-->

Belajar Tes Intelegensi Umum/ TIU CPNS + Contoh Soal dan Pembahasan PDF

Belajar Tes Intelegensi Umum atau TIU CPNS lengkap dengan contoh soal Tes Intelegensi Umum, sekaligus bisa download  soal Tes Intelegensi Umum dan pembahasan PDF


Caraable.com -- Tes Intelegensi Umum atau TIU merupakan bagian dari Tes CPNS, yang juga masuk dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS seperti Tes Karakteristik Pribadi dan Tes Wawasan Kebangsaan CPNS. Tes Intelegensi Umum lebih difokuskan ke aspek Logika, Perhitungan dan Kebahasaan. Sebenarnya Tes Intelegensi Umum ini tidak hanya menjadi TIU CPNS saja, tetapi juga sering kita temui di rekrutmen perusahaan, beasiswa dan TPA masuk perguruan tinggi.

Seperti pembahasan Tes Wawasan Kebangsaan dan Tes Karakteristik Pribadi sebelumnya, pembahasan Tes Intelegensi Umum akan membahas mulai dari Dasar Materi, Kisi-kisi TIU, Contoh Soal TIU dan Pembahasan, Soal Tes Intelegensi Umum PDF dan TIU online.

Untuk memudahkan sahabat caraable dalam belajar, Caraable juga telah memilihkan beberapa Tes Psikotes yang masih berhubungan dengan pembahasan kali ini:


 


Berikut beberapa poin penting yang menjadi pembahasan postingan kali ini:


Tes Intelegensi Umum adalah


Tes Intelegensi Umum adalah tes yang mengukur kemampuan sahabat dalam berfikir logis, pemecahan masalah numerikal dan pembendaharaan bahasa Indonesia menurut KBBI. Jika Tes Wawasan Kebangsaan membutuhkan daya ingat untuk bisa menjawab soal tes. Sedangkan Tes Intelegensi Umum mengharuskan sahabat harus benar-benar memahami materi untuk bisa menjawab soal, tidak hanya sekedar menghafal saja.

Apa tujuan akhir dari Tes Intelegensi Umum?

Tujuan Tes Intelegensi Umum yakni untuk melihat peserta tes atau Calon PNS dapat berfikir logis di beberapa masalah dan juga untuk melihat tingkat pengetahuan dari semua calon peserta tes. TIU sendiri melengkapi TWK dan TKP, yang penilaian nya berbeda-beda satu sama lain.

Apakah Tes Intelegensi Umum selalu ada dalam proses rekrutmen?

Untuk seleksi CPNS dan seleksi masuk STAN, TIU akan selalu ada setiap tahunnya dengan semua sub materi didalamnya. Kurang lebih terdapat 9 (sembilan) sub materi dalam Tes Intelegensi Umum. Tetapi kalau dalam rekrutmen perusahaan dan beasiswa,  9 sub materi tidak masuk semua, mungkin hanya sebagian besar. Beberapa sub materi akan dijelaskan di kisi-kisi TIU di bawah ini.

Back to Content


Tes Intelegensi Umum CPNS / TIU CPNS


Tes Intelegensi Umum CPNS memiliki jumlah soal sebanyak 30 soal/ pertanyaan dari 100 soal setiap paketnya. Setiap pertanyaan TIU CPNS akan dibagi ke 9 sub materi, jadi jangan khawatir kalau sahabat kurang di sub materi perhitungan karena bisa ditutupi di sub materi yang lainnya. Seperti yang caraable sampaikan diatas, 30 soal akan berisi tes perhitungan, tes kebahasaan dan tes logika berfikir.

Berikut kisi-kisi Tes Intelegensi Umum?

Tes Intelegensi Umum terdiri dari 9 sub materi dari 3 kategori. 9 sub materi nya yakni, Sinonim, Antonim, Analogi, Kelompok Kata, Aljabar, Deret Angka, Aritmatika, Penalaran Logika dan Penalaran Analisis.

Semua sebagian sub materi sudah caraable jelaskan sebelumnya di postingan terpisah sebelumnya. Jadi semua sub materi harus di pahami agar dapat memenuhi passing grade TIU CPNS. Meskipun Tes Intelegensi Umum terdiri dari 9 sub materi tes psikotes, dan terhitung banyak, tapi sebenarnya ini menjadi keuntungan sendiri dari banyaknya kisi-kisi Tes Intelegensi Umum.

Note: 
Akan dijelaskan lebih lanjut di bawah terkait sub materi yang masuk dalam TIU CPNS


Kenapa caraable bilang banyaknya sub materi menjadi keuntungan?

Hal ini dikarenakan sahabat caraable akan mendapatkan keuntungan dari sub materi tersebut. Jika sahabat caraable kurang menguasai dalam beberapa sub materi, maka sahabat caraable bisa memaksimalkan dalam sub materi yang lainnya. Seperti, kalau sahabat caraable kurang dalam masalah perhitungan, sahabat caraable dapat memaksimalkan di sub materi yang lain. Dengan strategi seperti itu, sahabat caraable dapat memenuhi passing grade TIU CPNS.

Back to Content


Tes Intelegensi Umum terdiri dari


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Tes Intelegensi Umum terdiri dari beberapa materi yang semuanya akan masuk dalam TIU, tetapi dengan jumlah soal setiap materi yang berbeda. Berikut ini caraable jabarkan setiap materi yang masuk dalam Tes Intelegensi Umum.

Sinonim
Sinonim merupakan sebuah istilah untuk menunjukkan keterkaitan makna antara dua kata/ lebih. Hubungan antara kata  memungkinkankan setiap kata yang memiliki sinonim digantikan dengan sinonimnya itu sendiri tanpa merubah arti atau makna kalimat yang ada. Dengan kata lain meskipun dalam kalimat terdapat kata A digantikan dengan sinionimnya yakni kata B, maka makna dalam sebuah kalimat masih sama atau tidak berubah. Terdapat beberapa macam atau jenis sinonim yang sudah dijelaskan di postingan berbeda dengan contoh soalnya juga.

Pembelajaran lengkapnya dan contoh soalnya,  akses disini:  Tes Psikotes Verbal Bagian Sinonim


Antonim
Antonim dipahami sebagai lawan kata, atau arti yang sangat bertentangan dalam masing-masing kata, baik dari arti atau susunan hurufnya. Antonim dalam sebuah Tes Psikotes, TIU CPNS dan yang lainnya, ditandai dengan tanda "><". Meskipun hanya sekedar mencari makna yang berbeda, pemilihan lawan kata tidak boleh asal atau ngawur, hal ini dikarenakan setiap kata memiliki antonimnya sendiri. Terdapat juga beberapa jenis antonim yang sudah dijelaskan sebeumnya berikut dengan contoh soal antonim dalam Tes Intelegensi Umum CPNS. Bisa diakses melalui link dibawah ini.

Pembelajaran lengkapnya dan contoh soalnya,  akses disini: Tes Psikotes Verbal Bagian Antonim


Analogi
Analogi sendiri masih dalam kelompok Tes Psikotes Penalaran Verbal. Berbeda dengan yang lainnya, analogi memiliki tingakt kesulitas yang bisa dikatakan cukup menguras pemikiran. Hal tersebut dikarenakan sahabat caraable mencari pola dalam beberapa kata yang diberikan. Pola yang dicari pun tidak boleh asal, terdapat 7 Pola untuk dianalisis, kalian bisa membaca setiap polanya di postingan yang membahas Analogi. bisa diakses melalui link dibawah ini.

Pembelajaran lengkapnya dan contoh soalnya,  akses disini: Tes Psikotes Verbal Bagian Analogi


Kelompok Kata
Kelompok kata sebenarnya simpel, sahabat caraable cuma harus mencari kecocokan anatara setiap kata yang diberikan. Baik dilihat dalam jenis, warna, fungsi Dan sebagai nya. Intinya mencari kesamaan dari setiap kata, dan kata yang tidak ada hubungan nya di eliminasi.



Deret Angka
Deret Anka dan Huruf ini menjadi yang sering dijumpai dalam setiap tes rekrutmen. Dalam Tes CPNS, Deret angka masuk dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS, lebih tepatnya dalam bagian Tes Intelegensi Umum. Deret Angka menguji kemampuan analisis kita untuk menemukan pola dan mencari angka atau huruf yang hilang, tentunya setiap pertanyaan yang diberikan dalam TIU CPNS memiliki pola pencarian yang berbeda. Dengan kata mudahnya, sahabat caraable disuruh mencari angka atau huruf selanjutnya atau yang hilang ditengah angka. kalian bisa lihat penjelasan dan contoh soalnya dengan mengakses link dibawah ini.

Pembelajaran lengkapnya dan contoh soalnya,  akses disini:  Tes Psikotes Numerikal Deret Angka


Aljabar & Aritmatika
Aljabar dan Aritmatika ini menuntut sahabat semua untuk menyelesaikan masalah numerikal, baik itu dalam bentuk aljabar, pecahan atau yang lainnya. Bangun ruang juga masuk dalam hal ini. Kurang lebih seperti apa yang kita pelajari di SMP dan SMA. Bagian ini paling membutuhkan waktu yang lama dalam pengerjaan nya karena hampir semua soalnya tidak ada yang simpel. Jadi cara terbaik adalah latihan dan latihan terus menerus.


Penalaran Logika Deduksi
Tes Logika Deduksi ditujukan untuk mengetahui kemampuan kita dalam menyimpulkan suatu masalah dengan melihat semua premis atau subjek. Tes Logika Deduksi ini memiliki rumus tersendiri, seperti silogisme dan yang lainnya. Setiap premis yang diberikan harus di simpulkan dengan menggabungkan semua informasi yang ada tanpa merubah makna atau arti didalamnya. penjelasan materi dan contoh soalnya bisa diakses dibawah.

Pembelajaran lengkapnya dan contoh soalnya,  akses disini:  Tes Psikotes Penalaran Logika Deduksi


Penalaran Logika Analisis
Logika Analisis tidak seperti Logika deduksi yang memiliki panduan pola dan hanya cukup menghafal rumus untuk bantuan menjawab. Logika Analisis tidak memiliki hal tersebut, jadi sahabat caraable memang harus mencari strategi atau cara tersendiri untuk menyelesaikan teka teki yang ada dalam sebuah pertanyaan Logika Analisis ini. Bentuk pertanyaan logika analisis adala tes intelegensi umum cpns berbentuk cerita panjang, banyak subjek, penuh taka-teki dan pertanyaan yang membingungkan. Tapi jangan khawatir caraable sudah membahas strategiuntuk menjawab soal Logika Analisis ini, silahkan akses melalui link dibawah ini.

Pembelajaran lengkapnya dan contoh soalnya,  akses disini: Tes Psikotes Penalaran Logika Analisis


Note:
Dari sekian banyak nya materi diatas, masih ada lagi jenis soal TIU yang masuk dalam Seleksi Kompetensi Dasar CPNS, yakni Tes Intelegensi Umum Gambar.  Penjelasan nya ada dibawah ini.

Back to Content


Tes Intelegensi Umum Gambar


Soal Tes Intelegensi Umum gambar biasanya juga disisipkan dalam soal tes CPNS, meskipun tidak masuk dalam sub materi yang caraable sampaikan diatas. Untuk kategori nya sendiri, Tes Intelegensi Umum Gambar  masuk dalam kategori materi dari Penalaran Figural, berikut beberapa TIU gambar dalam soal tes CPNS.
  1. Tes Deret Gambar
  2. Penalaran  Gambar
  3. Gambar Embed
  4. Lipatan Kertas
  5. Analisis Gambar
  6. Pengelompokan Gambar, dan 
  7. Melengkapi Gambar.

Note: Diatas adalah beberapa materi terkait penalaran gambar yang sudah caraable buat sebelumnya. Dilengkapi dengan contoh soal dan pembahasan. Sehingga cocok untu menjadi pelajaran Tes Intelegensi Umum Gambar.

Back to Content


Contoh Soal Tes Intelegensi Umum CPNS dan Pembahasannya


Contoh soal Tes Intelegensi Umum CPNS dan Pembahasannya ditujukan untuk melengkapi beberapa materi diatas. Contoh soal diberikan random dari 9 sub materi dan soal Tes Intelegensi Umum gambar. Untuk lebih lengkapnya, download soal Tes Intelegensi Umum  PDF dan Tes Intelegensi Umum Online untuk latihan soal Tes Intelegensi Umum.


1. Jenggala =.......

A. Padang Pasir
B. Hutan
C. Tanah Luas
D. Persawahan

Pembahasan:
Sinonim merupakan salah satu soal yang tidak bisa dianalisa keculai berhubungan dengan kata serapan, karena itu kalianmaka sahabat caraable harus memperbanyak pembendaharaan dan menghafal  kataa-kata yang ada  di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Selain cara itu kalian bisa memerbanyak latihan soal untuk melengkapi latihan sahabat.

Jawaban: B. Hutan


2. Abun-abun >< ......

A. Kenangan
B. Mimpi
C. Langit-langit rumah
D. Angan-angan

Pembahasan: Jika sahabat caraable menemui kata seperti diatas, maka sahabat caraable tidak bisa dengan mengarangnya, karena memang sifat kata yang jarang digunkan oleh kebanyakan orang. maka sahabat caraable  harus memperbanyak hafalan kata dari Kamus Besar bahasa Indonesia. Dikarenakan memang kunci Tes Psikotes Verbal adalah jenis soal yang harus memperbanyak pembendarahaan kata.

Jawaban: D. Angan-angan



3. Melihat:Melirik = Membawa:........

A. Menyentuh
B. Mengangkat
C. Menjinjing
D. Menggendong

Pembahasan: Shabat haru tahu 7 pola dalam jenis soal ini, kalau belum tahu, silahkan dipelajari lebih dahulu disisni, Tes Psikotes Verbal Bagian Analogi. Untuk langkah pertama lihat klue yang diberika pada rangkaian kata pertama, setelah itu tentukan masuk pada pola yang mana. Caraable melihat ini masuk dalam pola  " Definisi", Melihat memiliki makna yang berdekatan dan hampir sama dengan Melirik, sedangkan Membawa juga memiliki arti yang sama dengan Menjinjing.

Jawaban: C. Menjinjing


4. Jawablah Pertanyaan dibawah ini

-Setiap mahasiswi yang lulus kuliah akan mendapatkan gelar.
-Amel Lulus kuliah tahun ini.
-.........?

A. Amel adalah Mahasiswi
B. Amel tahun ini Lulus kuliah
C. Amel tidak menerima gelar apapun
D. Amel akan mendapatkan gelar tahun ini

Pembahasan: Ini merupakan bagian dari Penalaran Langsung, jika kita berpijak pada rumus Penalaran Langsung diatas maka pemecahannya seperti ini. Jika O merupakan bagian dari A, Dan X bagian dari O. Maka X merupakan bagian O juga.

Premis 1: Setiap mahasiswi yang lulus kuliah akan mendapatkan gelar.
Premis 2: Amel lulus kuliah tahun ini.
Kesimpulan: Amel akan mendapatkan gelar tahun ini

Jawaban: D. Amel akan mendapatkan gelar tahun ini


Note:  
Jika masih bingung silahkan lihat penjelasan materi dan lebih banyak contoh soal, melalui link dibawah ini:  Tes Psikotes Penalaran Logika Deduksi


5. Jawablah pertanyaan dibawah ini.  
Berikut perbandingan jadwal kedatangan transportasi laut dengan transportasi udara yang sama-sama dari Jakarta ke Surabaya. Jika transportasi udara dari Jakarta ke Surabaya membutuhkan waktu sampai pada pukul 14.00 WIB, untuk sampai di SBY memakan waktu 15 jam. Pukul berapakah sampai di SBY,  jika menggunakan transportasi Udara dengan keberangkatan pada jam yang sama Dan selisih waktu antara transportasi udara dan laut sebanyak 13 Jam?

A. 14.00
B. 16.00
C. 18.00
D. 17.00
E. 21.00

Pembahasan:
-Lama perjalanan menggunakan transportasi laut 15 jam
-Lama perjalanan transportasi udara, 15 - 13 = 2 jam.
-Jika berangkat dari Jakarta pukul 14.00 maka sampainya pukul 16.00, karena lama waktu perjalanan cuma 2 jam

Jawaban: B. 16.00

Note:
Jika masih bingung silahkan lihat materi dan contoh soal lainnya di: Tes Psikotes Penalaran Logika Analisis


6. Cari nomer yang hilang

3, 6, 4, 8, 6, ...

A. 9
B. 7
C. 10
D. 5
E. 12

Pembahasan: Tentukan dahulu polanya lebih dahulu, biar lebih mudah hitung perbedaan Angka disetiap angkanya. Setelah semua dihitung, ditemukan ada pola yang sama. Yaitu: bertambah dan berkurang.

Contoh soal tes intelegensi umum cpns deret angka

Jadi bisa dikatakan ini merupakan 1 Larik dan jawaban yang benar adalah Angka 12.

Jawaban: E.12


Note:
Jika masih bingung silahkan lihat penjelasan materi dan lebih banyak contoh soal, melalui link dibawah ini: Tes Psikotes Numerikal Deret Angka


7. Pertanyaan TIU gambar

Contoh soal tes intelegensi umum cpns bagian Intelegensi umum gambar

Pembahasan: perhatikan gambar kecil dibagian kanan, setiap perubahan gambar selanjutnya mengikuti gambar kecil di sebelah kanan tersebut. Lalu gambar kecil itu diputar dan dijadikan gambar yang berukuran lebih besar di gambar sebelah kiti. Sehingga kemungkinan besar jawaban yang paling tepat adalah C. Jika masih bingung silahkan pahami dulu materi dan contoh soal lainnya di Tes Psikotes Penalaran Figular Deret Gambar dan Huruf.


Jawaban: C


Note: (PENTING)
  • Semua soal sudah pernah dibahas sebelumnya dalam postingan berbeda, check disini:  Master Guide Psikotes
  • Soal yang diberikan hanya beberapa saja, karena ditujukan hanya untuk contoh soal Tes Intelegensi Umum. Untuk soal lebih lengkapnya kalian bisa mendownload soal Tes Intelegensi Umum PDF atau mengakses Tes Intelegensi Umum online dibawah ini.


Back to Content


Download Soal Tes Intelegensi Umum PDF


Diatas hanya  contoh soal Tes Intelegensi Umum,  jika ingin belajar lebih dengan  latihan soal TIU yang lebih lengkap, sahabat caraable bisa men download soal Tes Intelegensi Umum PDF dan mengaksesnya mealalui link ini: 150++ Soal Tes Intelegensi Umum PDF

File PDF tersebut berisi beragam pertanyaan yang terfokus dalam soal Tes Intelegensi Umum, Untuk mendownload soal TWK dan soal TKP, silahkan klik link berikut ini:  Download Soal Tes Wawasan Kebangsaan dan Download Soal Tes Karakteristik Pribadi.

Caraable akan selalu berusaha untuk mengupdate terus menerus soal TIU CPNS sesuai dengan Seleksi CPNS setiap tahunnya. Jadi pastikan untuk selalu  mengecheck link download baik TWK, TIU dan TKP secara berkala. Terlebih mendekati seleksi CPNS.

Download: 150++ Soal Tes Intelegensi Umum PDF (File Available)

Back to Content


Tes Intelegensi Umum Online


Selain kumpulan latihan soal dan contoh soal Tes Intelegensi Umum offline, Caraable sudah mempersiapkan Tes Intelegensi Umum online yang cocok buat sahabat caraable yang ingin mendapatkan soal TIU CPNS yang beragam melalui online.

Sahabat Caraable bisa mengakses nya disini: Tes Intelegensi Umum Online

Note:
TIU Online dalam tahap pembangunan untuk memasukkan database pertanyaan yang beragam. Karena banyaknya jumlah kategori soal, maka akan sedikit membutuhkan waktu. Untuk itu sementara sahabat bisa melatih kemampuan  Intelegensi Umum untuk persiapan Seleksi Kompetensi Dasar CPNS atau yang lainnya melalui link download soal Tes Intelegensi Umum yang sudah caraable sampaikan diatas.

Back to Content


Belajar Tes Psikotes Lainnya

Itu semua adalah materi yang bisa Caraable berikan. Selain Tes Intelegensi Umum,  kalian juga bisa mempelajari tes Psikotes lainnya disini:


 

Kembali ke Master Guide Psikotes

Belajar tes psikotes lainnya bisa klik Master Guide Psikotes dibawah ini




Salam,
Caraable.


Back to Content


Note: 
Jika sahabat Caraable memiliki pertanyaan seputar Tes Intelegensi Umum, baik dari contoh soal  Tes Intelegensi Umum dan pembahasan, tempat download soal Tes Intelegensi Umum PDF bisa ditanyakan di laman komentar. Dan jika sahabat caraable mempunyai masukan terkait Tes Intelegensi Umum online bisa di sampaikan di laman Contact Us atau laman komentar dibawah ini.
Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Belajar Tes Intelegensi Umum/ TIU CPNS + Contoh Soal dan Pembahasan PDF"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel