-->

Tes Psikotes Penalaran Verbal Bagian Sinonim | Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan

Belajar Semua bagian Psikotes dengan Soal dan Pembahasan Soal Lengkap


Caraable.com -- Sinonim merupakan salah satu bagian dari soal Psikotes, Tes Potensi Dasar (TDP), Tes Potensi Akademik, baik untuk melamar kerja ataupun pengajuan beasiswa.

Disini caraable akan menjelaskan terkait materi Sinonim, yang merupakan bagian dari Tes Psikotes Penalaran Verbal. Penalaran Verbal sendiri ada 5 bagian, yakni : Sinonim, Antonim, Analogi, Acak Kata dan Idiom.




Penjelasan Materi Sinonim

Sinonim merupakan bagian Tes Psikotes Penalaran Verbal. Definisi nya sendiri, sinonim adalah hubungan dua kata atau lebih dari itu, dimana hubungan setiap kata itu ditandai dengan memiliki makna yang sama satu sama lain.

Makna yang sama disini diartikan kalau kata-kata yang memiliki hubungan makna, jika diterapkan dalam satu kalimat bisa menggantikan satu sama lain, dan tidak merubah makna kalimat tentunya. Sinonim pun memiliki beberapa jenis atau kategorinya: Sinonim Mutlak, Sinonim Semirip Dan yang terakhir Sinonim Selingkung.

Jenis Sinonim


Sinonim Mutlak adalah jenis kata yang berhubungan dan dapat di bolak balik / ditukar tempatnya tanpa merubah konteks apapun dari kalimat itu sendiri, baik itu makna structural atapun leksikal dalam sebuah kalimat atau kombinasi kata.

Contoh: Kosmetik = Alat Kecantikan / Laris=Laku

Sinonim Semirip adalah jenis kata yang berhubungan dan dapat bertukar tanpa merubah makna atau konteks kalimat tertentu, baik struktural ataupun laksial. Yang membedakan dengan sinonim Mutlak, yakni jika mutlak dapat merubah bahasa dalam konteks apapun, sedangkan Semirip dalam konteks tertentu saja.

Contoh: Lahiriah=Jasmaniah

Sinonim Selingkung adalah jenis kata yang berhubungan tapi perubahan atau penggantian hanya dalam satu konteks bahasa saja.

Contoh: Lemah=Lemas

Itu adalah 3 jenis sinonim dari caraable, kesimpulan nya disini adalah soal sinonim ini bisa dilihat jika kata dengan kata lainnya bisa menggantikan posisi dalam tatanan kalimat, tanpa mengubah makna atau konteks dalam kalimat itu sendiri.

Untuk lebih jelasnya, Mari kita lihat contoh soal Psikotes bagian Sinonim berikut beserta pembahasannya.

Contoh Soal + Pembahasan:


1. Jenggala =.......

A. Bukit
B. Hutan
C. Rimba
D. Padang Rumput

Pembahasan:
Sinonim adalah jenis soal yang tidak dapat dianalisa (kecuali kata serapan Bahasa inggris), karena itu kalian harus memperbanyak pembendaharaan atau mengingat berbagai kata di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Dan juga banyak latihan soal.

Jawabannya: B. Hutan

2.  Intrakulikuler =......

A. Kegiatan belajar
B. Kegiatan lapangan
C. Kegiatan di Sekolah
D. Lapangan

Pembahasan:
Jika kata merupakan serapan dari bahasa inggris dan mempunyai imbuhan dari Bahasa Inggris, seperti Intra, Ekstra ataupun Pasca maka bisa dianalisa,. Mari kita coba, Intra merupakan kegiatan  yang terjadi masih di lingkup area, jadi jawaban yang paling tepat adalah kegiatan di sekolah.

Jawabannya: C. Kegiatan di Sekolah

Tips dan Trik: 

1. Perbanyak kosa kata bahasa melalui KBBI
2. Ketahui kata serapan
3. Jangan pilih jawaban yang bunyinya mirip dengan kata soal, karean kemungkinan besar salah.

Latihan Soal Sinonim

Mari kita tes kemampuan kalian di bagian Sinonim, lanjut ke Latihan soal. (Click tombol dibawah)



Belajar Semua Penalaran Verbal 





Kembali ke Master Guide Psikotes





Salam
Caraable

Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tes Psikotes Penalaran Verbal Bagian Sinonim | Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel