-->

Tes Psikotes Logika Analisis Lengkap || Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan

Penjelasan dan contoh soal Tes Psikotes Logika analisis lengkap beserta latihan soal nya


Caraable.com --Tes Logika Analisis merupakan salah satu bagian dari tes soal Psikotes yang cukup sering ditemui dalam berbagai tes untuk menguji kemampuan dasar atau psikis kita. Tes yang dimaksud, seperti Tes Potensi Dasar (TDP), Tes Potensi Akademik, baik untuk melamar kerja ataupun tes pengajuan beasiswa untuk S1 ataupun S2.

Tes ini masuk dalam bagian Tes Penalaran Logika, yang terdapat 2 (dua) bagian, yakni Tes Logika Deduksi dan Tes Logika Analisis.



Tes ini berbeda dengan Tes Penalaran Verbal yang memiliki 5 bagian Tes Psikotes. Tes Penalaran Logika hanya memiliki 2 bagian tes Psikotes dan membutuhkan kejelian dalam melihat kesimpulan berdasarkan fakta yang ada.

Menurut caraable, Logika Analisis ini lebih sulit dibanding kan dengan Tes Logika Deduksi, karena lebih rumit.

Tapi disini caraable akan membahas Tes Psikotes Logika Analisis dengan lengkap dan rinci juga, mulai dari pembahasan materi Logika Analisis, contoh soal Logika deduksi, pembahasan contoh soal dan juga latihan Soal.

Mari kita mulai belajarnya

Penjelasan Materi  Logika Analisis

Logika Analisis merupakan soal yang terbilang unik dan rumit. Bagaimana tidak, Soal Logika Analisis ini tidak memiliki panduan seperti Logika Deduksi yang ada panduan rumusnya. Logika Analisis murni dari penalaran logika kita atas sebuah kasus yang terjadi.

Bentuk soal ini, seperti cerita, panjang, penuh teka-teki, alurnya belok-belok.

Kayak cewek gitu hehe, Susah ditebak.

Tapi Caraable percaya tidak ada yang tidak bisa dipelajari selama kita mau Membaca. Mari kita pahami dari yang paling dasar dulu.

Note: baca perlahan dan semuanya, agar bisa dimengerti sepenuhnya.

Bagian Logika Analisis

Oke, jadi Logika Analisis ini mempunyai 3 (tiga) bagian dalam kasusnya.

Pertama: Intro, berisi akar masalahnya, disini kalian akan mendapatkan info dasar dari kasus, apakah tentang, orang, benda atau yang lainnya

Kedua: Syarat Batas, ini kelanjutan dari Intro diatas. Berisi tentap Karakteristik, dan apa yang diperbolehkan dan apa yang tidak dalam melakukan analisa terhadap kasus itu.

Ketiga; Pertanyaan, setelah kita punya info dasar, syarat batas maka kita akan mendapatkan pertanyaan yang kita bisa dapat jawabannya melalui analisa di intro dan syarat batas.

Note: syarat batas adalah hal yang penting. MISAL: jika di informasi kasus kita mendapatkan info tentang usia warga desa dari 1-70 tahun. Dan di syarat batasnya hanya menyuruh umur 20-30 tahun, maka sisanya selain umur 20-30 tahun, gak perlu dianalisa.

Macam Soal Logika Analisis


A. Orde Kualitas
Pada umumnya penyelesaian soal ini akan memberikan beberapa kemungkinan syarat batas, seperti lebih dari, sama dengan, kurang dari. Jadi kalian harus membandingkan kualitas dari masing-masing subjek, bisa diberikan tanda >,= atau <. (Kalian paham kan maksud tanda itu, bukan emoji loh ya)

B. Orde Kuantitas
Soal seperti ini akan terlihat jelas karena menentukan urutan berdasarkan nilai dari subjek, tentunya itu hal yang mudah membedakan dari yang tervesar ke yang terkecil. Jadi nilai-nilai yang ada diurutkan berdasarkan syarat batas yang ada dan disusun seperti permintaan soal.

C. Jadwal
Seperti namanya analisa ini berhubungan dengan jadwal untuk dianalisa. Pada umumnya penyelesaian soal seperti ini membutuhkan bantuan tabel untuk analisa nya, misal dari hari senin-minggu, atau bisa juga malah hitungan jam. Setelah membuat tabel hanya tinggal mencocokkan dengan pertanyaan yang ada.

D. Posisi
Pertanyaan soal seperti ini biasanya menanyakan posisi duduk, posisi seseorang dll. Untuk penyelesaian anda bisa membuat denah posisi berdasarkan masing-masing subjek yang ada, dan beri tanda apakah subjek berhadpan, vertical, horizontal atau dalam bentuk posisi lainnya.

Note; Banyak kan kemungkinan nya hehe, jadi harus dimengerti satu-satu, dan biasanya kata-kata di soal lebih blibet atau rumit dicerna gitu. Mari kita lihat contoh soalnya

Contoh Soal Logika Analisis + Pembahasan


1. Semua masyarakat desa A berkulit putih, berjenggot lurus, dan badannya kurus. Semua masyarakat desa E berkulit merah dan berjenggot lurus. Dan hanya segilintir masyarakat desa O yang berjenggot lurus. Amoy dilahirkan di Desa O, berjenggot lurus dan warna kulitnya hitam.

A. Amoy adalah bagian masyarakat Desa E
B. Amoy bukan masyarakat Desa A
C. Amoy adalah bagian masyarakat Desa A dan H
D. Amoy bukan bagian masyarakat Desa A dan E

Pembahasan: (kelompok kan terlebih dahulu)
- Masyarakat Desa A berkulit Putih dan berjenggot lurus, Amoy berkulit hitam, jadi tidak masuk
-Masyarakat Desa E berkulit merah dan berjenggot lurus, Amoy berkulit Hitam, jadi tidak masuk juga

Jadi Amoy bukan bagian dari masyarakat Desa A dan E.

Jawabannya: D. Amoy bukan bagian masyarakat Desa A dan E

2. Berikut perbandingan jadwal kedatangan transportasi laut dengan transportasi udara yang sama-sama dari Jakarta ke Surabaya. Jika transportasi udara dari Jakarta ke Surabaya membutuhkan waktu sampai pada pukul 14.00 WIB, untuk sampai di SBY memakan waktu 15 jam. Pukul berapakah sampai di SBY,  jika menggunakan transportasi Udara dengan keberangkatan pada jam yang sama Dan selisih waktu antara transportasi udara dan laut sebanyak 13 Jam?

A. 15.00
B. 16.00
C. 17.00
D. 19.00
E. 20.00

Pembahasan:
-Lama perjalanan menggunakan transportasi laut 15 jam
-Lama perjalanan transportasi udara, 15 - 13 = 2 jam.
-Jika berangkat dari Jakarta pukul 14.00 maka sampainya pukul 16.00, karena lama waktu perjalanan cuma 2 jam

Jawabannya: B. 16.00

Tips and Tricks

- biasakan beri tanda >, <, dan = untuk pertanyaan yang berhubungan dengan kualitas
- gunakan tabel untu mempermudah jawaban untuk pertanyaan seputar jadwal
- biasakan menggambar denah unuk pertanyaan seputar posisi
- lihat baik-baik syarat batas sebelum mengerjarkan, eliminasi yang tidak ditanyakan
-banyak-banyak latihan Soal


Latihan Soal Logika Analisis

Mari kita tes kemampuan kalian di bagian Logika Analisis, lanjut ke Latihan soal. (Click tombol dibawah)



Belajar Semua Penalaran Logika





Kembali ke Master Guide Psikotes





Salam,
Caraable
Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tes Psikotes Logika Analisis Lengkap || Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel