-->

Belajar Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) Dengan Contoh Soal + Pembahasan PDF

Belajar Tes Wawasan Kebangsaan untu persiapan Tes CPNS dan STAN. Dilengkapi dengan contoh soal dan pembahasan + Tes Wawasan Kebangsaan online.

Caraable.com  -- Tes Wawasan Kebangsaan atau dikenal dengan sebutan TWK merupakan bagian dari Tes masuk CPNS dan Tes STAN dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis CAT. SKD memiliki 3 bagian tes, yakni, Tes Intelegensi UmumTes Karakteristik Pribadi dan Tes Wawasan Kebangsaan CPNS. Tes Wawasan Kebangsaan berisi banyak pertanyaan terkait sejarah Indonesia. Tapi tenang Caraable akan memberikan contoh soal Tes Wawasan Kebangsaan beserta pembahasan dalam file PDF atau Tes Wawasan Kebangsaan Online.

Seperti halnya dalam Pembelajaran Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebelumnya, caraable akan menyediakan 2 media untuk mengasah kemampuan sahabat dengan pertanyaan. Sahabat bisa download Soal Tes Wawasan Kebangsaan berupa file PDF. Sedangkan yang kedua, sahabat bisa belajar melalui Tes Wawasan Kebangsaan Online, yang berisi banyak Contoh Soal terkait TWK.

Sahabat Caraable juga bisa memilih belajar yang lainnya dengan menekan salah satu Materi Psikotes dibawah ini:


 

Berikut ini beberapa poin penting dalam pembahasan kali ini , dari penjelasan materi sampai contoh soal.


Belajar Tes Wawasan Kebangsaan Lengkap Dengan Contoh Soal + Pembahasan Offline/ Online

Tes Wawasan Kebangsaan adalah


Tes Wawasan Kebangsaan adalah salah satu tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang menguji pengetahuan kita dalam bidang, sejarah, ideologi, nasionalisme dan lainnya. Semua bidang tersebut akan menguji kemampuan hafalan dan ingatan kita.

Apa tujuan dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) ini?

Tujuan dari TWK ini lebih mengarahkan kita terhadap pengetahuan kita soal kenegaraan. Hal yang sudah wajar, karena baik CPNS dan STAN adalah kelompok orang-orang yang akan menjalankan roda pemerintahan, sehingga pengujian nasionalisme dan kenegaraan seseorang adalah poin penting dalam Tes Wawasan Kebangsaan.

Lalu bagaimana penilaian dalam Tes Wawasan Kebangsaan?

Penilaian Tes Wawasan Kebangsaan berbeda dengan Tes Karakteristik Pribadi. Jika Tes Karakteristik Pribadi semua jawaban benar, tapi dengan poin yang berbeda. Sedangkan penilaian Tes Wawasan Kebangsaan dan Tes Intelegensi Umum hanya memiliki 1 jawaban benar.

Meskipun begitu, TWK ini masih bisa dipelajari dan dihafalkan, sehingga akan lebih mudah. Tapi masih ada yang mempersulit, dimana banyaknya tahun penting dalam sejarah akan membuat tantangan tersendiri dalam menghafal materi Tes Wawasan Kebangsaan.

Back to Content


Tes Wawasan Kebangsaan CPNS


Tes Wawasan Kebangsaan CPNS memiliki 30 dari 100 pertanyaan dalam SKD CPNS. Sama seperti yang dijelaskan sebelumnya, tes ini akan menguji kenegaraan dan jiwa nasionalisme sahabat caraable. Meskipun materinya luas dan banyak, tapi masih dibantu dengan adanya kisi-kisi yang membantu pelajaran TWK yang mana yang harus banyak dipelajari.

Apa  kisi-kisi Tes Wawasan Kebangsaan CPNS?

Berikut beberapa kisi-kisi yang keluar dalam Tes Wawasan Kebangsaan CPNS setiap tahunnya.
  1. Pancasila
  2. Undang-undang Dasar 1945
  3. Bhineka Tunggal Ika
  4. Negara Kesatuan Republik Indonesia

Pancasila, akan membahas tentang sejarah pancasila, baik sejarah awal perumusan, pertemuan yang menginisiasi pancasila, tokoh-tokoh dalam pancasila, perdebatan pancasila, tahun-tahun penting pancasila, perubahan dari susunan awal pancasila sampai yang digunakan sekarang dan arti dari setiap poin isi pancasila. Perkiraan terdapat 5 Soal yang akan membahas materi pancasila dalam Tes Wawasan Kebangsaan CPNS.

UUD 45, Undang-undang tahun 1945 ini akan banyak membahas dilema dari perumusan UUD 45. Saya sebut dilema karena pembahasannya seputar sejarah UUD yang bergonta ganti dari beberapa versi UUD sampai sudah permanent memakai UUD 45 sampai saat ini. Selain itu juga akan membahas beberapa tokoh atau institusi yang melanggar aturan UUD, sampai direvisi (berhubungan terjadinya reformasi/ amandemen). Perkiraan akan terdapat 5 soal yang membahas UUD 1945 ini.

Bhineka Tunggal Ika. Tiga kata yang sangat memiliki makna berarti untuk kesatuan Indonesia. Sahabat Caraable akan menemui beberapa pertanyaan seputar, sejarah pemakaian, arti dan makna, dan siapa yang mencetuskan kata Bhineka Tunggal Ika. Karena Bhineka Tunggal Ika ini di buat pertama oleh Empu Tatular pada masa kerajaan dahulu, maka lebih baik juga menghafal tokoh dan tahun pada saat itu. Serta judul buku yang memuat Bhineka Tunggal Ika tersebut. Perkiraan terdapat 5 soal yang membahas materi ini.

Negara Kesatuan Republik Indonesia. Materi ini memiliki beberapa cabang atau sub materi, yakni, Hubungan Internasional, Sistem Tata Negara, Sejarah Internasional, dan Bahasa Indonesia. Setiap sub materi memiliki jumlah pertanyaan yang berbeda-beda. Hub. Internasional memiliki jumlah soal 3 buah, Bahasa Indonesia 5 soal,  Tata Negara 4 soal dan Sejarah Nasional 3 soal.


Bagaimana dengan penilaian Tes Wawasan Kebangsaan dalam CPNS ini?

Seperti halnya diatas, penilaian Tes Wawasan Kebangsaan CPNS ini akan mendapatkan poin 5 jika benar dan poin 0 jika salah. Sahabat caraable harus mengumpulkan 75 poin untuk memenuhi passing grade Tes Wawasan Kebangsaan CPNS agar bisa lanjut ke Seleksi Kompetensi Bidang.

Dari jumlah standard poin TWK berjumlah 75 poin, maka setidaknya dari 30 soal/ pertanyaan TWK, sahabat caraable harus yakin betul sebanyak 15 soal. Jika kurang dari 15 maka dipastikan nilainya dibawah itu dan tidak bisa lanjut Seleksi CPNS nya.

Back to Content


Contoh Soal Tes Wawasan Kebangsaan dan Pembahasan


Berikut ini beberapa contoh soal Tes Wawasan Kebangsaan dan pembahasan, soal yang dikumpulkan hanya contoh soal saja, jadi tidak banyak. Kalau mau mengasah kemampuan, silahkan belajar di file PDF kumpulan soal TWK dan Tes Wawasan Kebangsaan Online dibawah ini:

Note: Dalam pertanyaan tidak saya beri pilihan Ganda, karena memang sifat jawabannya yang sudah pasti. Tapi perlu DIINGAT dalam Tes Wawasan Kebangsaan sesungguhnya, setiap soal memiliki pilihan Ganda. Yang dibawah ini hanya sebagai contoh soal saja.

1. Pancasila disahkan pertama kali oleh PPKI sebagai dasar negara Indonesia pada tanggal?

Pembahasan: Satu hari setelah kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tanggal 18 Agustus 1945, melalui sidang resmi PPKI  membahas, menyempurnakan dan mensahkan pancasila sebagai pondasi Negara Indonesia.

Jawabannya: 18 Agustus 1945


2. Konstitusi Indonesia (UUD 45) dalam konteks klasifikasinya masuk dalam klasifikasi?

Pembahasan:  Konstitusi dari negara kesatuan Indonesia dikenal sebagai UUD 1945. Dimana perumusannya memiliki sejarah yang panjang. Klasifikasi UUD 45 memiliki klasifikasi tertulis, fleksibel dan rigid. Tertulis karena terdokumentasikan secara tertulis. Fleksibel karena konstitusi hanya memuat 37 pasal dan bisa dirubah mengikuti perkembangan zaman. Rigid karena hal yang susah untuk merubah setiap bagian nya.

Jawabannya: Konstitusi bersifat tertulis, fleksibel dan rigid.


3. Kekuasaan tidak berasal dari kekuasaan yang lebih tinggi adalah pengertian dari?

Pembahasan: Menurut Jean Bodin, Kekuasaan adalah sebuah hal asli, karena kekuasaan tidak berasal dari kekuasaan lain yang lebih tinggi. Kekuasaan merupakan hal yang paling dasar.

Jawabannya: Kekuasaan Asli


4. Pemberontakan PKI di Madiun dipimpin oleh?

Pembahasan: Pemberontakan PKI pertama terjadi di Madiun yang dipimpin oleh Amir dan Muso. Pemberontakan ini adalah upaya mengganti NKRI menganut sistem kominesme. Ini adalah bentuk pengkhianatan untuk Negara Indonesia.

Jawabannya: Dipimpin oleh Amir dan Muso.


5. Sekretariat ASEAN berada di?

Pembahasan: Pada Konverensi Tingkat Tinggi di Bali tahun 76, di ciptakan sebuah perjanjian dan ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri. Perjanjian tersebut dikenal sebagai Agreement on The Establishment ASEAN Secretariat yang berisi bahwa sekretariat ASEAN berada di Jakarta, Indonesia.

Jawabannya: Letaknya di Jakarta, Indonesia.

Back to Content


Download Soal Tes Wawasan Kebangsaan PDF


Diatas hanya berupa contoh soal Tes Wawasan Kebangsaan, jika ingin mendapatkan latihan Soal Tes Wawasan Kebangsaan, sahabat caraable bisa download soal tes wawasan kebangsaan di link berikut ini: 100+  Soal Tes Wawasan Kebangsaan (File Available)

File tersebut berisi beberapa pertanyaan seputar TWK  yang disusun sebaik mungkin oleh caraable baik dalam materi ataupun kemiripan soal dengan Tes CPNS sesungguhnya.

Soal yang diberikan akan selalu diupdate, Dan ditambah jumlah soalnya sesuai dengan perkembangan Tes Seleksi CPNS setiap tahunnya. Sehingga pastikan untuk selalu mengecheck update file download Soal Download Soal Tes Wawasan Kebangsaannya.

Download: 100+ Latihan Soal Tes Wawasan Kebangsaan  (File Available)

Note (PENTING): 
Di File tersebut dari Hal. 1-16 berisi materi penjelasan, lalu 17-akhir halaman berisi lebih dari 100 pertanyaan TWK CPNS.

Back to Content


Tes Wawasan Kebangsaan Online


Jika Latihan Soal TWK diatas tidak cukup, disini caraable berikan tambahan berupa Tes Wawasan Kebangsaan secara online yang bisa diakses dimana saja, dengan syarat ada koneksi internet. Tes Wawasan Kebangsaan Online sangat cocok buat sahabat yang sering mencari contoh soal TWK yang beragam dan banyak.

Sahabat caraable bisa mengaksesnya di: TWK Online

Caraable memilihkan situs terbaik untuk sahabat, agar sahabat caraable bisa mendapatkan pengetahuan dan manfaat yang lebih dengan memaksimalkan Tes seputar Wawasan Kebangsaan melalui online ini.

Note:
Jika masih ada kekurangan dalam Tes Wawasan Kebangsaan Online, harap maklum, karena Caraable masih berusaha membuild sebaik mungkin. Untuk itu silahkan pilih bagian "Download Soal Tes Wawasan Kebangsaan PDF" diatas.

Back to Content


Belajar Tes Psikotes Lainnya


Itu semua adalah materi yang bisa Caraable berikan. Selain Tes Wawasan Kebangsaan,  kalian juga bisa mempelajari tes Psikotes lainnya disini:


 

Kembali ke Master Guide Psikotes

Belajar tes psikotes lainnya bisa klik Master Guide Psikotes dibawah ini




Salam,
Caraable.


Back to Content


Note:
Jika sahabat Caraable memiliki pertanyaan seputar Tes Wawasan Kebangsaan, baik dalam bagian contoh soal dan pembahasan, Tes Wawasan Kebangsaan online, tempat download soal Tes Wawasan Kebangsaan dan penjelasan materi tentang belajar Tes Wawasan Kebangsaan, silahkan tinggalkan di komentar ya. Kritik Dan Saran juga sangat diperbolehkan, demi evaluasi konten Caraable.

Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Belajar Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) Dengan Contoh Soal + Pembahasan PDF"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel