-->

Usaha Laundry : Strategi Terbaik Memulai Usaha Laundry Kiloan Cepat Untung

Pilihan Strategi  terbaik memulai usaha laundry mulai dari nol. Mulai dari rincian modal usaha laundry secara detail, sekaligus informasi terkait daftar peralatan usaha laundry kiloan dan juga daftar paket usaha laundry kiloan.


Caraable.com -- Usaha laundry menjadi usaha rumahan yang menjanjikan banyak keuntungan untuk semua orang, tidak terkecuali untuk pemula. Memulai usaha laundry dari nol membutuhkan strategi yang tepat, agar tidak rugi dan cepat untung. Baik dari rincian modal usaha laundry, peralatan usaha laundry kiloan, harus dipersiapkan dengan matang.  Usaha laundry juga termasuk dari banyaknya usaha rumahan yang sangat fleksibel, bahkan bisa dimulai dengan modal kecil dan mendapatkan untung besar dengan cepat dengan syarat strategi dan pemasaran yang tepat.

Memulai usaha laundry dari nol untuk pemula atau yang baru mengenal potensi usaha ini bukanlah hal yang cukup rumit. Cukup anda tahu daftar peralatan laundry, paket usaha laundry kiloan dan rincian modal, maka sudah 80% sahabat siap memulai usaha laundry kiloan ini.

Lalu apa yang 20%?

20% adalah terkait marketing, eksekusi dan niat. Dalam pembahasan kali ini, caraable akan memposisikan sahabat sebagai pemula, sehingga caraable akan menjelaskan memulai usaha laundry dari nol sampai untung besar. Bahkan caraable akan juga membahas bagaimana mengembangkan usaha laundry ini, menjadi franchise usaha laundry.

Untuk menjelaskan 100% (seratus persen) terkait usaha laundry, pembahasan akan dibagi beberapa poin penting dibawah ini:


Note: Caraable akan bahas berurutan dari nol sampai akhir bagi pemula yang mau memulai usaha laundry ini. Jadi membacanya harus urut.

Peluang Usaha Laundry Kiloan di Indonesia


Sebelum memulai sebuah usaha, tentunya kita harus tahu kekuatan dan kesempatan dalam suatu usaha atau bisnis (tidak boleh asal-asal). Peluang usaha laundry kiloan adalah target konsumen yang beragam dan bisa masuk ke semua lini. 2 hal tersebut yang membuat usaha laundry menjadi usaha rumahan yang menjanjikan, untuk mendapatkan untung besar.

Mari kita bahas 2 peluang dalam bisnis laundry ini:

Peluang usaha yang pertama adalah target konsumen yang sangat teramat banyak. Mulai dari mahasiswa, pelajar sekolah, pekerja kantoran, Dan bahkan keluarga dalam satu rumah pun yang tidak memiliki waktu luang (Misal keluarga yang mau mudik, pulang liburan masih capek, dll) bisa menjadi target konsumen juga. Hal ini sangat penting bagi sahabat yang mau membuka usaha laundry kiloan.

"Poin 1: Kenali target konsumen"

Peluang kedua adalah usaha laundry ini bisa masuk ke semua lini masyarakat dari yang kelas bawah, menengah sampai atas. Hampir semuanya pernah sekali menggunakan jasa laundry. Hal ini menjadikan usaha laundry sangat diminati banyak orang karena bisa masuk semua golongan masyarakat. Hal yang membedakannya cuma seberapa sering mereka menggunakan jasa laundry. Paling banyak ada di kelas menengah yang menggunakan jasa laundry.
Baca Juga: Asuransi Kesehatan Adalah + Kerugian dan Keuntungan Asuransi Kesehatan
Note:
Meskipun bisa masuk ke semua lini, bukan berarti sahabat bisa masuk ke semuanya sekaligus, itu tidak cukup bijak. Karena dalam setiap usaha, karakteristik produk yang dijual mengikuti pasar dan target konsumen. Misalnya sahabat menargetkan semua golongan masyarakat dari kelas atas sampai bawah, lalu menetapkan harga yang murah, maka masyarakat kelas atas akan meragukan kualitas dari jasa usaha laundry sahabat (Harga berbanding lurus dengan kualitas). Begitupun sebaliknya, jika harga dinaikkan, maka yang bisa mengakses hanya masyarakat kelas atas saja. Maka akan lebih bijak memilih satu ruang lingkup tapi jelas.

"Poin 2: Kenali pasar atau ruang lingkup usaha"

Jadi langkah pertama yang harus sahabat lakukan adalah melakukan perencanaan, target konsumen dan ruang lingkup, karena ini nantinya akan berpengaruh ke pemilihan tempat usaha, paket usaha laundry kiloan, modal dan lain-lain. Lebih bagus lagi, jika sahabat memiliki sebuah konsep yang berbeda dengan saingan usaha sejenis. **(Konsep usaha akan dijelaskan lebih lanjut dibagian "analisa usaha laundry kiloan")

Note: Ingat selalu 2 poin diatas, target konsumen dan lingkup usaha. Eksekusi memang penting, tapi mengeksekusi usaha tanpa perencanaan sama saja dengan mempersiapkan sebuah kegagalan.

Back to Content


Memulai Usaha Laundry Kiloan dari Nol untuk Pemula


Memulai usaha laundry dari nol ada strategi nya, terlebih jika sahabat masih pemula dalam bisnis ini. Setelah kita mempelajari peluang usaha diatas, masih ada tahap-tahapan yang sahabat perlu pikirkan secara matang sebelum menjalankan sebuah usaha. Caraable sudah menjabarkannya secara rinci berurutan, simak baik-baik:

1. Paham Teknik Mencuci


Teknik mencuci adalah hal yang mendasar bagi semua orang yang ingin memulai usaha laundry. Tetapi saya yakin ada beberapa dari kalian yang berfikir seperti ini

"Apa sih poin gak guna, cuma cara cuci, semua orang juga bisa" 

Bisa benar, bisa juga tidak. Apa sahabat sudah tahu semua jenis kain, ada beberapa jenis kain yang tidak boleh asal dalam mencuci nya (alias tidak boleh ngawur). Jika tidak maka pakaian akan  RUSAK atau warnanya LUNTUR.

Kalau sudah rusak gimana?

Ya sahabat harus ganti, konsumen tidak akan ambil pusing, barang rusak ya diganti, apalagi rusaknya karena salah mencuci. TENTUNYA sahabat tidak ingin hal tersebut terjadi bukan, masak belum dapat untung, udah tekor aja.

Lalu cara mengatasi rusaknya pakaian konsumen bagaimana?

Simpel, sahabat harus mulai belajar dan paham dasar teknik mencuci. Teknik mencuci pakaian sudah bertebaran di internet dari kain murah sampai kain yang harganya seperti mobil (read: mahal) ada semua tekniknya di internet. Dengan paham teknik mencuci, sahabat bisa menghindari kerugian/ pengeluaran untuk mengganti pakaian yang rusak.

Teknik mencuci apa saja yang harus saya pelajari?

Sebenarnya semakin banyak teknik yang dikuasai semakin baik, tapi jika waktu yang tidak memadai, sahabat cukup mempelajari beberapa teknik mencuci dibawah ini

  1. Jenis-jenis kain yang bisa dicuci di  mesin cuci dan tidak bisa dicuci dengan mesin cuci.
  2. Warna-warna yang tidak boleh dicampur dengan warna lainnya
  3. Teknik pengeringan beberapa jenis kain (FYI: ada beberapa jenis kain yang tidak boleh langsung terpapar sinar matahari)
  4. Penggunaan jenis deterjen dan pemutih (FYI: ada deterjen yang bisa membuat luntur warna jika penggunaan nya tidak tepat)
  5. Penggunaan pewangi
  6. Teknik setrika pakaian (FYI: Terdapat beberapa jenis pakaian yang temperature panas setrikanya tidak boleh asal)
  7. Pengemasan baju

Itu adalah beberapa teknik dan pengetahuan dasar tentang mencuci pakaian yang harus sahabat pahami agar konsumen betah dengan kualitas yang sahabat caraable berikan. Jasa yang memberika kualitas terbaik yang akan dipilih masyarakat.

2. Rincian Modal Usaha Laundry


Rincian modal usaha laundry menjadi sangat krusial, karena dari sinilah sahabat mulai mengatur keuangan usaha sahabat. Jika rincian modal ngawur alias asal-asal saja, bisa dipastikan sahabat akan susah memprediksi perkembangan usaha laundry sahabat. Sebenarnya, jika modal sahabat banyak maka tidak menjadi masalah, akan menjadi masalah jika sahabat memulai usaha rumahan dengan modal kecil. Tentunya sahabat caraable harus tahu apa saja barang yang akan dibeli dan taksiran jumlah modal yang diperlukan.

Dalam rincian harga memulai usaha laundry yang akan caraable berikan, caraable akan menggunakan rincian modal usaha laundry kiloan tingkat menengah/ semi profesional. Tentunya jika sahabat ingin mulai dari tingkatan lebih bawah dari semi profesional tinggal mengganti yang otomatis menjadi manual saja, seperti mesin cuci diganti cuci pakai tangan DLL.

Untuk menjelaskan rincian harga atau modal dalam usaha laundry kiloan akan dibagi menjadi 2 rincian modal, modal operasional dan modal Peralatan.


Rincian Modal Peralatan Usaha Laundry


Nama Peralatan      
   Banyak Barang     
   Harga  
Mesin Cuci
1
 Rp. 1.625.000
Jepitan Baju
1 Pack (24pcs)
Rp. 25.000
Meja Administrasi
1
Rp. 150.000
Timbangan
1
Rp. 135.000
Hanger Baju
1 pack (10 pcs)
Rp. 9.500
Mesin Pengering
1
Rp. 3.800.000
Kursi Plastik
2
Rp. 60.000
Setrika
1
Rp. 219.900
Papan Setrika
1
Rp. 185.000
Keranjang
1 (3 susun)
Rp. 30.000
Alat Tulis
3
Rp. 10.000


Total pengeluaran untuk modal peralatan usaha laundry kiloan sebanyak: Rp. 6.249.400

Note:
  • Data diambil dari salah satu toko online terbesar di Indonesia dan dipilih yang paling murah.
  • Data diambil pada akhir 2018.


Rincian Modal Operasional Usaha Laundry dalam 1 (satu) bulan

Nama Barang
Kuantitas
Harga
Air PDAM
1 Bulan
Rp. 450.000
Pengharum pakaian
1000 ml
Rp. 23.000
Listrik
1 Bulan
Rp. 450.000
Kwitansi atau Nota
1
Rp. 10.000
Pelicin Setrika
3.78 Liter
Rp. 40.000
Gaji pegawai
1 Bulan
Rp. 800.000
Plastik pembungkus
1 Pack
Rp. 20.000
Deterjen Khusus Laundry    
1 Box (12 pcs)      
Rp. 300.000


Total pengeluaran untuk modal operasional sebulan usaha laundry kiloan sebanyak: Rp. 2.093.000


Note:
  • Beberapa produk diambil dari toko online, dipilih yang paling murah
  • Beberapa lainnya (listrik, air) merupakan  taksiran harga dari penulis karen wilayah pembelian juga mempengaruhi harga dari produk tersebut.
  • Data diambil pada akhir 2018.

Jadi total rincian modal usaha laundry kiloan dari peralatan laundry sampai operasional sebulan setidaknya membutuhkan:

Modal Peralatan + Modal Operasional : Rp. 6.249.400 + Rp. 2.093.000 = Rp. 8.342.400 (Modal Awal)

Harga tersebut belum dengan sewa tempat (caraable analogikan tempat usaha milik kalian). Tentunya rincian modal usaha laundry bisa dirubah atau ditekan, tergantung bagaimana sahabat memanajemen apa yang paling dibutuhkan dan apa yang bisa di pending dulu.

Baca juga:  Bisnis Online Terbaik dan Terpercaya Tanpa Modal di Tahun 2019

3. Peralatan Usaha Laundry Kiloan 


Perlengkapan dan peralatan usaha laundry kiloan berbanding lurus dengan rincian modal diatas. Secara tidak langsung apa yang ada di daftar rincian modal usaha laundry diatas, juga peralatan yang dibutuhkan sebagai pelengkap usaha laundry sahabat. Tapi Caraable akan merangkum kembali  agar lebih jelas

  1. Mesin Cuci, tentu penggunaan nya untuk mencuci. Sebenarnya ini opsional, sahabat juga bisa menggunakan cara konvensional (pakai tangan) jika mempunyai modal kecil.
  2. Mesin pengering, peralatan laundry kiloan ini cukup penting, terlebih kalau sahabat membuka usaha laundry kiloan di daerah yang sering hujan seperti Malang.
  3. Jepitan baju
  4. Hanger
  5. Papan setrika
  6. Instalasi air (agar lebih murah pakai sumber dari sumur agar bisa menghapus pengeluaran untuk air)
  7.  Deterjen, pastikan membeli yang khusus laundry (lebih murah)
  8.  Pewangi baju dan pelicin (khusus laundry agar dapat harga yang lebih murah)
  9. Setrika
  10. Timbangan
  11. Dan perlengkapan pendukung lainnya (meja, kursi, Nota, Alat tulis, DLL.)

Semua perlengkapan/ peralatan usaha laundry kiloan diatas bisa ditekan tergantung seberapa pintar sahabat mengatur pengeluaran. Coba banyak mencari teman yang seprofesi agar tahu bagaimana dapat beberapa produk yang lebih murah dibanding toko online.

4. Mencari Tempat Startegis Usaha Laundry 


Mencari tempat strategis untuk memaksimalkan potensi berkembangnya sebuah usaha adalah hal yang penting. Tempat strategis selalu berhubungan dengan target konsumen dan ruang lingkup bisnis laundry yang sudah kita bahas dibagian "peluang usaha laundry kiloan". Seperti yang caraable bilang tadi target konsumen dan ruang lingkup usaha akan menjadi dasar semua perencanaan kita.

Apa yang membuat tempat, target konsumen dan ruang lingkup (pasar) berhubungan?

Misal sahabat memilih menentukan target konsumen dan pasar sahabat adalah mahasiswa universitas yang kos di kawasan A. Maka tempat strategis juga mengikuti hal tersebut, mencari dan memilih tempat usaha di dalam atau minimal dekat dengan kawasan A. Sahabat tidak boleh menargetkan kawasan A tapi memilih tempat usaha di kawasan B. Akan susah untuk berkembang nya. Dan selalu pastikan mencari tempat usaha di pusat suatu wilayah, misal pusat tempat makan, dekat wilayah kos-kosan dan dekat dengan jalan utama. Jika sahabat mendapatkan tempat usaha yang potensial tersebut, maka semakin besar peluang berkembangnya usaha laundry sahabat dengan strategi diatas.

Lalu bagaimana jika tidak mendapatkan tempat strategis untuk tempat usaha?

Semakin potensial dan strategis suatu tempat maka semakin banyak orang yang mengincar dan biaya sewanya mahal (beda cerita kalau itu bangunan milik keluarga sahabat). Jika sahabat tidak menemukan tempat strategis seperti ciri-ciri diatas, maka cukup memilih tempat yang terlihat oleh target konsumen. Misal target kita mahasiswa, maka kita bisa mencari tempat dekat pintu keluar atau pintu masuk universitas. Secara tidak langsung, usaha laundry kita sudah di ketahui target konsumen kita (dalam contoh ini adalah mahasiswa), tinggal memaksimalkan strategi marketing untuk membuat target konsumen, mencoba dan menggunakan jasa laundry kita.

Note: 
Strategi marketing/ pemasaran usaha laundry kiloan akan dibahas di postingan berbeda.

Baca juga:  Mengenal Investasi Reksadana (Investasi Keuangan) Pilihan Terbaik Sebagai Rencana Hidup Anda

5. Paket Usaha Laundry Kiloan 


Paket laundry tentunya di selaraskan atau didasarkan dengan target konsumen, pasar dan persaingan harga. Menentukan paket laundry tidak boleh asal, karena juga berhubungan dengan harga (keuntungan sahabat). Caraable akan memberikan rekomendasi untuk sahabat, paket usaha laundry kiloan yang dapat untung besar dengan modal kecil.

Paket usaha laundry kiloan biasanya dihitung secara murni per KG, misal Rp. 9000/ Kg. Cara seperti itu sudah banyak dipakai orang, bisa disebut tidak ada menariknya. Caraable akan sarankan sahabat menggunakan "Kelompok Paket".

Kelompok paket adalah menentukan harga langsung beberapa Kg baju (tidak satuan lagi) dengan harga dibawah aslinya. Tenang tidak akan rugi karena kita hanya mengurangi sedikit tapi sebenarnya strategi ini lebih menguntungkan.

Misal dengan strategi paket laundry biasa dengan harga normal Rp. 9000 / Kg, jika mendapatkan pesanan 5 kg, maka uang yang didapatkan Rp. 45.000.

Mari kita bandingkan dengan strategi " Kelompok Paket", sahabat tidak menawarkan harga per kg, tapi per kelipatan 5 kg. Berikut daftar paket menurut strategi kelompok paket usaha laundry.

  • Paket 1, 5 Kg = Rp. 43.000
  • Paket 2, 10 Kg = Rp. 85.000
  • Paket 3, 15 Kg = Rp. 125.000

Akan jauh lebih menarik pengunjung bukan, apalagi kalau target konsumen mahasiswa dan masyarakat kelas menengah, padahal cuma memotong sedikit harganya. Tapi cara ini lebih menguntungkan perkembangan usaha laundry dibanding paket laundry biasa per kg nya.

Dari mana bisa untungnya?

Untung didapat, karena sahabat bisa menggunakan takaran deterjen lebih sedikit, listrik lebih sedikit, air lebih sedikit, dibanding dipecah-pecah perkg. Misal 1 orang membawa cucian 5 kg, sahabat cuma butuh sekali cuci saja dengan 3 sendok deterjen, artinya cuma menggunakan mesin cuci sekali, air dan listrik pun lebih sedikit yang digunakan.

Lalu jika dengan cara lama yakni per kg nya, ada 5 orang yang masing-masing membawa 1 kg. Kalian perlu menggunakan mesin cuci sebanyak 5 kali (karena baju setiap pelanggan yang berbeda tidak boleh dicampur), deterjen lebih banyak, listrik lebih banyak dan air yang lebih banyak juga. Jadi akan lebih menguntungkan menggunakan strategi paket usaha laundry kiloan yakni "Kelompok Paket".

6. Taksiran Keuntungan Usaha Laundry Kiloan


Sebenarnya keuntungan usaha laundry tergantung bagaimana sahabat mengaplikasikan semua strategi yang caraable jelaskan diatas. Tetapi mari kita buat hitungan keuntungan. Dalam taksiran keuntungan usaha, Caraable akan analogikan kalau sahabat sudah melakukan semua strategi dan perencanaan memulai usaha laundry dari nol yang sudah dijabarkan di postingan ini.

Hitungan Taksiran Keuntungan Usaha Laundry

Kita menggunakan harga standard yakni Rp. 9000/ kg. Jika sahabat bisa mendapatkan setidaknya 60 pelanggan sehari dengan rata-rata membawa 2 Kg baju (60 pelanggan adalah angka kecil kalau target konsumen mahasiswa yang bejibun di kawasan kos-kosan).

Jadi 60 x 2= 120 kg baju x Rp. 9.000 = Rp. 1.080.000/ hari

Bagaimana kalau taksiran keuntungan selama sebulan, Rp. 1.080.000 X 30 hari = Rp. 32.400.000/ bulan.

Sanggat menggiurkan bukan, itu kalau punya 1 tempat usaha laundry saja, bagaimana jika sahabat sudah punya beberapa cabang, maka akan semakin menguntungkan. Banyaknya pelanggan ditentukan strategi sahabat dalam menentukan paket, cara marketing, dan tempat yang strategis. Semakin maksimal, semakin besar penghasilan sahabat.

60 pelanggan per hari, apa itu tidak terlalu berlebihan?

Saya rasa tidak, jika target mahasiswa malah Angka yang kecil. Setiap tahunnya PTN menerima lebih dari 7.000 mahasiswa baru, belum ditambah mahasiswa lama. Bisa dikatakan terdapat ratusan ribu mahasiswa di pusat kampus. Dan jika sahabat memiliki tempat strategis dan marketing yang top, mungkin bisa 100 pelanggan setiap hari nya.

Baca juga: Usaha Rumahan :Puluhan Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Trend 2019


Back to Content


Analisa Usaha Laundry Kiloan / Persaingan Usaha 


Analisa usaha laundry kiloan menjadi perencanaan yang penting, agar meminimalisir kegagalan usaha laundry sahabat. Untuk strategi  usaha laundry  untu pemula sudah dijelaskan lengkap diatas. Sekarang pembahasan analisa usaha terkait bagaimana cara melihat persaingan usaha sejenis di kawasan yang sama, terlebih memiliki target konsumen dan pasar yang sama.

Persaingan usaha bisa terjadi kalau terdapat 1 jenis usaha yang sama dengan target dan pasar yang sama, sehingga akan berebut konsumen. Analisa yang terbaik dalam usaha laundry kiloan ini adalah kita melihat Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT). Analisa dulu SWOT usaha kalian, lalu analisa SWOT usaha laundry kiloan pesaing usaha. Sahabat bisa memanfaatkan Weakness (Kelemahan) lawan dan menjadikannya sebagai Strength (Kekuatan) sahabat. Dengan cara seperti itu, sahabat punya nilai jual tersendiri dibanding lainnya, lalu manfaatkan itu semua sebagai opportunity (kesempatan) dalam menghadapi persaingan usaha.

Analisa SWOT ini sangat berguna untuk analisa usaha laundry kiloan dalam menentukan nilai jual, bertahan dalam persaingan usaha, dan punya kesempatan mengembangkan usaha menjadi franchise usaha laundry.

Jika sahabat belum paham tentang analisa SWOT. Sahabat caraable cuma harus menulis daftar Kekuatan, Kelemahan, Kesempatan dan Ancaman atas usaha laundry yang akan dibangun. Setelah itu, sahabat tinggal bandingkan setiap klasifikasinya. Bagaimana memaksimalkan kekuatan dan kesempatan, dan bagaimana cara menekan kelemahan dan ancaman yang ada. Analisa usaha laundry kiloan akan memberikan pemahaman lebih terkait strategi selanjutnya yang perlu di lakukan.

Back to Content


Kelemahan Usaha Laundry


Semua usaha memiliki Kelemahan, termasuk usah laundry ini. Kelemahan usaha laundry berhubungan dengan masalah teknis dan non teknis. Caraable menyampaikan ini bukan berarti menjadi "peluntur" semangat sahabat dalam memulai usaha laundry dari nol. Tetapi agar sahabat tahu apa yang harus sahabat antisipasi kedepannya. Berikut ini beberapa kelemahan usaha laundry yang wajib di antisipasi:

1. Peralatan laundry rusak

Sudah sewajarnya apa yang dibuat manusia tidak akan selalu sempurna, akan selalu ada cacat dari awal atau rusak karena pemakaian yang sembrono. Peralatan laundry yang rusak akan menjadi kendala selama perkembangan usaha laundry, dan tentunya membutuhkan uang tambahan untuk semua itu.

Lalu bagaimana cara mengatasi kerusakan peralatan laundry?

Sebenarnya tidak ada yang benar-benar menghindari kerusakan alat, tapi meminimalisir kerusakan alat bukan suatu hal yang mustahil. Penggunaan atau pemakaian alat terutama elektronik harus sesuai dengan panduan, dan jangan pernah memaksa mesin cuci menampung baju lebih dari kapasitasnya. Dan tips yang terakhir, pastikan mesin cuci tidak bekerja 24 jam penuh, harus ada sesi  cooldown nya.

Baca juga: 5 Rencana Terbaik Merencanakan Tabungan atau Investasi Untuk Hari Tua dan Keluarga 2018 (Full Panduan)

2. Limbah laundry

Limbah laundry ini masalah non teknis, jika terlalu merusak lingkungan, maka masyarakat sekitar bisa melaporkan sahabat atas pencemaran lingkungan yang ada ke pihak yang berwajib. Terlebih setiap harinya usaha laundry sahabat terus bekerja, yang artinya limbah usaha sahabat terus menerus bertambah setiap harinya.

Bagaimana cara mengatasi limbah laundry?

Sebenarnya caraable juga sedikit bingung dengan masalah ini, karena apapun yang berhubungan dengan bahan kimia pasti akan berdampak. Bahkan pengelolaan limbah agar aman dibuang membutuhkan biaya. Tapi caraable yakin itu akan memberatkan sahabat apalagi yang baru pemula dalam usaha laundry kiloan. Hal yang paling mungkin dilakukan adalah mencari jenis deterjen dan pewangi yang aman untuk lingkungan. Itu adalah satu-satunya jalan mengatasi masalah ini.

3. Merusak baju konsumen

Seperti yang caraable sampaikan di bagian "teknik mencuci" bahwa ada beberapa jenis kain yang teknik mencuci nya berbeda. Bahkan pencampuran warna baju pun tidak boleh asal atau sembarangan. Jadi cara mengatasi nya pun satu-satunya jalan adalah paham semua teknik mencuci segala jenis kain.

Dan jika kalau terpaksa mengganti, sahabat bisa menekankan di awal, bahwa, penggantian pakaian yang rusak tidak boleh lebih dari fee/ bayaran jasa laundry itu sendiri. Sahabat bisa mencantumkan poin tersebut di Nota pembayaran dan pastikan bahwa itu terlihat oleh konsumen/ tekankan saat konsumen konsumen datang menyerahkan baju yang mau di laundry.

Back to Content


Franchise Usaha Laundry : Pengembangan Usaha Laundry


Franchise merupakan suatu bentuk pengembangan usaha yang didasarkan konsep marketing yang bisa diadopsi/ digunakan semua jenis usaha untuk memperluas pasar dan target konsumen. Dimana sahabat bisa menjual brand sahabat ke orang lain dengan hak dan kewajiban. Meskipun caraable bilang menjual brand, bukan berarti sahabat menjual secara keseluruhan. Sahabat hanya memberikan izin penggunaan brand milik sahabat ke orang lain, tapi semua hak  brand usaha laundry masih atas nama kalian. Meskipun franchise usaha laundry memiliki keuntungan yang besar, tapi juga ada kelemahan dalam jenis pengembangan seperti ini.

Kelemahan franchise usaha laundry kiloan adalah menjaga kualitas dari jasa atau produk yang diberikan. Tapi ini bisa diatur dalam Surat perjanjian terkait hak dan kewajiban yang membeli franchise usaha laundry. Kalau sahabat masih bingung sistem usaha franchise seperti apa? Contoh yang paling mudah adalah Ind*maret Dan Alfa*art. Dua brand toko tersebut boleh dibeli, tentunya dengan syarat yang harus dipenuhi agar kualitas masih terjamin. Misal produk tidak boleh diisi individual, tapi kolektif oleh manajemen toko pusat. Cara dan manajemen franchise ini juga bisa diaplikasikan ke franchise usaha laundry untuk memperluas usaha sahabat.

Itu adalah semua yang bisa Caraable berikan terkait usaha laundry, terutama bagi pemula yang mau memulai usaha laundry dari nol. Sahabat bisa melihat postingan lainnya yang berhubungan dengan bisnis, usaha rumahan dan rencana keuangan.

  1. Usaha Rumahan :Puluhan Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Trend 2019
  2. 5 Rencana Terbaik Merencanakan Tabungan atau Investasi Untuk Hari Tua dan Keluarga 2018 (Full Panduan)
  3. Cara atau Langkah Memulai Investasi Reksadana Untuk Merencanakan Tabungan Hari Tua Anda
  4. Mengenal Investasi Reksadana (Investasi Keuangan) Pilihan Terbaik Sebagai Rencana Hidup Anda
  5. Bisnis Online Terbaik dan Terpercaya Tanpa Modal di Tahun 2019
  6. Asuransi Kesehatan Adalah + Kerugian dan Keuntungan Asuransi Kesehatan

Sahaba bisa mempelajari semua artikel diatas agar pemahaman dan perencanaan sahabat terkait bisnis, usaha rumahan, rencana keuangan dan investasi bisa semaksimal mungkin.


Salam,
Caraable.


Back to Content


Note: 
Jika sahabat memiliki pertanyaan seputar usaha laundry baik dari rincian modal usaha laundry (tentang penekanan harga/ lainnya), peralatan usaha laundry kiloan (pemaksimalan kinerja mesin dan penyusuatan harga barang), paket usaha laundry kiloan (paket yang bisa bersaing atas persaingan usaha sejenis) bisa ditanyakan di kolom komentar. Dan yang lebih penting, jangan lupa baca bagian analisa usaha laundry kiloan, jika tidak, perencanaan sahabat akan tidak berdasar. Usaha Laundry memang sangat menjanjikan, tapi kalau tidak direncanak dan di analisa sedemikian rupa, sama dengan mempersiapkan kegagalan walau itu termasuk jenis usaha yang potensial.
Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Usaha Laundry : Strategi Terbaik Memulai Usaha Laundry Kiloan Cepat Untung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel