-->

Cara Ampuh Mempercepat Indeks Google di Mesin Pencarian Google | Optimasi Indeks Google Search Console

Cara Tercepat membuat Indeks artikel blog di  Mesin Pencarian Google dua kali lipat


Caraable.com -- Proses Indeks Google menjadi hal yang paling penting untuk para blogger, karena dari situlah artikel yang kita buat bisa diakses oleh mesin pencarian Google. Tapi masih ada beberapa blogger yang mengalami kendala dalam memaksimalkan proses Indeks baik di google search console atau memaksimalkan WebMaster Google, Bing atau Yandex. Sehingga Caraable ingin membantu dengan cara membuat postingan berdasarkan pengalaman caraable terkait cara ampuh mempercepat indeks google di mesin pencarian google.

Berdasarkan pengalaman penulis, kendala yang dialami dalam pengindeksan adalah masalah minor sampai masalah dalam skala besar. Di setiap masalah yang timbul, pasti ada solusi untuk menyelesaikannya, termasuk masalah Indeks Google ini.

Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang, bagaimana mengatasi dan mempercepat proses Indeks artikel oleh Google?

Terdapat beberapa solusi atau cara yang akan saya berikan setelah paragraf ini. Tidak hanya itu, saya juga akan sedikit memberikan sedikit tips, supaya website kalian sering dikunjungi oleh mesin perayapan (crawl) Google.




Maksimalkan Fungsi WebMaster Google


Memaksimalkan WebMaster Google adalah hal yang WAJIB dan tidak boleh dilewatkan. Karena melalui fasilitas yang disediakan Google inilah kita bisa memaksimalkan optimasi website kita. Tapi sayangnya masih banyak blogger yang masih bingung dan lupa untuk memaksimalkannya.

Bagaimana kita  memaksimalkan WebMaster Google?


1. Cara Pertama : Manfaat kan Fetch Us Google

Setelah kita membuat sebuah artikel, jangan lupa untu memberitahu mesin pencarian Google bahwa kita memiliki sebuah artikel baru yang perlu diindeks. Cara ini hanya perlu beberapa tahap dalam eksekusinya.

  • Langkah pertama, masuk ke akun WebMaster Google kalian, pilih situs web/blog kalian yang baru saja update artikel. 
  • Langkah kedua, pilih Crawl lalu klik Fetch as Google.
  • Langkah ketiga, masukkan link artikel blog kalian ke kolom yang disediakan. Akan ada 2 pilihan:
    1. Fetch: Pilih saat artikel kalian masih baru 
    2. Fetch & Render: Pilih saat artikel kalian merupakan artikel lam dan baru di update isi konten nya.
  • Langkah Keempat,  setelah memilih tipe Fetch, akan muncul list baru dibagian teratas, pilih Submit to Index. Pilihan ini memiliki 2 option lagi.
    1. Crawl only  this URL:  Perayapan yang ditunjukkan hanya satu link artikel yang kalian submit tadi.
    2. Crawl this URL and its direct links: Perayapan link yang kalian submit, sekaligus link aktif yang berada di dalam artikel.


Cara ini wajib dilakukan setiap kalian selesai mempublish sebuah artikel, atau mengupdate isi artikel lama. Hal ini juga berlaku untuk mesin pencarian yang lain, seperti Bing atau Yandex. Semakin sering  kalian melakukan Fetch As, maka semakin sering perayapan  oleh mesin pencarian Google.



2. Cara Kedua : WebMaster Google Baru

Cara ini lebih mudah dibanding yang diatas, anda hanya perlu membuka WebMaster Google Baru lalu pilih tombol kaca pembesar dibagian atas, masukkan link artikel kalian, lalu request index.

Gunakan kedua cara ini agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, atau pilih salah satu, tergantung kebutuhan, yang terpentinga jangan terlalu banyak dalam satu hari, nanti blog sahabat caraable dianggap spam oleh Google

Note:
Jika kalian sudah melakukan cara diatas, tapi dalam 1x24 jam artikel anda masih belum terindeks oleh Google, maka ada yang salah dengan blog yang anda buat.

Kalian bisa melihat disini membangun dan mengoptimasi blog kalian semaksimal mungkin. Terdapat 4 BAB dan masih terus di update ke BAB selanjutnya. Kalian bisa mulai mempelajari nya disini:

  1. BAB 1: Merencanakan Pondasi Blog Pencari Dollar
  2. BAB 2: Membangun Optimasi Blog Pencari Dollar
  3. BAB 3: Optimasi Pendukung Blog Penghasil Dollar
  4. BAB 4: Optimasi Lanjutan Tingkatan Advance
  5. BAB 5: Coming Soon

Tips Blog Sering Dikunjungi dan Diarayapi Oleh Mesin Pencarian Google


Supaya Google sering mengunjungi situs kalian, anda hanya perlu melakukan penjadwlan postingan yang tetap. Maksud saya disini adalah, kalian harus membuat jadwal waktu yang sama setiap update sebuah artikel.

Cara diatas membuat mesin pencarian Google akan terbiasa kapan waktu yang tepat dan terbaik untuk melakukan  perayapan ke situs blog kalian. Jika anda rajin melakukan Fetch As Google dan memiliki jadwal pasti update artikel, maka artikel anda akan cepat terindeks oleh mesin pencarian Google.

Salam,
Caraable.

Note: 
Jika sahabat caraable memiliki pertanyaan seputar cara ampuh mempercepat indeks ini atau seputar tips optimasi indeks google di search console, silahkan tinggalkan di komentar ya.

Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Ampuh Mempercepat Indeks Google di Mesin Pencarian Google | Optimasi Indeks Google Search Console"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel