-->

Penjelasan dan Tips dalam Focus Group Discussion (FGD) Untuk Tes Psikotes | Hal yang Boleh dan Tidak Boleh dalam FGD

Tips dalam Focus Group discussion atau FGD beserta contoh soal simulasinya, hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan

Caraable.com -- Focus Group Discussion atau juga bisa disebut FGD dalam rangkaian tes Psikotes adalah salah satu bentuk diskusi kelompok untuk membahas sebuah isu. Tentu dalam FGD ada hal yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan.

Dalam perkembangannya, FGD juga merambah ke Tes Psikotes. Yup, banyak perusahaan Dan lembaga yang menggunakan FGD ini sebagai metode untuk melihat kemampuan calon pegawai atau calon pelamar beasiswa.

FGD dalam Tes Psikotes lebih ditekankan untuk menganalisa sifat dari seseorang ketika berdiskusi, pemikiran kritis atau tidak, seseorang yang dominan atau tidak, menghargai pendapat orang lain atau tidak, DLL.

Biasanya FGD ini ditaruh di Tes atau Tahap ke 3 rekurtmen perusahaan atau lembaga, tapi tentunya bisa beda-beda setiap perusahaan. Ada kalanya perusahaan atau lembaga menggunakan Tes Psikotes berupa Focus Group Discussion atau Leaderless Group Discussion. (Click dibawah)





Kalian bisa melihat perbedaan antara Focus Group Discussion atau Leaderless Group Discussion dengan membaca di bagian LGD paragraf awal-awal.


Oke kita coba belajar dari dasar dulu, simak baik-baik ya ..... :)

Penjelasan FGD

FGD secara umum diartikan sebagai diskusi kelompok yang tersusun secara sistematis Dan terarah jalan diskusinya. Dimana diskusi ini spesifik membahas isu tertentu saja, dan tidak melebar ke isu lainnya, meskipun itu berdekatan dengan isu yang dibahas.

FGD ini di lakukan untuk mencari dan melihat semua pandangan dari setiap orang dikelompok. Sehingga setiap orang akan menemukan argument atau pendapat yang berbeda-beda.

Dari pendapat yang berbeda-beda tersebut nanti diambillah sebuah kesimpulan dari hasil diskusi. Ini ditujukan untuk membuka pikiran kita dengan informasi tambahan dalam diskusi.

Jadi kalau kalian mengira FGD adalah diskusi untuk mencari solusi, itu salah. Itu hanya rapat biasa, karena FGD tidak mengenal konsensus.

Jika masih bingung, baca pelan-pelan dari awal. Dan semoga sahabat menemukan poin yang saya maksud. setelah itu kita akan membahas hal apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan dalam Focus Group Discussion atau FGD.

Hal yang HARUS Dilakukan dalam FGD

Biasanya dalam Tes  FGD untukelamar kerja kita ditemukan beberapa orang Dan hanya disuruh diskusi tanpa di beritahu peraturan lebih lanjut. Caraable akan menyarankan beberapa hal, seperti:


  1. Hal yang harus dilakukan adalah inisiatif untuk menjadi moderator diskusi, ini yang menjadi poin tambah kalau kalian bisa menjadi moderator di diskusi ini.
  2. Aktif, aktif memberikan pendapat kita, tapi jangan terlalu dominan dan memaksakan argumen kita, meskipun itu paling benar
  3. Jika kalian tidak mendapat kesempatan menjadi moderator, kalian bisa menjadi pencatat proses, atau istilahnya notulen. Ajukan diri, karena tidak ada yang akan menunjuk dan pemerintah kalian. Sekali lagi inisiatif
  4. Mendengar kan, ini super PENTING, hargai orang lain kalau bicara, minimal pura-pura merhatiin gitu, meskipun argumennya ada yang keliru.
  5. Duduk yang rapi tegap, karena attitude ini juga penting.
  6. Jadilah seaktif mungkin tapi tidak terlalu dominan sehingga terlihat memaksakan pendapat.
  7. Buatlah argumen dengan lima bagian, intro, latar belakang isu, pemahaman kita tetang isu, pendapat kita tentang isu, dan pendapat kita tentang isu tersebut


Hal yang TIDAK BOLEH Dilakukan dalam FGD

  1. Jangan menyela lawan ketika bicara
  2. Jangan asyik dengan diri sendiri apalagi asyik main gadget
  3. Jangan meng counter pendapat lawan, meskipun itu salah.
  4. Jangan mengambil alih tugas moderator, meskipun moderator gak berkompeten
  5. Jangan membahas isu lain, atau melibatkan isu ke hal yang tidak penting
  6. Jangan melihat kebalakang atau keatas atap, fokus ke orang yang sedang bicara.
  7. Jangan tidak mendengarkan lawan bicara

Note: Tekankan pada diri anda bahwa FGD untuk melihat psikologi anda, bukan kecerdasan anda, Attitude paling penting disini


Keberhasilan FGD ditentukan dari adanya kesimpulan yang konkrit dari isu yang dibahas, dan dapat menjadi acuan bahan penilitian terkait isu tersebut.


Kegagalan FGD Biasanya disebabkan oleh 5 hal


  1. Peserta yang pasif dalam mengemukakan pendapat, sehingga tidak bisa memaksimalkan moment
  2. Ada seorang peserta yang dominan dan terlihat bahwa pendapatnya paling benar dan terlalu aktif sehingga tidak memberikan kesempatan yang lain
  3. Moderator yang kurang berkompeten dalam hal me manajemen orang dan ruang
  4. Keterbatasan Waktu yang membuat orang banyak yang terburu-buru untuk menemukan hasil dari diskusi. Padahal yang dicari bukan hasil tapi proses.
  5. Konsensus ( ingat FGD tidak membutuhkan konsensus, ini soal proses diskusi, bukan menemukan hasil) jika dalam Tes Psikotes FGD tidak menemukan sebuah hasil tidak apa-apa.

Contoh Soal Focus Group Discussion

Jika kalian berada ditengah labirin, dan terdapat 3 jalan untuk keluar dari labirin tersebut. jalan keluar pertama  terdapat kebakaran yang sangat besar. Jalan keluar kedua dijaga seekor Ular dan banteng. Jalan keluar terakhir menuju lautan yang luas.
Jalan mana yang akan kalian pilih, jika kalian hanya boleh memilih satu jalan untuk semua orang?
Aturan: tidak boleh memilih jalan sendiri-sendiri, harus bersama-sama. Dan anda hanya memiliki waktu berdiskusi 10 menit.

*itu contoh sederhana soal kasus dalam FGD, tentunya ada soal yang lebih kompleks. Nantinya caraable akan menyediakan contoh kasusnya di postingan lain. Lihat latihan soal dibawah



Latihan Soal Focus Group Discussion

Mari kita tes kemampuan kalian di bagian Focus Group Discussion, lanjut ke Latihan soal. (Click tombol dibawah)



Belajar Semua Group Discussion





Kembali ke Master Guide Psikotes





Salam,
Caraable
Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Penjelasan dan Tips dalam Focus Group Discussion (FGD) Untuk Tes Psikotes | Hal yang Boleh dan Tidak Boleh dalam FGD"

  1. assalmu'alaiku, moderator FGD dipilih dari dalam peserta atau luar peserta pak?

    ReplyDelete
  2. Moderator FGD dipilih dari peserta, pada umumnya ada peserta yang mengajukan diri menjadi moderator dalam diskusi. Menjadi moderator dalam diskusi seperti FGD akan memberikan nilai tambah di mata juri atau pengawas, dengan catatan moderator bisa menjalankan diskusi tanpa hambatan atau menjernihkan suasana karena perbedaan statement antara masing-masing peserta.

    Kalau moderator tidak bisa memimpin atau malah memperkeruh dengan memihak salah satu statement secara "tidak adil" akan buruk di mata juri atau pengawas FGD.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel