-->

Strategi dan 10 Rahasia Pemasaran Produk / Memulai Bisnis Baru + Contoh Strategi

Memahami bisnis lebih lanjuy dengan Strategi  Pemasaran Produk  untuk memulai sebuah Bisnis Baru. Diberikan lengkap dengan Contoh strategi pemasaran produk melalui Simulasi

Strategi pemasaran produk -- Pembahasan cara dan strategi pemasaran oleh Caraable.com ini adalah bagian kedua, bagian pertamanya Rencana Pemasaran : 5 Hal Penting Dalam Strategi Pemasaran Produk. Memulai sebuah usaha memang membutuhkan perencanaan dan strategi yang matang, baik dari pembuatan produk dan cara menjual produk yang efisien dan efektif. Penjualan produk ini juga disebut sebagai strategi pemasaran produk, baik produk yang sudah ada atau produk baru. Strategi pemasaran produk yang tepat akan memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan bisnis atau usaha rumahan kalian.

Meskipun begitu membangun sebuah bisnis bukan perkara mudah, seperti menentukan produk yang dijual akan menjadi dilema sendiri. Lalu setelah memiliki produk, gambaran selanjutnya yakni bagaimana memasarkan atau memperkenalkan produk tersebut ke masyarakat. Jika strategi pemasaran produk anda tidak tepat, berakibat produk kalian tidak akan dikenal oleh masyarakat, dan jika tidak dikenal, maka tidak ada yang membeli produk anda.

Memasarkan produk baru atau bisnis baru memiliki tantangan tersendiri bagi pebisnis yang baru memulai dunia wirausaha. Sehingga pebisnis muda dituntut untuk lebih memahami kondisi pasar, kebutuhan konsumen dan juga persaingan usaha. Jika sahabat bingung, maka di pembahasan ini juga akan memberikan contoh strategi pemasaran produk yang tepat bagi kalian untuk menjual dan memperkenalkan produk anda. Berikut beberapa poin penting pembahasan kali ini:


Strategi Pemasaran Produk agar Bisnis Sukses dan Berkembang


Pemasaran produk menjadi hal yang penting agar produk dapat dikenal dan menarik untuk pembeli dan masyarakat luas. Di era modern ini, perkembangan teknologi menjadi peluang dan hambatan untuk para pebisnis. Sehingga siapa yang paling unik menjadi faktor penentu. Hal itulah kenapa pebisnis memiliki cara pemasaran yang berbeda-beda satu sama lain.

Berikut beberapa rahasia penting dalam strategi pemasaran produk yang bisa sahabat terapkan di bisnis kalian:

1. Ketahui "Sasaran" / Target Konsumen


Mengenal target konsumen adalah hal yang penting, karena pembeli atau konsumen hanya membeli barang atau produk yang mereka inginkan dan butuhkan. Sehingga hal yang sangat perlu memahami karakteristik konsumen anda. Buatlah sebuah produk baru yang didasarkan oleh keinginan konsumen, bukan keinginan kalian. Karena anda menjual produk untuk orang lain, bukan untuk kalian sendiri.

Rencana dasar pembuatan sebuah bisnis dan pemasaran akan selalu membutuhkan data atau informasi target konsumen untuk membuat rencana atau strategi yang dibuat tepat sasaran. Jika target konsumen tidak spesifik, maka akan menjadi hal yang susah untuk menentukan strategi selanjutnya.

Lalu bagaimana menentukan target konsumen bisnis kita?

Selalu mulai bisnis atau membuat produk/ jasa berdasarkan kebutuhan masyarakat yang belum ada sebelumnya. Masyarakat masih terlalu luas untuk menjadi target konsumen. Sehingga perlu di spesifikasikan lagi,

Pilih bersarkan  kategori dasar ini untuk menentukan strategi pemasaran produk selanjutnya:
  1. usia,
  2. gender, dan
  3. status sosial.

Pilih berdasarkan kategori tersebut, setelah mendapat target yang sesuai itu analisa karakteristik yang anda pilih, kebutuhan nya, minatnya dan lain sebagainya. Setelah memiliki semua data itu, baru anda membuat sebuah produk dengan dasar analisa anda tadi.

2. Memahami Pasar atau Area "Bermain" anda


Mengetahui dimana anda seharusnya berada adalah yang cukup krusial untuk diketahui. Anda tidak mungkin menjual perahu di daerah pegunungan, karena akan sia-sia, kalau dari awal anda tidak mengenal pasar untuk produk anda. Selain itu mengenal pasar akan memberikan informasi kualitas dan fungsi produk anda.

Kenapa pasar berhubungan dengan kegunaan produk yang dijual?

Setelah mengenal area bermain bisnis anda, anda akan melihat apa produk anda, adalah produk yang unik atau malah produk yang sudah banyak dijual oleh orang. Setelah mengetahui itu, itu akan menjadi dasar pertimbangan khusus untuk membuat strategi pemasaran produk di pasar yang anda pilih tadi.
Baca Juga: 5+ Ide Memulai Bisnis Online Terbaik dan Terpercaya Tanpa Modal di Tahun 2019 [5 Teratas]
Akan menjadi hal yang mudah untuk memasarkan produk baru jika barang yang anda jual memang unik dan tidak ada yang menjual nya selain anda. Tapi akan menyusahkan jika produk tersebut adalah produk yang sudah banyak dijual oleh orang lain, karena otomatis akan banyak kompetitor yang akan bersaing dengan anda. Dan siapapun yang tidak memiliki strategi pemasaran yang kurang tepat, maka dia akan "gulung tikar" terlebih dahulu.

Lalu bagaimana strategi persaingan usaha untuk produk yang sama dan banyak pesaing atau kompetitor usaha?

Hal yang rasional dilakukan adalah menganalisa kelemahan lawan, buat kelemahan pesaing usaha kalian menjadi kekuatan kalian. Atau istilah mudahnya perbaiki kelemahan produk sehingga anda memiliki pembeda dari yang lain. Dan hal seperti itu juga masuk dalam strategi bisnis dan marketing.

3. Kualitas Produk


Kualitas produk juga menjadi faktor penentu. Strategi pemasaran produk hanya membuat konsumen mencoba untuk pertama kali produk yang anda buat. Tetapi agar konsumen kembali lagi membeli produk anda, maka kualitas produk yang menentukan. Produk berkualitas selalu didasari oleh target konsumen diatas, baik dari segi kebutuhan, keinginan dan karakteristik konsumen anda.
Baca Juga : Usaha Rumahan :Puluhan Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Trend 2019
Produk berkualitas akan membuat seseorang kembali dan kembali lagi untuk membeli apa yang anda jual. Sehingga hal yang penting untuk memperhatikan bahan baku dan proses pembuatan produk dari awal sampai selesai. Jika melakukan hal ini, maka produk anda akan dicintai masyarakat secara luas. Hal yang perlu ditekankan adalah dasari membuat sebuah produk berkualitas dengan kebutuhan target konsumen dan berikan layanan terbaik, maka loyalty/ kesetiaan konsumen akan datang dengan sendirinya.


4. Pilih Kemasan yang Menarik


Setelah mengenal target konsumen, produk dan pasar, maka selanjutnya adalah kemasan. Kemasan yang menarik atau eye catching adalah strategi pemasaran dan perkenalan produk dari dulu. Semakin menarik luarnya (kemasan), semakin tertarik juga orang untuk membeli produk anda.

Kemasan adalah hal yang penting karena dasar sifat manusia yang makhluk visual. Sehingga akan selalu tertarik dengan apa yang diliatnya. Terlebih jika target konsumen kalian adalah wanita remaja, membuat kemasan yang menarik diliat oleh mata adalah hal yang wajib. Selain itu kemasan menjadi bagian dari strategi pemasaran produk, karena produk akan mengenal dan mengingat produk anda melalui kemasan luarnya.

5. Memilih Tempat Pemasaran


Setelah kita memahami hal diatas, tantangan selanjutnya adalah dimana dan kapan waktu yang tepat untuk  memperkenalkan dan memasarkan produk anda. Penentu tempat atau lokasi pemasaran tergantung dari target konsumen. Seperti yang saya bilang tadi anda tidak mungkin menjual perahu ke orang di pegunungan.
Baca Juga: 5 Rencana Terbaik Merencanakan Tabungan atau Investasi Untuk Hari Tua dan Keluarga 2018 (Full Panduan)
Jika target konsumen adalah pegawai kantoran maka waktu yang tepat adalah jam makan siang dan waktu pulang. Tentunya tempatnya di sekitar daerah perkantoran atau tempat makan siang pegawai kantoran. Anda bisa membuat sebuah brosur yang bisa dibagikan, atau jika anda memasarkan produk makanan, anda bisa membuat contoh produk makanan untuk dicoba langsung.

6. Tawaran Promo


Promo adalah hal yang disukai banyak orang, baik itu pria atau wanita. Cara ini menjadi hal yang paling ampuh untuk pemasaran produk baru, karena ini akan membuat konsumen mau mencoba produk anda. Dan mereka kembali jika kualitas nya disukai. Sehingga diibaratkan promo adalah strategi untuk memancing konsumen membeli produk yang belum pernah dibeli sebelumnya.

Banyak sekali contoh promo yang bisa menjadi strategi pemasaran produk, misalnya memberikan diskon khusus pegawai,  bonus dari pembelian barang, undian berhadiah atau promo beli 1 dapat 1. Itu semua adalah pilihan promo usaha atau bisnis, tinggal dicocokkan mana yang paling sesuai dengan konsumen kalian.
Baca Juga : Rencana Pemasaran : 5 Hal Penting Dalam Strategi Pemasaran Produk  + Contoh
Memberikan diskon semacam ini juga tidak boleh asal-asal, harus ada hitungannya sendiri. Tidak mungkin anda memberikan promo tapi malah rugi. Anda harus hitung modal awal dulu jangan ditambahkan keuntungan. Biarkan keuntungan yang seharusnya didapat dibuat diskon untuk promo. Dengan cara ini, kalian akan bisa melakukan promo sebagai strategi pemasaran tanpa rugi.

7. Sistem Affiliasi dengan Pelanggan


Cara promosi produk satu ini sudah dibilang dari jaman dulu kala, tapi masih efektif. Sistemnya anda memberikan bonus kepada pelanggan yang ikut mempromosikan atau menjual produk anda. Strategi seperti ini bisa sangat efektif kalau dilakukan dengan cara yang benar dan dengan penawaran untuk konsumen yang menggiurkan. Cara seperti ini bisa nya dipakai oleh produk kecantikan, dimana pelanggan akan ditawari menjadi reseller agar menjual produk di lingkungannya. Dengan bonus atau kompensasi yang menggiurkan, promosi seperti ini sangat tepat dilakukan.

8. Online MarketPlace dan MedSos


Di era seperti ini marketplace sangat banyak dan banyak konsumen yang sudah mulai membeli barang dari marketplace. Kemudahan dan bisa dilakukan di rumah menjadi daya tarik sendiri. Memasang atau menjual produk di marketplace harus dan wajib menjadi bagian dari strategi pemasaran produk. Karena dengan sekali klik bisa menyebar secara nasional bahkan global.
Baca Juga: Mengenal Investasi Reksadana (Investasi Keuangan) Pilihan Terbaik Sebagai Rencana Hidup Anda
Selain itu, juga bisa memanfaatkan MedSos yang orang Indonesia hampir kebanyakan memiliki nya. Sehingga hal yang tepat untuk melakukan promosi atau menjual barang melalui MedSos ini. Terlebih MedSos ini bisa diakses gratis, jadi tidak ada salahnya dilakukan.

9. Membuat Program Sosial / CSR


Program sosial juga bisa menjadi bagian dari strategi pemasaran, karena anda bisa memperkenalkan produk anda ke banyak orang sekaligus dan pastinya mereka akan menggunakan atau mencoba produk kalian. Selain itu dari program sosial ini, anda bisa memperlihatkan ke publik kalau produk yang anda jual atau bisnis anda ramah atau peduli dengan hal sosial dan ramah lingkungan.
Baca Juga : Usaha Rumahan :Puluhan Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Trend 2019
Strategi pemasaran bisnis seperti ini memanfaatkan sisi psikologis seseorang yang akan beranggapan bahwa keuntungan produk kalian akan digunakan untuk hal yang berguna bagi banyak orang. Sehingga CSR menjadi bagian dari promosi dan sekaligus membangun citra yang bagus di mata masyarakat. Tetapi strategi semacam ini bisa dilakukan kalau bisnis anda sudah stabil atau pemasukan nya sudah lebih dari biaya operasional.

10.  Promosi Tradisional Gratis


Strategi promosi seperti ini dilakukan sebelum ada MedSos atau teknologi penunjang lainnya. Meskipun cara seperti ini masih sangat efektif dilakukan.  Cara promosi tersebut adalah dari "mulut ke mulut", artinya konsumen akan merekomendasikan produk kalian ke calon konsumen lainnya. Cara seperti ini akan lebih dipercaya oleh konsumen, karena dianggap orang yang memberikan rekomendasi tidak akan melebih-lebihkan cerita.
Baca Juga: Usaha Laundry : Strategi Terbaik Memulai Usaha Laundry Kiloan Cepat Untung
Promosi " mulut ke mulut"  ini didapatkan ketika produk kalian memang beanfaat bagi orang lain. Tanpa itu, maka bisa saja orang akan membicarakan produk kalian, tetapi hal yang negatif. Sehingga perhatikan kualitas produk yang anda jual.

Back to Content


Contoh Strategi Pemasaran Produk


Saya akan memberikan contoh strategi pemasaran produk melalui Simulasi yang saya buat. Disini saya seolah sedang menyusun strategi pemasaran produk makanan yang akan saya jual. Berikut simulasi sebagi contoh nya.

MetodePraktek/ Penerapan
Produk Keripik Buah
Ciri khas Mix, 1 bungkus berisi banyak jenis keripik + tingkat pedas
Target Konsumen Anak Muda ( 14 - 30 tahun)
Tempat/ pasar Kantin sekolah/ kampus (menitipkan produk jualan), warung dekat kos-kosan dan Online MarketPlace.
Kompetitor Ditangani dengan ciri khas diatas. Dan beberapa strategi lanjutan.
Kemasan Colorful ( eye catching untuk anak muda)
Lokasi promosi Cafe/ tempat nongkrong
Media Promosi Sosial Media dan Paid Promote Selebgram/ Youtuber (Memperkenalkan produk secara masif)
Strategi Promo 1 Undian 1 Tiket Konser Artis (Dengan syarat membeli 10 bungkus  untuk 1 tiket nomer undian)
Strategi
Promo 2
Menjadi sponsor untuk lomba olahraga di internal sekolah, tidak fresh money, tapi bentuk produk yang dijual. (Sekaligus bisa menjadi media promosi)
Strategi Promo 3 Bagi Hasil dengan salah satu acara, disuruh menjualkan produk kita. Keuntungan yang didapat dari penjualan produk mereka akan dipotong menjadi 2, biaya operasional tetap milik kita)
Evaluasi Setiap bulan selalu ada evaluasi tentang apa yang harus ditingkatkan, diperbaiki atau dihilangkan. Sebagai upaya menentukan langkah selanjutnya.

Itu semua adalah salah satu contoh strategi pemasaran produk dan cara pemasaran yang akan saya gunakan jika ingin memperkenalkan produk saya. Tentunya bisnis adalah hal yang fleksibel, setiap pebisnis memiliki cara tersendiri untuk berkembang. Contoh strategi pemasaran produk diatas hanya sekedar gambaran, anda juga bisa lebih melengkapinya dibanding punya saya dengan analisa SWOT.

Back to Content


Penutup


Setiap cara diatas adalah pilihan terbaik dari strategi pemasaran produk oleh caraable. Berhasil atau tidak nya tergantung dari kalian sendiri, meskipun untuk pebisnis pemula tidak menutup kemungkinan bisa lebih berhasil dibanding yang sudah lama. Hal yang paling penting adalah produk yang berkualitas. Strategi pemasaran hanyalah pelengkap saja, tanpa produk yang berkualitas, strategi produk sebaik apapun juga tidak akan berhasil.

Salam,
Caraable.


Back to Content


Note:
Jika sahabat caraable memiliki pertanyaan seputar strategi pemasaran produk berdarkan simulasi contoh strategi produk  yang saya paparkan diatas, silahkan tinggalkan di laman komentar. Produk baru atau lama bukan menjadi hal yang besar, terpenting produk yang dijual dibutuhkan konsumen.
Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Strategi dan 10 Rahasia Pemasaran Produk / Memulai Bisnis Baru + Contoh Strategi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel