-->

Tes Psikotes Deret Angka dan Huruf dalam Penalaran Numerikal || Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan

Pembahasan dan Contoh Soal Deret Angka dan Huruf, lengkap beserta pembahasan soal, latihan soal, contoh soal, dan penjelasan materi



Caraable.com --Tes Psikotes deret angka dan huruf merupakan soal psikotes yang  sering ada dalam berbagai tes untuk menguji kemampuan dasar atau psikis kita. Tes yang dimaksud, seperti Tes Potensi Dasar (TDP), Tes Potensi Akademik, baik untuk melamar kerja ataupun tes pengajuan beasiswa untuk S1 ataupun S2.

Tes ini masuk dalam bagian Tes Penalaran Numerikal, yang terdapat 2 (dua) bagian, yakni Tes Hitungan Dasar  dan Tes Deret Angka dan Huruf.


 


Dalam pembahasan kali ini, Caraable akan membahas mulai dari penjelasan materi tes Deret Angka, contoh soal berikut pembahasannya, sekaligus akan diberikan latihan soal untuk lebih mengerti bagian tes psikotes ini.


Penjelasan Materi Tes Deret Angka & Huruf


Deret Angka dan Huruf menguji kita untuk menemukan pola atau teka teki urutan, dalam bentuk angka ataupun huruf.

Kita disuruh ngapain sih?

Jadi dalam menjawab soal tes psikotes deret angka  dan huruf ini kita disuruh menebak huruf/angka selanjutnya. Tetapi bukan asal menebak ya teman-teman. Terdapat pola di setiap soal, bisa penjumlahan, pengurangan, pembagian dan berbagai metode hitungan lainnya.

Bahkan juga terdapat soal yang berbentuk pecahan, yang menurut caraable lebih sulit, karena kita harus menemukan penyebut dan pembilangnya sekaligus.

Sabar dulu, sebelum Caraable kasih tau contohnya kayak gimana. Caraable akan menjelaskan materi lebih lanjut dari Deret Angka dan Huruf ini.


Tipe dalam Deret Angka dan Huruf


1. Pola Satu Larik
Bentuk soal  deret ini hanya memiliki 1 pola dasar saja, jadi bisa dikatakan lebih mudah dalam menemukan angka atau huruf selanjutnya.

Contoh:
Larik 1: A1, A2, A3, A4, A5, A6

2. Pola Dua Larik
Bentuk soal Deret yang memiliki 2 pola, sehingga harus menemukan urutan yang pas. Dan menjawab angka/huruf selanjutnya harus menemukan dahulu apakah itu ikut pola satu atau ikut pola dua.

Contoh:
Larik 1: A1, A3, A5
Larik 2: A2, A4, A6

3. Pola Tiga Larik
Deret ini lebih sulit karena memiliki 3 pola dengan masing-masing pola memiliki pola yang berbeda-beda satu sama lain. Seperti halnya pola 2 Larik, untuk menemukan jawaban dari soalnya nya harus menemukan jawabannya ikut pola Larik keberapa.

Contoh:
Larik 1: A1, A4, A7
Larik 2: A2, A5, A8
Larik 2: A3, A6, A9

4. Tipe Deret Bertingkat
Jadi tipe tingkat atau bertingkat ini memiliki pola lebih dari satu. Untuk menentukan pola, harus melihat dari 2 pola, jika diatas hanya perlu melihat atau menemukan 1 pola saja, maka di Deret Bertingkat ini kalian perlu menemukan. 2 pola.

Jadi dalam menemukan jawaban ini kalian harus menemukan pola 1 terlebih dahulu, setelah itu menemukan pola keduanya, ketiganya DST. Sampai menemukan akhir pola.

Memang lebih sulit, tapi tes ini layak dipelajari. Karena menurut pengalaman caraable, tes ini selalu masuk ke Tes Psikotes, baik untuk melamar kerja, melamar beasiswa, dan juga tes CPNS.


Untuk mengetahui lebih lanjut, Caraable kasih contohnya juga.

Contoh Soal Deret Angka + Pembahasan


1. 3, 6, 4, 8, 6, ...

A. 7
B. 8
C. 9
D. 10
E. 12

Pembahasan: Tentukan dahulu polanya lebih dahulu, biar lebih mudah hitung perbedaan Angka disetiap angkanya. Setelah semua dihitung, ditemukan ada pola yang sama. Yaitu: bertambah dan berkurang.

Pembahasan dan Contoh Soal Deret Angka dan Huruf, lengkap beserta pembahasan soal, latihan soal, contoh soal, dan penjelasan materi

Jadi bisa dikatakan ini merupakan 1 Larik dan jawaban yang benar adalah Angka 12.

Jawabannya: E.12


2. 4, 4, 9, 7, 14, 10, .......

A. 13
B. 15
C. 17
D. 19
E. 21

Pembahasan: ketahui pola terlebih dahulu. Diduga soal No.2 lebih dari 1 Larik, yakni ikut 2 Larik. Hal tersebut bisa dilihat dari adanya dua bentuk suku yang sama dua kali berurutan. Coba anda lihat No.1 dan 2, yakni sama-sama bernilai 4. Mari kita pisahkan menjadi 2 deret. Deret 1 kumpulan urutan genap, dan 1 nya Kumpulan urutan ganjil.

Note: Ingat, ganjil genapnya ditentukan dari urutannya bukan nilai angkanya.

Pembahasan dan Contoh Soal Deret Angka dan Huruf, lengkap beserta pembahasan soal, latihan soal, contoh soal, dan penjelasan materi


Bisa diketahui bahwa urutan yang dicari mengikuti pola pertama dan deret pertama, jadi yang didapat 19.

Jawabannya: D.19


Masih Bingung..........?
Mari kita lihat contoh soal melalui latihan soal dibawah ini dan kalian bisa belajar tes psikotes yang lain dibawah.


Latihan Soal Deret Angka dan Huruf

Mari kita tes kemampuan kalian di bagian Deret Angka dan Huruf, lanjut ke Latihan soal. (Click tombol dibawah)



Belajar Semua Penalaran Numerikal


 


Kembali ke Master Guide Psikotes

Belajar tes psikotes lainnya bisa klik Master Guide Psikotes dibawah ini




Salam,
Caraable
Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tes Psikotes Deret Angka dan Huruf dalam Penalaran Numerikal || Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel