-->

Tes Psikotes Penalaran Verbal Bagian Idiom | Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan

Belajar Semua bagian Psikotes dengan Soal dan Pembahasan Soal Lengkap



Caraable.com --Idiom merupakan salah satu bagian dari soal Psikotes, Tes Potensi Dasar (TDP), Tes Potensi Akademik, baik untuk melamar kerja ataupun pengajuan beasiswa.

Disini caraable akan menjelaskan terkait materi Idiom, yang merupakan bagian dari Tes Psikotes Penalaran Verbal. Penalaran Verbal sendiri ada 5 bagian, yakni : SinonimAntonimAnalogiAcak Kata dan Idiom.





Penjelasan Materi Idiom

Idiom adalah tes kemampuan verbal untuk melihat kemampuan peserta dalam memahami sebuah Bahasa dengan tepat berdasarkan penggunaan maknanya di setiap katanya. Satu kata yang dipilih harus dapat melengkapi kata tetap Dan harus memberikan makna yang tepat.

Makna yang tepat disini pun bukan berarti semua rangkaian dari 2 kata bisa digunakan, hanya rangkaian yang memiliki idiom. Meskipun ada maknanya tapi tidak ada idiomnya, maka jawabannya salah.

Apasih Idiom itu?

Idiom itu adalah rangkaian kata yang berasal dari 2 kata atau lebih yang membentuk sebuah satu kiasan utuh. Idiom pun terbagi menjadi dua klasifikasi, Idiom Penuh dan Idiom Sebagian.

Idiom Penuh adalah Rangkaian kata yang telah kehilangan makna laksialnya. Gtw makna laksial itu apa? Laksial itu arti atau makna yang telah ditetapkan dalam kamus.

Contoh: Darah Biru,
Jika makna laksial nya adalah darah dan  biru, tetapi jika di gabungkan dalam rangkaian kata, maka arti nya akan berubah dan membentuk makna baru. Darah biru artinya keturunan ningrat, bukan darah yang berwarna biru.

Idiom sebagian adalah kembalikan dari Idiom penuh, jika Idiom penuh tidak memiliki makna laksial, maka di Idiom sebagian masih memiliki makna laksial dalam artinya itu sendiri. Sehingga tidak hilang sepenuhnya.

Contoh: Anak angkat,
Anak angkat memiliki arti anak orang lain yang diakui sebagai anak sendiri. Disini anak angkat masih memiliki arti laksialnya, definisi anak dalam rangkaian ini masih sama sebelum digabungkan.

Untuk lebih memahami nya, mati kita lihat contoh soal dan pembahasan nya.

Contoh Soal + Pembahasan


1. Bermuka (......) Hati

A. Mesum
B. Marah
C. Lesu
D. Dua

Pembahasan: lihat kemungkinan disetiap kata dengan menggabungkan setiap katanya dan lihat mana yang paling memiliki kemungkinan paling tinggi membentuk sebuah makna + idiomnya. Jadi dalam hal ini kita lihat jawaban "D", Mari kita analisa: Bermuka Dua= tidak berpendirian, Dua Hati= Bimbang.
Dua-duanya memiliki arti kiasan, sehingga pilihan "Dua" adalah yang paling memungkinkan disini.

Jawabannya: D. Dua

2. Kuli (.....) Hitam

A. Basah
B. Gedung
C. Tinta
D. Anak

Pembahasan: Seperti yang tadi coba satu-satu dan cocokkan dengan kata petunjuknya, setelah itu baru tau kemungkinan yang pling sesuai untuk digabungkan dengan kata-kata petunjuk. Mari kita coba kata "Tinta", Kuli Tinta = Wartawan/ petugas pers, Tinta Hitam= Tinta yang berwarna hitam.

Jawabannya: C. Tinta

Mungkin susah tapi anda bisa membiasakan diri dengan latihan Soal. Berikut latihan Soal yang caraable siapkan.


Latihan Soal Idiom

Mari kita tes kemampuan kalian di bagian Idiom, lanjut ke Latihan soal. (Click tombol dibawah)



Belajar Semua Penalaran Verbal 





Kembali ke Master Guide Psikotes





Salam,
Caraable
Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tes Psikotes Penalaran Verbal Bagian Idiom | Penjelasan Materi, Contoh Soal, Latihan Soal dan Pembahasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel