-->

Cara Pembuatan Visa Australia Lengkap + Syarat Visa Australia 2019 [Terbaru]

Cara mengurus sendiri pembuatan visa australia dengan mudah ditambah informasi syarat visa australia, biaya pembuatan, dormulir visa australia dan jenis visa australia.


Caraable.com -- Pembuatan Visa Australia kurang lebih sama dengan alur pembuatan dan syarat Visa ke China. Persamaannya terletak pada pengajuan permohonan atau pembuatan Visa Australia dilakukan oleh pihak ketiga, dengan kata lain badan yang telah diakui oleh kedutaan Australia sendiri. Selain menyediakan panduan pembuatan, caraable akan coba menjabarkan persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk pembuatan Visa Australia ini.

Badan yang dipercaya oleh kedutaan ini dikenal dengan sebutan VPS. Badan ini kurang lebih akan menjadi penghubung antara sahabat caraable dengan pihak Kedutaan Australia dalam melakukan proses pembuatan, verifikasi dan lain sebagainya. Meskipun begitu, pihak Australia tidak berarti memperkendor proses verifekasi sebuah permohonan visa. Masih terdapat beberapa syarat Visa Australia yang perlu dipenuhi. Daftar syarat-syarat visa Australia sudah caraable di tahapan ini juga.

Sebenarnya dokumen atau berkas yang diminta dalam syarat Visa Australia 2019 tidak jauh berbeda dengan yang lainnya. Kalian bisa membandingkan nya dengan, Syarat Visa Ke Jepang, Syarat Visa Ke China, Syarat Visa Ke Korea Selatan, dan Syarat Visa Schengen ke Eropa. Hampir semuanya tidak jauh berbeda, mungkin cuma satu dua dokumen yang perlu ditambahkan atau dikurangi saja.

Ada beberapa tahapan pembuatan Visa Australia yang harus sahabat Caraable perhatikan dengan sangat seksama, karena jika tidak, ada kemungkinan Visa Australia ditolak. Sehingga perhatikan daftar syarat-syarat Visa Australia dan alurnya dibawah ini. Untuk memudahkannya, Caraable buat rangkuman beberapa poin penting dibawah ini.



Cara Pembuatan Visa Australia 2019 + Daftar Syarat Visa Australia, Biaya Pembuatan, Formulir Visa Australia

1. Daftar Jenis Visa Australia : Pilih sesuai tujuan kedatangan anda ke Australia


Jenis Visa Australia beragam dari adanya kategori dan sub kategori jenis Visa Australia. Tentunya dengan kegunaan yang berbeda-beda setiap jenisnya. Hal ini perlu diperhatikan agar sahabat caraable tidak salam memilih jenis Visa Australia mana yang  harus sahabat pilih. Berikut daftar jenis Visa Australia:

1. Visitors Visas

Seperti namanya jenis Visa ini ditujukan untuk sahabat yang mau berkunjung ke Australia, jika sahabat hanya untuk berlibur dalam waktu dekat maka akan cocok jika memilih visa ini.

Dalam jenis ini juga ada beberapa kategori Visa yang anda pilih, seperti: eVisitor (subclass 651), Transit visa (subclass 771), Visitor (subclass 600), Work and Holiday visa (subclass 462) dan lain-lain.

2. Working and Skilled Visas

Jenis Visa ini lebih ditunjukkan untuk anda yang berpergian untuk urusan bisnis atau pekerjaan, baik untuk mewakili perusahaan, investasi, DLL. Visa jenis ini tidak hanya untuk pegawai tapi untuk pemilik dari perusahaan juga bisa memilih visa Australia jenis ini.

Berikut daftar Visa yang anda pilih dari jenis kategori Visa Australia ini:  Business Talent (Permanent) visa (subclass 132), Distinguished Talent visa (subclass 124), Business Owner (subclass 890),  Business Innovation and Investment (permanent) visa (subclass 888), Distinguished Talent visa (subclass 858),  Business Innovation and Investment (provisional) visa (subclass 188),  dan lain-lain.

3. Studying and Training Visas

Jenis Visa Australia ini ditujukan kepada sahabat caraable yang sedang ingin menimba ilmu atau belajar di negeri kangguru ini. Visa jenis ini memang ditujukan kepada pelajar-pelajar Indonesia yang melanjutkan study nya ke Australia.

Sama seperti diatas ada 3 jenis Visa Australia untuk pelajar, yakni: Student visa (subclass 500), Student Guardian visa (subclass 590) dan Training visa (subclass 407)

Baca juga: Syarat Visa Jepang Minimal Tabungan Lengkap Plus Tips Menghindari Visa Jepang Ditolak

4. Family and Spousal Visas

Jenis Visa ini lebih untuk urusan keluarga, reoni keluarga dan hal yang berhubungan dengan struktur kekeluargaan. Bahkan terdapat Visa adopsi dalam jenis kategori Visa ini.

Berikut daftar jenis Visa  yang bisa anda pilih: Aged Parent visa (subclass 804),   Carer visa (subclass 836),  Aged Dependent Relative visa (subclass 114),  Carer visa (subclass 116), Aged Dependent Relative visa (subclass 838), Adoption visa (subclass 102), dan lain-lain.

5. Refugee and Humanitarian Visa

Jenis Visa Australia ini ditujukan untuk para pengungsi atau hal-hal kemanusiaan lainnya yang sedang membutuhkan perlindungan dari beberapa penyebab. Jenis Visa ini memiliki beberapa kategori yang bisa diberikan seperti: Global Special Humanitarian (subclass 202), Protection visa (subclass 866), dan Refugee visas (subclass 200, 201, 203 and 204)

6.Other Visas

Berikut beberapa jenis Visa yang bisa sahabat pilih dalam kategori ini: Special Category visa (subclass 444),  Medical Treatment visa (subclass 602),  Resident Return visa (subclass 155 157),  Special Purpose visa, Crew Travel Authority visa (subclass 942), Former Resident visa (subclass 151), Maritime Crew visa (subclass 988),   dan lain-lain.

Baca Juga: Cara Cepat Mengurus Visa Taiwan Indonesia Secara Online Dan Offline

Note: Terdapat juga tipe Visa Australia, yakni: Multiple Entry Visa dan Single Entry Visa. Single Entry Visa, cuma bisa dapat sekali perjalanan saja. Sedangkan Multiple Entry Visa membuat sahabat caraable bisa bolak balik masuk Australia dengan hanya 1 kali mengurus Visa dalam jangka waktu tertentu. Untuk syarat Multiple Entry Visa Australia akan dibahas di postingan yang akan datang.


Back to Content


2. Syarat - Syarat Visa Australia : Siapkan semua daftar dokumen dibawah ini


Karena ada beberapa jenis Visa, maka Caraable coba mengambil contoh untuk jenis Visa Australia turis,  Visitor (subclass 600), Berikut daftarnya dibawah.

1. FotoCopy atau duplikat dari beberapa dokumen milik anda, berikut daftarnya:
  1. KTP,
  2. Kartu Keluarga,
  3. NPWP,
  4. Surat Akte Kelahiran anda,
  5. Buku Nikah anda (Jika anda sudah menikah)
2. Passport yang setidaknya masih berlaku untuk 6 (enam) bulan kedepan
3. Surat izin pasangan, jika sahabat caraable sudah memiliki istri atau suami.
Note: Pacar atau gebetan gak termasuk ya haha

4. Surat keterangan pekerjaan/ sponsor, jika memang tujuannya untuk bekerja.
5. Pas Foto berlatarbelakang warna putih, berukuran 3x4 Cm, 1 lembar.
Baca Juga: Cara Mengurus Visa China Secara Online Lengkap Dengan Syarat Visa China 2019 + Visa China Form

6. Pas Foto berlatarbelakang warna putih, berukuran 4x6 Cm, 1 lembar.
7. Bukti Saldo Rekening, sahabat caraable bisa menunjukkan buku rekening koran sahabat setidaknya dalam 3 bulan terakhir.
Note: Dalam hal ini, caraable belum menemukan minimal atau patokan dari pihak Australia, tapi jika ingin aman setidaknya anda memiliki 200 Australian Dollar / hari nya anda di Australia.

8. Formulir Visa Australia. Sahabat bisa mendownloadnya disini: Formulir Visa Australia 
Note: Pastikan mengisi Formulir Visa Australia  dengan sebenar-benarnya agar tidak ada masalah saat nanti proses verifekasi atau pencocokan data anda.

9. Invitation Latter yang menunjukkan keperluan anda disana.
10. Fotocopy berkas dari si pengundang, atau si pembuat Invitation latter, berikut daftarnya:
  1. SIM / Bukti ID card lainnya dari si pembuat invitation latter (Driving License),
  2. Surat Akte kelahiran
  3. Passport si pengundang (fotocopy)

11. Uang untuk biaya pembuatan Visa Australia, sebanyak 140 Australian Dollars. Biaya tersebut untuk jenis Visa Australia turis subclass 600.

Back to Content


Biaya Pembuatan Visa Australia


Sebenarnya biaya pembuatan Visa Australia sangat beragam dan sangat banyak, hal ini juga dipengaruhi banyaknya jenis Visa itu sendiri. Jadi Caraable akan merangkum yang paling banyak dicari saja terkait biaya pembuatan Visa Australia ini.
  • Visitor (subclass 600), biaya pembuatan nya 140 AUD, atau Rp. 1.487.028.
  • Student visa (subclass 500), biaya pembuatan nya 575 AUD.
  • Student Guardian (Subclass 590), biaya pembuatan nya 575 AUD
  • Training (Subclass 407), biaya pembuatan nya 285 AUD.
  • Temporary Work (Short Stay Specialist)
  • (Subclass 400), biàya pembuatan nya 285 AUD.
  • Adoption (Subclass 102), biaya pembuatan nya 2.470 AUD

**Rate 1 AUD = Rp. 10.632


Note: Harga bisa berubah-ubah jadi pastikan untuk selalu check rutin, anda bisa langsung check di web resminya, Check Biaya Pembuatan Visa Australia.

Back to Content


Tahapan Pembuatan Visa Australia


Setelah sahabat caraable sudah mengetahui jenis Visa Australia, biaya pembuatan Visa, dan syarat-syarat Visa Australia yang sudah caraable jabarkan diatas. Maka yang perlu dilakukan selanjutnya adalah eksekusi pembuatan nya. Dalam sesi ini akan ditunjukkan tahapan pembuatan Visa Australia di tahun 2019 ini.

  • Tahap Pertama, perlu diingat sahabat caraable akan mengurus  Visa ke, Australian Visa Apllication Centre atau bisa disebut dengan sebutan AVAC.
  • Tahap Kedua, pilih jenis Visa anda, dalam case ini kita membahas jenis Visa Australia yakni Visitor (subclass 600). Perlu diingat tidak semua tipe atau jenis Visa Australia mengurusnya di AVAC, ada beberapa yang tidak.
  • Tahap Ketiga, Persiapan semua berkas sebagai syarat Visa Australia yang telah dijabarkan diatas sebelumnya.
  • Tahap Keempat, pahami semua aturan Dan ketentuan, supaya tidak ada masalah kedepannya.
  • Tahap Kelima, anda tinggal mengikuti alur, karena kalau sudah sampai di AVAC pasti akan diarahkan.
  • Tahap Keenam, Sahabat Caraable bisa mengecheck status Visa anda melalui online, untuk ini anda bisa menanyakan dengan petugas disana, laman mana yang untuk melihat proses Visa anda.

Note: semua informasi yang Caraable hanya bersifat membantu dalam hal informasi, tidak menjamin bahwa Visa Australia anda akan diterima. Semua tergantung dari anda sendiri.

Untuk lama pembuatan Visa Australia sendiri Caraable belum menemukan kapan atau berapa hari secara tepatnya. Tetapi kalau melihat dari Panduan & Syarat Visa ke Taiwan Online dan OfflinePanduan & Syarat Visa ke Korea SelatanPanduan & Syarat Visa ke ChinaPanduan & Syarat Visa Schengen, dan Cara Pengajuan & Syarat Visa ke Jepang, maka tidak lebih dari 7 hari kerja.

Jika kita melihat perbandingan antara lama pembuatan Visa Australia dengan yang lainnya, maka waktu yang tepat mengurus pembuatan Visa Australia beberapa minggu sebelum keberangkatan anda, pilih waktu sesuai mengurus pembuatan Visa anda sesuai perhitungan anda sendiri, agar lebih maksimal perencanaan nya.
Baca Juga: Cara Berlibur ke Thailand Tanpa Visa Bagi WNI Terbaru 2019

Salam,
Caraable.

Back to Content


Note: Jika sahabat caraable memiliki pertanyaan seputar Cara mengurus Visa Australia, biaya pembuatan Visa Australia, jenis Visa Australia, syarat Visa Australia dan lama pembuatan Visa Australia silahkan tinggalkan dikomentar. Dan jika ada perubahan dalam informasi juga bisa ditaruh dikomentar agar bisa segera Caraable perbaiki.

Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Pembuatan Visa Australia Lengkap + Syarat Visa Australia 2019 [Terbaru]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel