-->

Belajar Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Dengan Contoh Soal + Pembahasan

Belajar Tes Karakteristik Pribadi (TKP) lengkap dengan contoh soal + pembahasan. Dilengkapi dengan penjelasan Tes Karakteristik Pribadi CPNS sekaligus penilaian TKP.


Caraable.com -- Tes Karakteristik Pribadi atau juga dikenal dengan sebutan TKP ini merupakan salah satu tes yang sering ditemui dalam Tes CPNS, Tes Stan ataupun saat melamar pekerjaan di perusahaan. Tes Karakteristik Pribadi  memiliki tingkat kesulitan sendiri dibanding Tes Intelegensi Umum dan  Tes Wawasan Kebangsaan CPNS, dimana kita sering diharuskan memilih jawaban yang hampir semuanya adalah jawaban normatif. Tetapi, seiring perkembangan zaman, Tes Karakteristik Pribadi online menyediakan latihan soal Tes Karakteristik Pribadi untuk semakin membantu mengasah kemampuan kita dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan Tes Karakteristik Pribadi.

Caraable sudah mempersiapkan 2 latihan soal, pertama, contoh soal Tes Karakteristik Pribadi dengan pembahasannya dalam bentuk PDF. Sedangkan yang kedua, Tes Karakteristik Pribadi online yang lebih lengkap lagi dengan semua contoh soal dan latihan soal untuk semakin memaksimalkan penilaian Tes Karakteristik Pribadi anda.

Seperti hal pada umumnya, tentu dalam Tes Psikotes pada umumnya, banyak jenis Tes Psikotes yang akan diujikan, jadi sahabat caraable bisa melengkapi pengetahuan sahabat dengan beberapa materi Tes Psikotes lainnya berikut ini.



 


Note: Beberapa tes diatas, Caraable pilihkan yang sering keluar dalam beberapa Tes, baik CPNS, STAN, Beasiswa atau Melamar Pekerjaan.

Berikut ini beberapa poin penting dalam pembahasan Belajar Tes Karakteristik Pribadi: (Diharapkan belajar sesuai urutan, agar dapat penilaian hasil tea sesuai keinginan.



Belajar Tes Karakteristik Pribadi Lengkap


Tes Karakteristik Pribadi adalah


Tes Karakteristik Pribadi (TKP) adalah  jenis tes yang bersifat Non-kognitif, dikarenakan memang tidak ditujukan untuk Tes Intelegensi seseorang. Sehingga karena alasan tersebut pertanyaan yang diberikan lebih bersifat personal atau masing-masing kepribadian individu.

Tujuannya apa tes kepribadian ini?

Tes ini lebih menekankan kejujuran, kelebihan dan kekurangan sahabat semua. Kejujuran didapatkan ketika sahabat menjawab soal sebuah isu yang sama dengan jawaban yang berbeda, karena beberapa pertanyaan saling berhubungan. Sehingga konsisten  dalam menjawab adalah hal yang penting disini.

Sedangkan kelebihan dan kekurangan didapatkan juga dari jawaban sahabat. Karena hampir semua pertanyaan yang di berikan akan bersifat untuk menggali informasi tentang diri sahabat.

Contoh: Misal ada sebuah pertanyaan
"Ketika rapat sedang berlangsung, dan melihat salah satu anggota tim asik bermain HP dan tidak mendengarkan, apa yang anda lakukan sebagai seorang pimpinan rapat?"

Ketika anda menjawab menegur dan menasehati, maka bisa dikatakan anda orang yang bisa menahan amarah dan tidak menjatuhkan seseorang di depan orang lain dengan memarahinya secara membabi buta.

Bagaimana penilaian Tes Karakteristik Pribadi ini?

TKP ini memiliki keunikan sendiri dibanding tes lainnya, karena tidak ada jawaban yang salah dalam tes ini, semua jawaban benar, hanya setiap jawaban memiliki poin yang berbeda-beda. Poin yang diberikan adalah 1 sampai 5, tidak ada yang 0 (nol).

Tantangannya sendiri dalam menjawab soal ini, bagaimana sahabat caraable menemukan jawaban dengan skor atau poin 5. Sudah pasti hal susah, karena hampir beberapa pilihan jawaban merupakan jawaban yang normatif atau jawaban yang bijak.

Untuk bagaimana penilaian Tes Karakteristik Pribadi ini akan dibahas lebih lanjut di bagian bawah.

Back to Content


Tips Tes Karakteristik Pribadi 


Tips ini akan sangat membantu sahabat dalam mengerjakan Tes Karakteristik Pribadi, karena Tes ini Non-kognitif yang tidak bisa dihitung atau diingat jawabannya. Sehingga kalian hanya bisa menebak jawaban mana yang memiliki poin besar, dan jawaban mana yang paling memiliki poin terkecil. Hal yang memusingkan kalau soalnya berupa isu yang kompleks dan memiliki jawaban yang rata-rata bijak semua.

Menebak, apakah tips Tes Karakteristik Pribadi lebih menekankan metode menebak?

Benar sekali, karena tidak bisa dihitung dan dihafal, jalan terakhir adalah menebak jawaban yang paling besar poinnya. Tetapi tidak asal menebak, ada tips nya, berdasarkan pengalaman penulis sendiri, hehe. Berikut tipsnya:

1. Selalu diingat, akan selalu ada 5 pilihan jawaban dengan Poin 1, 2, 3, 4 dan 5.
2. Jawaban dengan poin 1 dan 2, biasanya akan bersifat negatif dan tidak peduli dengan orang lain.
Contoh: "Sebagai pemimpin, saya akan memarahinya karena terlambat bekerja"

3. Jawaban dengan poin 3 dan 4, biasanya jawabannya bijak dan terlihat positif. Tetapi jika ditelisik, jawaban dengan poin ini masih memiliki sifat negatif ke orang lain dan diri sendiri, meskipun memiliki nilai positif.
Contoh: "Saya meminta bantuan teman untuk menyelesaikan pekerjaan saya, agar dapat memenuhi target pimpinan"

4. Jawaban dengan poin 5, biasanya menunjukkan sisi positif dan dapat berfikir dewasa.
Contoh: "Ketika menghadapi masalah besar, saya akan menenangkan diri dahulu, lalu mencoba mengevaluasi apa yang salah"

5. Selau pilih jawaban yang menunjukkan dapat mengendalikan diri yang baik, kesadaranku diri, kedewasaan, rasa tanggungjawab, suka menolong, tidak menjatuhkan orang lain dan selalu terdapat mengungkapkan ide dan gagasan.
6. Jadilah diri sendiri, jangan terlalu mendewakan diri dengan kebaikan yang bahkan tidak pernah terfikir oleh kita.

Baca Juga: Tes Psikotes Deret Angka dan Huruf dalam Penalaran Numerikal 

Back to Content


Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi Dan Pembahasannya


Caraable akan sedikit memberikan contoh atau gambaran tekait bagaimana contoh soal dari Tes Karakteristik Pribadi dan bagaimana menjawabnya sebagai pembahasannya.

1. Jika anda memiliki rencana besar yang sudah lama, tapi dirusak oleh hal-hal sepele, maka...

A.  Sedih, karena menganggap bagaimana hal sepele bisa merusak rencana besar anda.
B. Marah dan melampiaskan ke semua orang yang anda temui.
C. Uring uringan seharian, tidak mau keluar kamar.
D. Mencoba berfikir jernih, dan mengevaluasi semuanya dari awal.
E. Melihat masalahnya disebabkan oleh siapa, dan meminta pertanggung jawaban.

Pembahasan:
Jawaban dengan Poin 5 adalah jawaban D, karena sahabat caraable menunjukkan bahwa sahabat bisa menenangkan diri sendiri menghadapi maslah berat dan langsung bangkit dari keterpurukan. Jadi pilihan jawaban D adalah jawaban yang paling bijak.

Jawabannya: D. Mencoba berfikir jernih, dan mengevaluasi semuanya dari awal.


2. Pimpinan anda memberikan semua pegawainya untuk menyelesaikan semua pekerjaan pada tanggal 20 bulan ini, maka....

A. Akan memaksimalkan dan fokus untuk menyelesaikan pada tanggal 19, sehari sebelum deadline.
B. Meminta Izin untuk agak sedikit terlambat, karena banyaknya tugas lain yang masih menumpuk.
C. Menyelesaikan pas pada tanggal 20.
D. Meminta bantuan teman untuk membagi tugas anda agar deadline terpenuhi.
E. Tidak peduli dengan deadline, karena anda memikirkan kualitas dari hasil, sehingga sedikit lama untuk hasil terbaik tidak menjadi masalah.

Pembahasan: 
Pertanyaan Nomer 2 ini lebih sulit dibanding nomer 1, karena setiap jawaban memiliki sisi kebenaran dan realistis. Sehingga akan susah memikirkan jawaban dengan poin 5.

Jawaban dengan poin 5 adalah menyelesaikan semua pekerjaan sehari sebelumnya, agar memiliki waktu untuk mengkoreksi. Dan juga ini menunjukkan bahwa sahabat memiliki management waktu yang baik, karena selesai sebelum tenggat deadline yang diberikan.

Jawabannya: A. Akan memaksimalkan dan fokus untuk menyelesaikan pada tanggal 19, sehari sebelum deadline.

3. Pimpinan anda sedang melakukan korupsi sebuah projek, dan anda satu-satunya orang yang mengetahui hal tersebut, maka...

A. Dalam hati tidak setuju dengan apa yang dilakukan pimpinan
B. Melaporkan ke pihak yang berwenang
C. Tidak peduli, karena anda tahu, posisi anda trancam
D. Menjauhkan diri, tidak ingin tersangkut kasus
E. Menganggap sudah lumrah

Pembahasan:
Jawaban yang paling sesuai adalah jawaban B, ini menunjukkan bahwa Integritas anda terhadap kemajuan perusahaan, bukan perorangan atau semacamnya. Ini juga menunjukkan bahwa anda berani menghadapi semua orang yang bersalah, meskipun itu pimpinan.

Jawabannya: B. Melaporkan ke pihak yang berwenang


Itu adalah 3 contoh soal dan pembahasannya, untuk melihat contoh soal lainnya silahkan download disini berupa file PDF: Download Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi dan Pembahasannya .pdf


Back to Content


Tes Karakteristik Pribadi Online


Selain menyediakan contoh soal Tes Karakteristik Pribadi  dan pembahasannya, Caraable juga memberikan rekomendasi tempat belajar untuk Tes Karakteristik Pribadi secara online. Keuntungan melalui tes online ini, soal yang diberikan lebih bergam dibanding lainnya. Hal ini akan membuat sahabat lebih matang lagi dalam menghadapi Tes Kepribadian ini, dan diharapkan dapat membantu sahabat secara maksimal.

Sahabat bisa mulai belajar Tes Karakteristik Pribadi  di link berikut ini, Tes Karakteristik Pribadi Online . Dari sekian banyak Tes Karakteristik Pribadi online, caraable pilihkan situs yang paling lengkap sebagai media pembelajaran sahabat.

Tes Karakteristik Pribadi CPNS 2019


Tes Karakteristik Pribadi CPNS hampir tidak jauh berbeda dengan TKP lainnya. Meskipun begitu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam TKP CPNS. Berikut ulasan pengalaman penulis yang pernah ikut Tes  Kompetensi Dasar CPNS, yang salah satunya ada Tes Karakteristik Pribadi.

Jadi dalam Tes Karakteristik Pribadi CPNS, terdapat 40 soal TKP, masing-masing memiliki poin 1-5 / (per) pertanyaan. Dalam tes ini lebih membahas isu dengan tema sesuai dengan kementerian atau bidang yang kita pilih.

Jika kita memilih Kementerian Desa, maka Tes Karakteristik Pribadi akan tidak jauh dengan tema atau program pedesaan. Begitupun dengan bidang lainnya. Tetapi masih ada kemungkinan adanya beberapa pertanyaan yang bersifat umum, seperti dengan isu management, kepemimpinan dan isu konflik.

Dari 40 soal, sahabat caraable dituntut untu mendapatkan skor atau poin 143 untuk bisa memenuhi passing grade dari Tes Seleksi CPNS. Tes Karakteristik Pribadi CPNS menjadi momok yang menakutkan karena banyak yang gagal disini, bukan karena soal yang Susah, tapi waktunya yang sudah habis untuk menyelesaikan Tes Wawasan Kebangsaan dan Tes Intelegensi Umum yang membutuhkan waktu yang sangat banyak. Sehingga saat ke TKP waktu sudah habis, padahal terdapat 40 soal.

Baca Juga: Tes Psikotes Logika Analisis Lengkap

Sehingga management waktu adalah hal yang penting disini, sahabat caraable disarankan untuk menyelesaikan Tes Karakteristik Pribadi CPNS terlebih dahulu, baru mengerjakan TKW dan TIU. Untuk lebih matang nya dalam persiapan menghadapi Tes Karakteristik Pribadi, lebih baik banyak-banyak latihan soal, lalu melihat dan menganalisa kenapa jawaban itu memiliki poin tertinggi.

Back to Content


Bagaimana Penilaian Tes Karakteristik Pribadi


Sebenarnya sudah saya ungkapkan diatas, tapi ini pembahasan lebih mendalam terkait penilaian dalam TKP ini. Sebelumnya saya sudah jelaskan bahwa poin tertinggi dalam TKP adalah 5, sedangkan poin terendah adalah 1.

Lalu apa yang harus diperhatikan?

Yang harus diperhatikan beberapa aspek yang akan muncul, yang juga berpengaruh terhadap penilaian Tes Karakteristik Pribadi. Seperti, Aspek Tanggungjawab, Aspek Integritas, Aspek Kejujuran, Aspek Adaptasi, Aspek Mengendalikan Diri, Aspek Inisiatif dan Aspek Meraih Prestasi.

Hampir semua Tes Karakteristik Pribadi  memiliki aspek diatas, yang nantinya aspek tersebut akan dikombinasikan dengan isu atau tema yang sesuai dengan bidang atau instasi yang sahabat pilih. Saya akan jelaskan beberapa halnya:

  1. Aspek Insitif, pilihlah jawaban yang menunjukkan sahabat sering memberikan ide dan gagasan. 
  2. Aspek Tanggungjawab, pilih jawaban yang menunjukkan anda orang yang menyelesaikan semua tugas tepat waktu, dan tidak membebani orang lain.
  3. Aspek Mengendalikan Diri, pilih jawaban yang berhubungan dengan cara anda tidak gampang berubah mood atau emosi.
  4. Aspek Kejujuran, pilih jawaban yang menunjukkan anda orang yang suka berkata jujur agar hidup lebih damai dan tidak pernah gelisah.
  5. Aspek Integritas, pilih jawaban yang menunjukkan bahwa setiap orang hormat dan segan kepada kemampuan anda.


Back to Content


Belajar Tes Psikotes Lainnya


Itu semua adalah materi yang bisa Caraable berikan. Selain Tes Karakteristik Pribadi,  kalian juga bisa mempelajari tes Psikotes lainnya disini:


 

Kembali ke Master Guide Psikotes

Belajar tes psikotes lainnya bisa klik Master Guide Psikotes dibawah ini




Salam,
Caraable.


Back to Content


Note:
Jika sahabat caraable memiliki pertanyaan seputar Tes Karakteristik Pribadi, baik dari Penjelasan Materi ( Tes Karakteristik Pribadi adalah ), contoh soal dengan pembahasan, penilaian Tes Karakteristik Pribadi dan latihan soal Tes Karakteristik Pribadi online, silahkan taruh di laman komentar, agar Caraable bisa menanggapi langsung.
Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Belajar Tes Karakteristik Pribadi (TKP) Dengan Contoh Soal + Pembahasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel