-->

BAB 2: Memulai Optimasi Awal Blog untuk Mendapatkan Dollar || Panduan Lengkap Dari Pemula Sampai Profesional. (Info berdasarkan riset 1 tahun)

BAB 2, Memulai otimasi awal blog untuk mendapatkan penghasilan atau dollar dari blog


Caraable.com --Membangun blog tidak jauh dari Optimasi blog. Optimasi blog sendiri adalah hal yang paling terpenting dan harus dilakukan berkala, terlebih jika ingin menjadi kan blog anda mendapat dollar atau penghasilan dari Adsense.

Setelah di BAB 1 tentang merencanakan blog kemarin,  kita sekarang akan membahas BAB selanjutnya,  yakni BAB 2: Membangun Optimasi Awal Blog.

Karena ini dimulai dari tahap awal kemungkinan anda yang sudah ahli akan merasa membosankan, karena memang posting berseries ini ditunjukan untuk membangun blog dari Awal sampai profesional.

Jadi kalau kalian sudah paham BAB ini, kalian bisa pilih BAB selanjutnya. Berikut daftar BAB pembahasan membangun blog. (Tapi Mending di Baca dari Awal, Orang Pintar Tidak Akan Meremehkan Pengetahuan Sekecil Apapun)

BAB 1: Merencanakan Blog Pencari Dollar
BAB 2: Membangun Optimasi Blog Pencari Dollar
BAB 3: Optimasi Pendukung Blog Penghasil Dollar
BAB 4: Optimasi Lanjutan Tingkatan Advance
BAB 5: Coming Soon

Oke, Mari kita memulai membahas BAB 2 ini. Mungkin kalian akan bertanya.

"Membangun Blog? Apa itu?,
Bukan kah setelah mendaftar blog tinggal bikin konten saja?"

Tentu itu pemikirannya orang awam yang cuma mau coba-coba dunia blogging. Beda cerita kalau kalian mau mendapat penghasilan melalui blog.

Mari kita bahas tahap bertahap, apa saja yang harus kita lakukan setelah merencanakan blog (BAB 1). *baca BAB 1 dulu supaya paham BAB 2 ini

BAB 2: Membangun Optimasi Awal Blog untuk Mendapatkan Penghasilan


1.  Pasang Top Level Domain (TLD)

Setelah kalian memilih platform yang anda gunakan, pilih dan pasang TLD.  pilih TLD? Apa itu?

Penjelasan yang lebih mudah TLD itu seperti .com .info .net .ID (kalian bisa beli di situs terpercaya) manfaatnya, web kalian akan terlihat profesional dan akan mudah diingat oleh pengunjung. Dan tentunya akan dipercaya oleh pengunjung.

Contoh Kasus

Jika kalian menemukan beberapa web di situs pencarian Google, dengan link  seperti dibawah ini

-caraable.blogspot.com
dan satunya -caraable.com,

mana yang anda pilih? Tentu yang berakhiran .com kan. Seperti itulah penting nya TLD.

*Note: untuk tutornya  memasang TLD akan dibahas di post yang berbeda. Atau kalian bisa mencari di internet dengan keyword "custom domain" untuk Blogger dan WordPress.com.

Sedangkan kalau Platform anda WordPress.org akan sedikit berbeda untuk cara memasangnya.


2. Pasang Hosting


Jika kalian menggunakan platform Blogger dan WordPress.com kalian tidak perlu pasang hosting, karena sudah disiapkan oleh platform anda. Anda hanya dapat custom domain saja.

Sedangkan untuk WordPress .Org kalian harus memasang hosting dan membeli TLD, karena platform WordPress .Org tidak menyediakan nya.

Lalu apa bedanya?

Kalau pakai hosting pribadi, kalian bisa melakukan dan mengatur blog kalian sesuka kalian, sedangkan jika hosting gratis, kalian harus mengikuti aturan dari platform. Jika tidak maka blog kalian akan di banned.

Hosting berbayar= tanah dan bangunan milik kalian.
Hosting gratis= kalian hanya memiliki bangunan saja, dan tanahnya hasil sewa

Memilih hosting pun tidak bisa asal-asal, ada yang kapastitasnya kecil dan ada yang besar. Jika blog anda rame pengunjung dan memiliki banyak data, jelas kalian harus memilih yang kapasitasnya besar juga. Dan sebaliknya kalau blog anda masih sepi.

Beli hosting dimana? Banyak situs yang jual hosting + domain, kalian bisa menggunakan penyedia yang sama atau yang berbeda juga bisa.

Tips: pilih tempat beli domain dan hosting ditempat yang menyediakan layanan 24 jam, untuk masalah bantuan teknisnya. Dan tentunya lihat ulasan dari orang-orang yang sudah memakain jasa web itu sebelumnya.


3.  Pilih Tema SEO Friendly & Mobile Support


Setelah kalian sudah pasang domain dan hosting, langkah selanjutnya adalah memilih tema yang SEO Friendly. Tema seperti ini juga disebut sebagai Tema Premium,  karena design yang menarik dan sudah dioptimasi untu SEO nya.

Tapi untuk mendapatkan nya kalian harus membeli dari pembuatnya. Atau kalian bisa meminta Tema dari teman kalian. Atau juga patungan buat beli. Banyak cara menuju "Roma" hehe.

*Note: Caraable akan memberikan Tema SEO Friendly GRATIS, tunggu di postingan selanjutnya ya.

Apa sih pentingnya Tema SEO Friendly ini? Tentu sangat penting. Google akan menilai post/ artikel kalian salah satunya berdasarkan SEO website kalian. Semakin optimasi SEO nya tinggi, semakin besar pula posting kalian akan berada di halaman depan pencarian Google.

Lalu Mobile Friendly? Semakin kesini Google menyarankan agar pemilik blog memberikan perhatian lebih ke tampilan blog melalui HP,  dikarenakan semakin tingginya pencarian melalui tampilan Mobile atau HP. Ini juga menjadi salah satu faktor baik dan buruknya website kalian di mata Google.


4. Daftar WebMaster Google, Bing dan Yandex


Ini sangat penting, apalagi kalau kalian ingin mendaftar di Adsense dan ingin post kalian cepat ke index di mesin pencarian Google. Silahkan klik disini untuk mendaftar kan Blog kalian Google WebMaster/ Bing/ Yandex.

Cara daftarnya mudah, login terlebih dahulu, masukkan alamat website kalian. Setelah itu kalian akan mendapatkan kode, pasang kode tersebut di Thema kalian.

Masuk blogger (jika kalian pengguna blogger) pilih menu "Thema" dan selanjutnya pilih "Edit HTML", setelah itu masukkan kode dari WebMaster Bing, Google ataupun Yandex sesuai perintah.


5. Daftar dan Pasang Google Analytics


Masuk ke Google Analytics, silahkan sign in dengan akun Google kalian, setelah itu daftarkan web kalian, dengan masukkan URL Web kalian, Title dll.

Setelah itu kalian mendapatkan kode, Dan Pasang di menu Edit HTML Thema (seperti pasang kode WebMaster di No. 4). Setelah itu tetap di menu blogger, pilih menu "Settings" -> "Others", cari yang paling  bawah ada kolom " ID penelusuran Web anda", masukkan kode tracking Google analytics anda, yang anda dapatkan setelah mendaftarkan web anda di Google analytics sebelumnya.


Oke BAB 2 sampai disini dulu guys, memang banyak di BAB 2 karena kita harus mempersiapkan blog kita sedemikian rupa. Di BAB 3, kita akan mulai masuk operasional blog kalian, ini tidak kalah penting dari BAB 1 & 2.


Pilih BAB lainnya

Silahkan klik dan pilih BAB dibawah untuk melanjutkan.




Jika anda mempunyai pertanyaan, silahkan hubungi Caraable melalui laman Contact Us.

Salam,
Caraable

Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "BAB 2: Memulai Optimasi Awal Blog untuk Mendapatkan Dollar || Panduan Lengkap Dari Pemula Sampai Profesional. (Info berdasarkan riset 1 tahun)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel