-->

Tes Kepribadian : Kumpulan Tes Kepribadian Diri Online Lengkap + Pembahasan

Macam Tes Kepribadian terlengkap dari tes kepribadian MBTI, online, Gambar, CPNS, Psikologi dan cinta. Dan juga dilengkapi tanda kepribadian ganda.


Caraable.com -- Tes Kepribadian sering sekali diterapkan untuk mengukur potensi diri seseorang. Tes kepribadian biasanya digunakan saat proses rekrutmen kerja, seleksi CPNS, seleksi masuk sekolah favorite, seleksi STAN, DLL. Dalam Tes kepribadian banyak macamnya dari Tes kepribadian MBTI, Tes Karakteristik Pribadi CPNS, Tes kepribadian gambar, bahkan ada Tes kepribadian Cinta. Semua tes tersebut ditujukan untuk mengetahui Tes kepribadian diri dari potensi tersembunyi, sifat dan lainnya.

Sekarang ini Tes kepribadian diri tidak hanya dilaksanakan oleh lembaga atau instansi saat event tertentu. Tapi sekarang banyak orang yang sengaja melakukan Tes kepribadian hanya untuk mengetahui potensi diri mereka sendiri.

Adakah Tes kepribadian yang gratis atau Tes kepribadian online?

Sebenarnya kalau sahabat caraable mau praktis, banyak instansi yang berfokus untuk tes kepribadian dan tinggal daftar. Tentunya akan ada biayanya untuk jasa tes psikotes ini. Tapi di era modern seperti ini, rasanya hampir semuanya ada pilihan alternatif nya, tidak terkecuali tes kepribadian.

Tes kepribadian online adalah alternatif terbaik untuk sahabat yang berada di daerah yang jauh dari instansi penyedia jasa tes. Kebanyakan tes kepribadian online bersifat gratis, sahabat hanya diwajibkan membuat sebuah akun di laman web nya. Tes kepribadian MBTI adalah tes kepribadian online yang cukup terkenal. Tes kepribadian MBTI akan dijelaskan lebih lanjut dibawah (submenu)

Berikut poin penting dalam pembahasan kali ini:


Tes Kepribadian MBTI


Tes kepribadian MBTI adalah salah satu metode tes kepribadian untuk mengukur psikologis seseorang dan cara orang tersebut mengambil segala keputusan dalam hidupnya. MBTI merupakan singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator. Tes kepribadian MBTI di kembangkan oleh Isabel Briggs Myers pada tahun 1940.

Apa saja yang dinilai dari Tes kepribadian MBTI?

Jadi tes ini memang dirancang khusus untuk mengetahui kepribadian diri seseorang, tentunya jawaban yang diberikan harus sebenar-benarnya agar hasil tes MBTI lebih akurat lagi. Tes kepribadian MBTI melihat tingkat kecerdasan, keahlian dan kepribadian atau personality seseorang. Tes MBTI banyak dipakai dalam proses rekrutmen perusahaan untuk mengetahui seberapa cocok antara kepribadian pegawai dengan jenis/ posisi pekerjaan yang akan diberikan.

Untung nya Tes MBTI sudah tersedia online dan berbahasa Indonesia. Tes kepribadian MBTI online bisa menjadi sarana latihan bagi sahabat sebelum benar-benar melakukan tes kepribadian di perusahaan. Tes kepribadian online ini gratis, sahabat hanya tinggal akses laman webnya saja, dan menjawab hampir kurang lebih 60 pertanyaan. Jika sahabat tertarik untuk tes kepribadian MBTI secara gratis, silahkan akses linknya disini:

Tes Kepribadian MBTI Online Gratis  (Click)

Back to Content


Tes Kepribadian Psikologi


Seperti namanya, Tes kepribadian psikologi adalah tes untuk mengukur psikologis dari seseorang, biasanya tes ini menggunakan deretan pertanyaan yang banyak, bisa lebih dari 50 pertanyaan. Tes kepribadian psikologi ini biasanya digunakan untuk memilih jurusan perkuliahan anak, atau sebagai dasar info orang tua dalam memaksimalkan potensi anaknya.

Pendapat caraable, Tes kepribadian psikologi tidak sepenuhnya bisa menjadi acuan satu-satunya dalam mengukur potensi atau sifat seseorang. Karena setiap soal bisa di manipulasi, artinya tidak ada yang menjamin peserta tes kepribadian menjawab sesuai dengan kenyataan yang ada. Misalnya dalam Tes psikologi kepribadian diri rekrutmen perusahaan, tentunya hampir semua peserta akan memilih jawaban yang terlihat baik atau normatif, walau jawaban itu tidak mencerminkan kepribadian sama sekali.

Lalu cara agar hasil relevan seperti apa?

Simpel, sahabat ya harus menjawab dengan kenyataan, meskipun itu sesuatu yang jelek sekalipun. Dengan cara ini, hasil dari Tes kepribadian psikologi bisa sebagai acuan sahabat dalam menentukan sebuah keputusan yang penting.

Tes Kepribadian Psikologi Online (Click)

Back to Content


Tes Kepribadian Gambar


Tes kepribadian gambar adalah salah satu metode tes kepribadian yang unik, tes dengan metode gambar ini tidak menggunakan soal tekstual sama sekali, tapi menggunakan sebuah gambar. Meskipun menggunakan gambar, Tes kepribadian gambar ini tidak kalah akurat dengan Tes kepribadian tekstual pada umumnya. Setiap gambar memiliki arti masing-masing, bahkan jika sahabat gagal memahami gambar juga ada artinya.

Meskipun begitu ada kekurangan nya

Tes kepribadian gambar tidak sering muncul dalam tes kepribadian formal seperti rekrutmen kerja, beasiswa atau yang lainnya. Kebanyakan tes itu masih menggunakan tekstual, seperti tes kepribadian MBTI, CPNS, Psikologi DLL.

Baca juga: Tes Psikotes Analisis Gambar || Penjelasan Materi, Contoh Soal dan Pembahasan

Sebenarnya Tes kepribadian gambar sering kita jumpai, karena sering muncul di sosial media. Biasanya digunakan untuk hiburan semata saja, seperti tantangan kejelian dan kecerdasan setiap orang yang ikut. Tapi kebanyakan gambar yang digunakan tidak dilengkapi hasil evaluasi kepribadian, sehingga hanya sekedar mencari teka-teki di gambar saja. Berikut tes kepribadian dan jawaban yang telah dikumpulkan oleh caraable:

Note:
Untuk menjawab, jangan scroll sampai jawaban / Pembahasan, jawab dulu tes kepribadian gambar, baru setelah dijawab, silahkan liat analisa nya di bagian pembahasannya.


1. Cari kura-kura di antara dedaunan



Pembahasan:
Jika sahabat menemukan objek yang dicari dalam atau kurang dari 10 detik maka sahabat adalah seorang yang introvert. Sedangkan jika lebih dari itu, bahkan sahabat merasa gambar tersebut membosankan, berarti kepribadian sahabat adalah extrovert.


2. Perhatikan gambar dibawah ini dalam sekali lihat



Pembahasan:
- Jika sahabat melihat gambar diatas pertama kali dan fokus ke gambar daunnya, berarti sahabat adalah orang yang ambisius
- Jika pertama kali melihat gambar akar, maka bisa dibilang sahabat adalah orang yang cukup terorganisir dan sedikit pelupa
- Jika pertama kali melihat gambar yang membentuk bibir, berarti sahabat orang yang cukup fokus terhadap sebuah isu. Dan akan selalu mengejar tujuan sampai tercapai.

Tes kepribadian gambar ini sangat cocok untuk anak-anak yang kurang suka dengan soal yang bersifat tekstual. Tentunya sahabat juga harus mencari jawaban atau pembahasan dari setiap gambar tadi. Kalau sekedar menemukan gambarnya, akan hanya seperti teka teki belaka.

Back to Content


Tes Kepribadian Cinta


Tes kepribadian cinta mengukur psikologi kita terhadap masalah percintaan. Tes psikologi cinta jarang ditemui dalam tes formal, bahkan hampir tidak ada. Tes seperti ini hanya digunakan untuk hiburan saja, sama seperti halnya dengan tes psikotes gambar. Metode dalam metode tes kepribadian cinta sebenarnya ada banyak, tapi caraable milih salah satu saja. Berikut link untuk mengaksesnya:

Tes Kepribadian Cinta Online (Click)
Password: Caraable.com

Back to Content


Tes Kepribadian CPNS


Tes kepribadian CPNS ini masuk dalam Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Sebutannya bukan tes kepribadian CPNS, tapi Tes Karakteristik Pribadi CPNS / TKP CPNS. Tes ini memiliki jumlah soal terbanyak dalam SKD CPNS, hampir 40% dari 100% jumlah soal CPNS. Seperti layaknya tes kepribadian, TKP CPNS ditujukan untuk mengukur psikologis seseorang cocok atau tidak dengan posisi yang di lamar.

Sebenarnya caraable sudah pernah membahas Tes Karakteristik Pribadi CPNS, sahabat bisa mengakses nya disini: Belajar Tes Karakteristik Pribadi dengan Contoh Soal + Kunci jawaban

Atau sahabat caraable mau download contoh soal TKP CPNS, silahkan download disini: Download Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi dan Pembahasannya .pdf

Back to Content


Tes Kepribadian Ganda


Tes kepribadian ganda berbeda dengan tes kepribadian lainnya. Jika tes kepribadian yang telah disebutkan diatas lebih mencari potensi seseorang, sedangkan tes kepribadian ganda mengungkapkan seseorang mempunyai 2 kepribadian atau lebih dalam satu tubuh. Tes kepribadian ganda ini tidak bersifat soal tekstual atau gambar, seperti tes kepribadian MBTI dan tes kepribadian gambar, tapi lebih menunjukkan ciri-ciri seseorang memiliki lebih dari 1 kepribadian di satu tubuh.

Baca juga: Download Soal CPNS 2019 - Latihan Soal CPNS dan Pembahasannya PDF

Tentu fenomena ini hal yang aneh tapi memang kenyataannya ada orang berkepribadian ganda seperti ini. Misalnya sahabat mempunyai teman yang kadang bisa sangat baik dan diwaktu lainnya bisa sangat jahat. Intinya orang yang disebut memiliki kepribadian ganda yakni ketika dia mempunyai 2 sifat yang sangat berbeda.

Kepribadian ganda ini termasuk dalam kategori gangguan (bukan hal yang positif). Gangguan ini disebut sebagai gangguan identitas disosiatif, dimana seseorang tidak memiliki kendali dalam menentukan 1 kepribadian saja. Lalu bagaimana dengan ciri-ciri orang yang berkepribadian ganda:

  1. - Memiliki sikap yang berbeda terhadap satu masalah
  2. - Memiliki perubahan keahlian dalam waktu yang terhitung pendek 
  3. - Sering berubah-ubah mood atau suasana hatinya
  4. - Sering lupa dengan identitasnya sendiri
  5. - Sering melupakan benda atau barang miliknya sendiri

Jika sahabat atau teman sahabat memiliki indikasi seperti diatas, pilihan paling bijak adalah pergi ke psikiater. Jika sahabat memiliki kepribadian ganda yang bersifat positif, maka itu bukan menjadi masalah, beda cerita kalau kepribadian lainnya mengarah ke hal yang negatif. Sehingga pilihan paling bijak adalah sesegera mungkin memeriksakan diri. Tes kepribadian ganda ini sebenernya tidak bisa terlihat secara langsung, butuh observasi yang kuat untuk melihat seseorang memiliki kepribadian ganda atau tidak.

Back to Content


Tes Kepribadian Diri


Kebanyakan orang melakukan tes kepribadian diri sebagai dasar mereka menentukan masa depan. Tentu pilihan yang sangat bijak, karena menyesuaikan kemampuan/ potensi dengan keputusan yang diambil. Keputusan ini paling banyak dalam hal menentukan jurusan di SMA dan perkuliahan. Waktu belajar yang tidak sebentar, akan sangat diaayangkan mempelajari hal yang tidak disukai.

Baca juga: Tes Gambar Orang, Rumah, Pohon Psikotes/ House Tree Person Test (HTP)

Tetapi orang tua sekarang sudah befikiran terbuka, mereka melakukan tes kepribadian diri ke anak sedini mungkin agar tahu apa yang harus lebih dimaksimalkan. Tes kepribadian diri yang sesungguhnya memiliki puluhan pertanyaan, setiap pertanyaan berhubungan dan hasilnya akan menjadi tolak ukur potensi seseorang.

Lalu apa bedanya antara tes kepribadian diri dengan yang disebutkan sebelumnya?

Bisa dikatakan tes kepribadian diri dan lainnya sama, sama-sama menggali potensi dan mengukur sifat seseorang. Hal yang membedakannya adalah metode yang dipakai, karena waktu yang terus berkembang, metode tes kepribadian diri juga ikut berkembang. Bahkan jika beberapa tahun yang lalu, tes kepribadian dilakukan secara tertulis (offline), sekarang bisa dilakukan secara online dengan santai-santai dirumah. Berikut caraable berikan tes kepribadian diri online dibawah ini:

Tes Kepribadian Diri Online (Click)

Back to Content


Tes Kepribadian Online


Meskipun caraable sudah mengkategorikan tes kepribadian online di beberapa submenu, kayaknya masih ada yang kurang jika tidak merangkum jadi satu. Tes kepribadian online dipilih karena kemudahannya dan termasuk dalam kategori tes kepribadian online yang gratis. Sehingga tidak salah kalau memang banyak dicari orang, lalu dimana tes kepribadian online yang terbaik. Berikut beberapa rekomendasi dari caraable.

Tes Kepribadian MBTI Online Gratis (Click)
Tes Kepribadian Cinta Online (Click) PW: Caraable.com
Tes Kepribadian Psikologi Online (Click)

Note:
Tes kepribadian online diatas adalah tes tekstual, sedangkan tes kepribadian gambar tidak masuk dalam link tes diatas.

Back to Content


Tes Kepribadian dan Jawaban


Jika sahabat kurang suka dengan tes online, caraable juga akan memberikan ke kalian tes kepribadian dan jawaban dengan format PDF. Jadi bisa dibaca kapanpun dan dimanapun, meskipun tidak ada akses ke internet. Tes kepribadian dan jawaban ini cocok dipelajari jika kalian mau mengikuti Tes CPNS, STAN atau tes psikotes kepribadian rekrutmen perusahaan. Berikut link nya dibawah ini:

Download Contoh Soal Tes Kepribadian 

Itu semua adalah kumpulan tes kepribadian yang telah Caraable kumpulkan, baik dari online atau offline. Dengan beberapa metode yang berbeda-beda pula, ada yang MBTI, gambar, TKP CPNS DLL. Jika sahabat ingin belajar tes psikotes lainnya, silahkan klik: Master Guide Psikotes.


Salam,
Caraable.


Back to Content


Note: 
Jika sahabat memiliki pertanyaan seputar Tes Kepribadian : kumpulan tes kepribadian diri, MBTI, online, CPNS dan lainnya silahkan hubungi kami di kolom komentar. Dan jika ada permasalahan dengan Tes kepribadian online atau link download Tes kepribadian dan jawaban bisa hubungi kami juga lewat kolom komentar, agar diperbaharui link akses nya.
Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tes Kepribadian : Kumpulan Tes Kepribadian Diri Online Lengkap + Pembahasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel