumahan Makanan Ringan
Usaha rumahan makanan ringan sangat cocok bagi usaha rumahan ibu rumah tangga, karena Caraable yakin hampir semua Ibu rumah tangga punya kemampuan dalam urusan masak-memasak. Sahabat caraable bisa menjalankan usaha bersama Ibu rumah tangga lainnya atau menjalankan usaha rumahan ini sendirian.

Makanan ringan seperti apa?

Tentunya itu bisa dijawab dengan melihat target konsumen, kalau target konsumen masyarakat desa, maka makanan ringan nya juga disesuain dengan selera warga desa, begitupun kalau targetnya masyarakat yang ada di Kota. Tapi sahabat caraable bisa memanfaatkan potensi Desa atau wilayah sahabat.

Jika Potensi wilayah sahabat adalah budidaya jamur, maka itu bisa dijadikan bahan baku utama untuk membuat makanan ringan. Dikarenakan sumberdaya dengan akses yang mudah pasti akan lebih murah, sehingga bisa menekan harga. Harga yang murah akan menjadi keuntungan tersendiri dibanding usaha sejenis lainnya yang lebih mahal.

Baca juga:  Mengenal Investasi Reksadana (Investasi Keuangan) Pilihan Terbaik Sebagai Rencana Hidup Anda

  • 2. Tailor/ Jasa Jahit Baju
Jasa jahit ini juga sangat cocok untuk menjadi usaha rumahan ibu rumah tangga, karena kebanyakan penjahit profesional dari kalangan wanita. Jasa jahit ini juga bisa dilakukan bersama antara Ibu rumah tangga yang tergabung dalam Ibu PKK di Desa atau Kota.

Bagaimana strategi usaha jahit dengan memanfaatkan peran ibu-ibu PKK?

Dikarenakan Ibu PKK adalah salah satu badan yang diakui dalam sebuah berangkat desa atau sebuah wilayah, maka sahabat bisa memanfaatkan ini. Semua project Desa, kecamatan, kabupaten yang berhubungan dengan urusan jahit menjahit urusan baju bisa diserahkan ke usaha Ibu rumah tangga yang tergabung dalam Ibu PKK.

Sehingga perangkat pemerintah akan mendapatkan jasa yang lebih murah, Dan usaha Ibu rumah tangga yang mendapatkan penghasilan dari berbagai project yang didapat.

Back to Content


Usaha Rumahan yang lagi Trend


Membuat usaha mengikuti sesuatu yang lagi trend adalah pilihan yang tepat, karena antusias konsumen yang tinggi. Seperti halnya Es Kepal pada pertengahan tahun 2018. Usaha rumahan yang lagi trend akan menguntungkan jika sahabat bisa menebak lebih dahulu apa yang akan menjadi trend kedepannya (bukan hanya sekedar ikut-ikutan). Usaha rumahan yang lagi trend meskipun usaha kecil-kecilan, jika sahabat memulai start terlebih dahulu dibanding yang lainnya.

Misalnya, fenomena Es Kepal beberapa bulan yang lalu, bayangkan orang yang pertama kali menginisiasi usaha ini, pasti omset dan keuntungannya lebih besar dibanding yang sekedar hanya ikut-ikutan saja.

Berikut usaha rumahan yang lagi trend di tahun 2019 yang layak di jalankan di tahun 2019 ini :

  • 1. Warung Nongkrong Fasilitas WiFi
Warung atau cafe sangat diminati oleh banyak orang dimanapun, karena tradisinya menghabiskan waktu nongkrong bersama teman dan keluarga tidak akan pernah hilang. Terlebih mengikuti perkembangan sekarang yang menggunakan WiFi. Bisa dipastikan warung atau cafe sahabat bisa kebanjiran pengunjung.

Bagaimana strategi pengembangan usaha rumahan yang lagi trend ini?

Tentu kita tidak bisa mengandalkan fasilitas WiFi saja, kita bisa menambahkan tempat yang instagramable. Yup banyaknya anak muda yang eksis di SosMed bisa menjadi peluang usaha tersendiri. Dengan menyediakan tempat yang instagramable, maka pengunjung akan datang untuk menikmati suasana dan berfoto ria.


  • 2. YouTuber
Seseorang yang berfokus menjadi content creator platform YouTube berpotensi penghasilan ribuan dollar perbulannya. Youtuber dalah usaha rumahan yang lagi trend swpanjang masa, bahkan di tahun 2019 banyak youtuber dadakan yang sukses karena 1, 2 konten mereka. Youtuber yang sukses akan merasakan kenyamanan dunia, tidak perlu terlalu menggebu-gebu kerja, mereka tinggal bikin video, viral dapat uang. Surga dunia banget kan sahabat caraable hehe.

Baca juga: 5 Rencana Terbaik Merencanakan Tabungan atau Investasi Untuk Hari Tua dan Keluarga 2018 (Full Panduan)

Terlebih jika sahabat sudah memiliki Alat yang mumpuni dari kamera, Laptop, DLL. Maka sudah setengah jalan sahabat menjadi seorang Youtuber. Tetapi jangan khawatir bagi sahabat yang belum punya perlatan lengkap, sahabat bisa menggunakan kamera HP terlebih dahulu. Setelah menghasilkan baru mulai berinvestasi ke alat-alat tersebut intinya jangan terlalu memaksakan diri.

Content seperti apa yang harus di upload?

Intinya jangan meniru konaep konten orang lain, jelas anda kalah, setiap hal yang meniru tidak akan bertahan lama. Logikanya pengunjung sudah nyaman di channel A dengan konsep X, lalu sahabat menawarkan konsep X juga, tidak ada bedanya. Maka orang-orang akan memilih channel yang lama, dari segi kuantitas dan kualitas sahabat tertinggal jauh, karena sahabat baru memulai menjadi youtuber sedangkan saingan yang anda tiru sudah lama.

Back to Content


Bisnis Rumahan Online


Bisnis rumahan online di tahun 2019 ini cocok bagi sahabat caraable yang suka dengan dunia teknologi dan gadget. Terlebih perkembangan zaman yang lebih mudah, lebih membuat bisnis rumahan online yang menjanjikan. Usaha rumahan ini termasuk dalam modal kecil dengan untung besar.

Sebenarnya sahabat caraable sudah pernah membahas kumpulan pilihan terbaik bisnis online di tahun 2019. Sahabat bisa mengakses nya disini: Bisnis Online Terbaik dan Terpercaya Tanpa Modal di Tahun 2019 (CHECK)

Itu semua adalah usaha rumahan modal kecil yang menguntungkan dan menjanjikan. Jika sahabat caraable mencari usaha rumahan modal kecil untung besar bisa memilih usaha rumahan yang lagi trend. Setiap usaha dan bisnis yang menjanjikan adalah usaha rumahan yang lagi trend. Semua ide usaha rumahan diatas sebenarnya bisa menjadi rekomendasi usaha rumahan untuk siapapun, caraable klasifikasikan agar lebih mudah memahami saja.


Salam,
Caraable.


Back to Content


Note:
Jika sahabat caraable memiliki pertanyaan seputar usaha rumahan : puluhan usaha rumahan modal kecil dan juga usaha rumahan yang menjanjikan baik bagi peluang usaha rumahan di Desa ataupun di kota, Baik usaha yang dijalankan oleh Ibu rumah tangga, mahasiswa dan orang umum bisa ditanyakan di laman komentar dibawah ini. Semua daftar ide usaha rumahan akan menguntungkan, jika sahabat caraable menekuninya dengan giat dan berkemauan mengembangkan usah atau bisnis tersebut.
Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Usaha Rumahan : Puluhan Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Trend 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel