-->

BAB 1: Membangun Pondasi Blog untuk Mendapatkan Penghasilan || Panduan Lengkap Dari Pemula Sampai Profesional. (Info berdasarkan riset 1 tahun)

panduan dari dasar per BAB, Membangun pondasi awal blog untuk mendapatkan dollar


Caraable.com --Membangun Blog Pribadi sudah menjadi perkara yang mudah, hanya daftar, sudah beres. Tapi beda lagi jika kita ingin membangun pondasi blog untuk mendapatkan penghasilan, kita harus punya rencana awal dan terukur, bahkan setelah daftar kita harus melakukan optimasi diasana sini.

Tapi masih sedikit para blogger yang membahas secara men detail langkah nya dari Awal. Mereka sering hanya membahas topik tertentu saja.

Tapi jangan khawatir, mulai sekarang anda bisa belajar dari website caraable. Ini adalah post berseries atau post yang masih berlanjut post-post lainnya. Kita akan mulai dari BAB 1, dengan Tema membangun pondasi Blog.

Karena ini dimulai dari tahap Awal kemungkinan anda yang sudah ahli akan merasa membosankan, karena memang posting berseries ini ditunjukan untuk membangun blog dari Awal sampai profesional.

Jadi kalau kalian yang sudah paham BAB ini, kalian bisa pilih BAB selanjutnya. Berikut daftar BAB pembahasan membangun blog untuk mendapatkan dollar. (Tapi Mending di Baca dari Awal, Orang Pintar Tidak Akan Meremehkan Pengetahuan Sekecil Apapun)


BAB 1: Merencanakan Blog Pencari Dollar
BAB 2: Membangun Optimasi Blog Pencari Dollar
BAB 3: Optimasi Pendukung Blog Penghasil Dollar
BAB 4: Optimasi Lanjutan Tingkatan Advance
BAB 5: Coming Soon

Note: Oh iya, post selanjutnya akan sedikit lama keluarnya, karena Caraable harus membagi dengan tema-tema lainnya, hehe. Jadi Subscribe aja biar kalau udah keluar langsung tahu.



Oke Mari kita mulai....

Sebelumnya anda harus memahami terkait apa itu blog/ website, fungsinya apa, dan cara kerjanya.

Setelah itu selesai mari kita mulai BAB 1 Ini.

BAB 1: Membangun Pondasi Blog untuk Mendapatkan Penghasilan

1. Punya Akun E-Mail, Facebook, Twitter DLL


Siapkan aku Email anda, anda bisa memilih platform apa yang mau anda gunakan, G-Mail, Yahoo ataupun yang lainnya. Setelah itu buat aku FB, Twitter dan MedSos lainnya. Medsos digunakan sebagai tahap awal promos, karena jika blog masih baru, jangan berharap langsung diindex oleh Google dan langsung masuk pageone.

Kecuali anda mempunyai Domain Blog yang DA sama PA nya tinggi. Belum tahu DA & PA itu apa? Tenang masih panjang perjalanan kita. Sabar dulu hehe, bertahap aja.

*Note: Seperti yang saya bilang tadi ini cara/ panduan dimulai dari awal dan detail, jadi hal-hal kecil ini tidak akan dilewati oleh caraable tentunya.

2. Tentukan Niche Blog Anda dan Target Pasar/ Marketing


Niche itu apa sih? Niche itu TEMA dari blog sahabat caraable semua. Bisa memilih tema kesehatan, pendidikan, panduan, teknologi ataupun blog gado-gado. Karena niche anda menentukan target pasar anda, semisal pendidikan, jelas target kalian mayoritas pelajar, mahasiswa dll.

Ini PENTING karena akan berpengaruh terhadap tahap selanjutnya, jadi kalian harus menentukan niche dan target pasar anda dulu.
Lebih baik anda membuat mapping plan terlebih dahulu agar semakin terstruktur rencannaya.

*Blog Gado-gado itu blog yang mempunyai niche banyak, seperti Caraable ini. Tapi meskipun begitu Caraable hanya membahas niche tertentu saja yakni seputar cara dan panduan.

Motto caraable, selama itu tentang Cara atau Panduan, sikat aja bray. Haha


3. Tentukan Platform Blog Anda


Setelah mempunyai niche pilihan dan target pasar, selanjutnya pilih platform. Banyak sekali platform blog di internet, yang pling banyak digunakan yakni Blogger Dan WordPress. Saran caraable pilih dari dua platform itu. Setelah anda pilih platform apa yang sesuai, baru kalian daftar. Tentu ada perbandingan antara  kekurangan dan kelebihan dari Blogger ataupun WordPress.

*sesuaikan pilihan anda sesuai pemahaman dan kantong anda tentunya.

Pemilihan platform ini penting, jika anda ingin mendapatkan penghasilan dengan modal yang dikit, maka blogger adalah jawabannya. Tapi jika anda mempunyai modal yang besar, maka anda bisa pilih WordPress .org

FYI: WordPress. Org, harus menyediakan hosting dan domain sendiri, jadi lebih mahal tentunya untuk modal awal.

4. Membuat Blog dan Memilih Nama Blog


Sudah siap? Sekarang masuk ke platform ini Blogger / WordPress (click salah satu sesuai pilihan anda). Setelah itu Sign In dengan E-Mail yang anda buat tadi. Pilih Title Blog, Isi seuai Niche yang anda pilih atau sebutan blog sahabat caraable.

Lalu pilih domain/ nama blog. Ini yang paling krusial, karena jika nanti anda ganti ditengah-tengah anda harus setting dari awal, biar ke indeks sempurna. Jadi pikiran secara matang.

Saran memilih domain/ nama blog: Bisa dari bagian niche anda, bisa dari arti niche anda dalam  bahasa lain, bisa memberikan imbuhan dll. Yang penting ada kata dari niche anda.

Contoh: https://www.caraable.com
Niche tentang Cara + Able.
Able, merupakan imbuhan dari Bahasa Inggris yang artinya bisa digunakan atau bekerja.

Jadi Caraable artinya cara yang bekerja atau berhasil.

Kurang lebih seperti itu, tergantung pilihan anda tentunya, tapi Siapkan beberapa domain, karena mungkin pilihan domain favorite anda sudah dipilih orang lain. :(

5. Buat Jadwal Posting


Jangan posting apapun terlebih dahulu.

Buat Jadwal posting dulu. Jadwal ini jangan diremehkan, ini super PENTING, karena  jika kita teratur update artikel di hari dan jam yang sama maka artikel anda akan lebih sering di indeks oleh Google.

Jadwal posting ini harus berdasarkan tahap 2, yakni segment pasar anda. Jika anda mempunyai target pasar anak sekolahan, maka update artikel jam 3-6 PM, pada saat mereka selesai sekolah.
Jangan memilih jadwal post ketika target pasar anda sedang melakukan kegiatan yang wajib, seperti bersekolah, tidur dll. Jadi harus diperhatikan baik-baik agar target anda tidak salah sasaran.

*saran, Jika baru pertama silahkan kira-kira terlebih dahulu, jika sudah jalan seminggu, kalian bisa gunakan Google Analysis.
Apa itu Google Analysis akan saya jelaskan di BAB selanjutnya.

Pilih BAB lainnya

Itu adalah akhir dari BAB 1, lanjutan ke BAB lainnya, untuk tahap selanjutnya. pilih salah satu tombol dibawah ini.



Jika anda mempunyai pertanyaan, silahkan hubungi Caraable melalui laman Contact Us.

Salam,
Caraable

Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "BAB 1: Membangun Pondasi Blog untuk Mendapatkan Penghasilan || Panduan Lengkap Dari Pemula Sampai Profesional. (Info berdasarkan riset 1 tahun) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel